Usability Testing pada Simulator Media Pembelajaran Lalu Lintas Berbasis Android
DOI:
https://doi.org/10.25126/jtiik.2021824271Abstrak
Kurangnya kesadaran masyarakat terhadap aturan lalu lintas merupakan penyebab sering terjadinya kecelakaan di Indonesia. Masyarakat kesulitan untuk mempelajari aturan lalu lintas pada dunia nyata secara langsung karena resiko kecelakaan. Masyarakat Indonesia perlu mendapat edukasi lebih terhadap aturan lalu lintas yang ada. Simulator lalu lintas merupakan media pembelajaran yang ditunjukan kepada masyarakat agar masyarakat dapat mempelajari aturan lalu lintas secara virtual. Simulator lalu lintas dapat digunakan oleh masyarakat untuk melakukan eksplorasi tentang fungsi rambu lalu lintas dan marka jalan yang ada pada dunia nyata tanpa adanya risiko. Simulator lalu lintas menggunakan metode usability testing untuk mengukur dampak penggunaan simulator lalu lintas terhadap pengetahuan user. Metodologi penelitian simulator lalu lintas menggunakan metode waterfall. Pengujian usability testing pada simulator lalu lintas menunjukan hasil yang baik. Simulator edukasi lalu lintas dapat meningkatkan pengetahuan user tentang rambu lalu lintas dan marka jalan. Simulator lalu lintas dapat memberikan gambaran tentang aturan lalu lintas kepada masyarakat yang akan mengikuti ujian SIM (Surat Ijin Mengemudi).
Abstract
The lack of public awareness about traffic regulation is a cause of frequent traffic accidents in Indonesia. People find it difficult to learn traffic rules in the real world directly because of the risk of accidents. Indonesian people need to get more education about the existing traffic rules. The traffic simulator is a learning media that is shown to the public so that people can learn about traffic rules virtually. Furthermore, the traffic simulators can be used by the people to explore the functions of traffic signs and road markings in the real world without any risk. The traffic simulator uses the usability testing method to measure the impact of using the traffic simulator on user knowledge. The research method of traffic simulator is waterfall method. Usability testing on the traffic simulator shows good results. Traffic education simulators can increase user knowledge about traffic signs and road marking. Traffic simulators can provide an overview of traffic rules to people who will take the SIM (Driving License) exam.
Unduhan
Referensi
FASHA, FAUZIAH, & GUFRONI. (2018). Implementasi Algoritma Collision Detection pada Game Simulator Driving Car. Jurnal String, 58-65.
JAYA, BUANA, & WIRANATHA. (2015). Game Edukasi Rambu Lalu Lintas Berbasi Android. Merpati, 190-201.
KARIM. (2017). Perubahan perilaku Non-Player Character (NPC) pada Game Arabic Hunter menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan Perceptron. Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi, 34-41.
KUSNIYATI, & SITANGGAN. (2016). Aplikasi Edukasi Budaya Toba Samosir Berbasis Android. JURNAL TEKNIK INFORMATIKA, 9-18.
POOLA, I. (2017). How Artificial Intelligence in Impacting Real Life Every day. International Journal of Advance Research and Development, 2(10), 96-100.
PRAYOGA, BUANA, & WIRANATHA. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Permodelan Sambungan Kayu (Wood Joint) dengan Objek 3D Berbasis Android. Merpati, 5, 162-172.
PRAYUDA, BAYUPATI, & WIRANATHA. (2016). Rancang Bangun Game The Adventure of Timun Emas Berbasis Android. Merpati, 4, 214-224.
PUTRA, & ANDRIANI. (2019). Unified Modelling Language (UML) dalam Perancangan Sistem Informasi Permohonan Pembayaran Restitusi SPPD. Jurnal TEKNOIF, 32-39.
PUWAKPITIYAGE, RAO, AZIZI, TEE, & MURUGESAN. (2019). A Proposed Web Based Real Time Brain Computer Interface (BCI) System for Usability Testing. International Journal of Online and Biomedical Engineering, 15, 111-123.
RAJAGUKGUK, & PURBA. (2018). Game Edukasi Rambu Lalu Lintas Berbasis Android dengan Metode Fisher-Yates. Jurnal Teknik Informatika Unika St. Thomas (JTIUST), 3, 133-143.
SUENDRI. (2018). Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Remunerasi Dosen Dengan Database Oracle (Studi Kasus: UIN Sumatera Utara Medan). Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, 1-9.
SYUKWANSYAH. (2016). Pengembangan Bisnis Joeragan dengan Menggunakan Pendekatan Prinsip Efektual. PERFORMA : Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 152-161.
TRISTIANTO. (2018). Penggunaan Metode Waterfall untuk Pengembangan Sistem Monitoring dan Evaluasi Pembangunan Pedesaan. ESIT : Jurnal Teknologi Informasi, 8-22.
UTAMA, & MARIADI. (2019). Penerapan Hukum Terhadap Pelanggar Rambu-Rambu Lalu Lintas Yang Di Buat Oleh Dinas Perhubungan (Studi Di Polres Buleleng). Kertha Widya Jurnal Hukum, 7, 71-89.
VLACHOPOULOS, & MAKRI. (2017). The Effect of Games and Simulations on Higher Education: A Systematic Literature Review. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 1-33.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensi Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)
Penulis yang menerbitkan di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).