Knowledge Sharing antara Tenaga Pendidik Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI)
DOI:
https://doi.org/10.25126/jtiik.2022944111Abstrak
Proses pengintegrasian keilmuan di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) sejauh ini baru mencoba memperluas kajian ilmu-ilmu keislaman dengan mencoba mengaitkannya dengan ilmu-ilmu sains, dengan harapan dapat menghilangkan batasan antar ilmu keislaman dan sains. Akan tetapi, proses pengintegrasian memiliki banyak dimensi untuk dikaji, terutama yang berkaitan dengan faktor kesiapan sumber daya manusia di Perguruan Tinggi yang memiliki pengetahuan dan bersedia membagikan pengetahuannya tersebut, guna mendukung ketercapaian proses pengintegrasian keilmuan di PTKI. Salah satu cara terpenting yang bisa dilakukan untuk mengatasi persoalan tersebut adalah dengan menerapkan metode knowledge sharing. Penelitian ini bertujuan menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi keinginan berbagi pengetahuan antar Dosen PTKI, dengan sampel penelitian adalah UIN Ar-Raniry dan STAIN Tengku Dirundeng. Penelitian ini menggunakan pendekatan PLS-SEM dengan tipikal penelitian comfirmatory. Sementara itu, pengujian terdiri atas empat jenis, yakni: evaluasi outer model (model pengukuran), evaluasi inner model (model struktural), evaluasi quality indexes, dan pengujian hipotesis. Untuk pengujian hipotesis, digunakan uji T-Statistic dengan nilai T-Value sebesar 1,96 dan alpha 5% (0,05). Setelah dilakukan pengujian, ditemukan bahwa, dari enam konstruk laten tersebut, hanya konstruk laten Motivasi (MT) yang berpengaruh positif terhadap keinginan berbagi pengetahuan di kalangan Tenaga Pendidik UIN Ar-Raniry dan STAIN Tengku Dirundeng, dengan nilai 5,135. Sementara itu, besaran pengaruh konstruk laten knowledge sharing (KS) terhadap empat konstruk laten baru yakni: Sinergisitas (SI), komunikasi (KM), Inovasi (IN), dan Efektivitas (EF) memiliki pengaruh positif, dengan rincian nilai: KS terhadap SI 10,566, KS terhadap KM 11,333, KS terhadap IN 14,274, dan KS terhadap EF 7,338.
Abstract
The process of integrating science within the Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) has only tried to expand the study of Islamic science by trying to relate it to the sciences, with the hope of removing the boundaries between Islamic and scientific sciences. However, integration has many dimensions to study, especially those related to the readiness of human resources in tertiary institutions that have a process and are willing to share their knowledge, to support the achievement of the scientific integration process at PTKI. One of the most important ways that can be done to overcome this problem is by applying knowledge-sharing methods. This study aims to find the factors that influence the desire to share knowledge among PTKI lecturers, with the research samples being UIN Ar-Raniry and STAIN Tengku Dirundeng. This study used a PLS-SEM approach with a typical confirmatory study. Meanwhile, there are four types of evaluation testing, namely external model evaluation, evaluation model evaluation, quality index evaluation, and hypothesis testing. To test the hypothesis, the T-Statistic test was used with a T-value of 1.96 and an alpha of 5% (0.05). After testing, it was found that, of the six latent constructs, only the latent Motivation (MT) construct had a positive effect on the desire to share knowledge among the Educators of UIN Ar-Raniry and STAIN Tengku Dirundeng, with a value of 5.135. Meanwhile, the magnitude of the influence of the latent knowledge sharing (KS) construct on the four new variables, namely: Synergy (SI), communication (KM), Innovation (IN), and Effectiveness (EF) has a positive effect, with the breakdown of the value: KS to SI 10,566. KS against KM 11.333, KS against IN 14.274, and KS against EF 7.338.
Downloads
Referensi
ADJAM, F.A., TENTAMA, F. DAN YULIASESTI, E., 2019. Pengujian validitas dan reliabilitas pada konstruk komitmen organisasi. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, pp.127–134.
AL-KURDI, O., EL-HADDADEH, R. DAN ELDABI, T., 2018. Knowledge sharing in higher education institutions: a systematic review. Journal of Enterprise Information Management, 31(2), pp.226–246.
ANURAGA, G., SULISTIYAWAN, E. DAN MUNADHIROH, S., 2017. Structural Equation Modeling – Partial Least Square Untuk Pemodelan Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat (Ipkm) Di Jawa Timur. Seminar Nasional MAtematika dan Aplikasi Universitas Airlangga.
BECERRA-FERNANDEZ, I. DAN SABHERWAL, R., 2010. Knowledge Management Systems And Processes.
CHENG, M.-Y., HO, J. DAN LAU, P., 2009. Knowledge sharing in academic institutions: a study of Multimedia University Malaysia. Electronic Journal of Knowledge Management, 7(3), pp.313–324
FULLWOOD, R., ROWLEY, J. DAN DELBRIDGE, R., 2013. Knowledge sharing amongst academics in UK universities. Journal of Knowledge Management, 17(1), pp.123–136.
GEFEN, D., STRAUB, D. DAN BOUDREAU, M.-C., 2000. Structural Equation Modeling and Regression: Guidelines for Research Practice. Communications of the Association for Information Systems, 4(August).
GHOZALI, I. DAN LATAN, H., 2015. Partial Least Square, Konsep Teknik, dan Aplikasi menggunakan program SmartPLS 3.0 untuk Penelitian Empiris.
GHULAMI, H.R., HAMID, M.R.A. DAN ZAKARIA, R., 2014. Partial Least Squares Modelling of Attitudes. Journal of Quality Measurement and Analysis, 10(1), pp.1–16.
HAIR, J.F., RINGLE, C.M. DAN SARSTEDT, M., 2013. Partial Least Squares Structural Equation Modeling: Rigorous Applications, Better Results and Higher Acceptance. Long Range Planning, 46(1–2), pp.1–12.
HAIR, J.F., SARSTEDT, M., HOPKINS, L. DAN KUPPELWIESER, V.G., 2014. Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM): An emerging tool in business research. European Business Review, 26(2), pp.106–121.
HUSSAIN, S., FANGWEI, Z., SIDDIQI, A.F., ALI, Z. DAN SHABBIR, M.S., 2018. Structural Equation Model for evaluating factors affecting quality of social infrastructure projects. Sustainability (Switzerland), 10(5), pp.1–25.
JANADARI, M.P.N., SUBRAMANIAM, RAMALU, S., WEI, C.C. DAN ABDULLAH, O.Y., 2018. Evaluation of Measurment and Structural Model of the Reflective Model Constructs in PLS-SEM. The Sixth (6th) International Symposium of South Eastern University of Sri Lanka, [online] (September), pp.187–194. Available at: <http://www.seu.ac.lk/researchandpublications/symposium/6th/IntSym 2016 proceeding final 2 (1) - Page 187-194.pdf>.
MOHAMAD, M.M., SULAIMAN, N.L., SERN, L.C. DAN SALLEH, K.M., 2015. Measuring the Validity and Reliability of Research Instruments. Procedia - Social and Behavioral Sciences, [online] 204(November 2014), pp.164–171. Available at: <http://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.08.129>.
RAHMAN, M.S. DAN HUSSAIN, B., 2014. The Impact Of Trust, Motivation And Rewards On Knowledge Sharing Attitudes Among Secondary And Higher Secondary Level Students: Evidence From Bangladesh. Emerald Insight, 63(8/9).
SARSTEDT, M., RINGLE, C.M. DAN HAIR, J.F., 2020. Handbook of Market Research. Handbook of Market Research, .
SOHAIL, M.S. DAN DAUD, S., 2009. Knowledge sharing in higher education institutions: Perspectives from Malaysia. Vine: The Journal of information and knowledge ManagementSystem, 39(2), pp.125–142.
__________________________________________________________________
ANGGIA, P., 2013. Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Knowledge Sharing Terhadap Inovasi, Kepuasan Kerja, Serta Efektivitas Kerja Para Dokter. Studi Kasus: Rumah Sakit Pendidikan Dr. Cipto Mangunkunsumo Jakarta.
CHIN, W.W., 1998. The partial least squares approach for structural equation modeling. Modern methods for business research, (January 1998), pp.295–336.
DJOYOHADIKUSUMO, S., 2017. Pengaruh Customer Satisfaction Terhadap Customer Loyalty Pada Pembelian Tiket Online Pesawat Di Surabaya. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 6(2), pp.587–602.
PENDIS, D., 2019. Pedoman Implementasi Integrasi Ilmu Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI).
PERMANA, R., 2019. Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Kinerja Penyuluh Dalam Memberdayakan Petani Ternak Kambing Peranakan Etawa. 16(30), pp.7–16.
WONG, K.K.K.-K., 2013. 28/05 - Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Techniques Using SmartPLS. Marketing Bulletin, [online] 24(1), pp.1–32. Available at: <http://marketing-bulletin.massey.ac.nz/v24/mb_v24_t1_wong.pdf%5Cnhttp://www.researchgate.net/profile/Ken_Wong10/publication/268449353_Partial_Least_Squares_Structural_Equation_Modeling_(PLS-SEM)_Techniques_Using_SmartPLS/links/54773b1b0cf293e2da25e3f3.pdf>
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensi Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)
Penulis yang menerbitkan di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).