Pengembangan Business Intelligence Dashboard untuk Monitoring Aktivitas Pariwisata (Studi Kasus: Dinas Pariwisata Provinsi Bali)

Penulis

Evan Himawan Saragih, I Putu Agung Bayupati, Gusti Agung Ayu Putri

Abstrak

Bali merupakan satu dari beberapa destinasi wisata yang mendatangkan wisatawan nusantara dan mancanegara di Indonesia. Pada tahun 2017, wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Bali adalah sebesar 5,6 juta orang dan didominasi oleh wisatawan dari negara Cina. Jumlah kunjungan pada seluruh objek wisata yang ada di Bali tahun 2017 mencapai 17,8 juta kunjungan. Berdasarkan hal tersebut, pemerintah daerah membutuhkan strategi dan keputusan dalam pembangunan sarana dan prasarana yang dapat mendukung pengembangan dan kemajuan pariwisata di Bali. Pemanfaatan teknologi business intelligence dalam menganalisa data dalam jumlah yang besar akan membantu. Penelitian ini mengembangkan sistem informasi memakai pendekatan BI dalam menganalisis data pariwisata Bali dan manajemen data dengan menggantikan pemakaian kertas menjadi media komputer sehingga data tidak hilang begitu saja, namun digunakan sebagai acuan saat menentukan keputusan. Dalam pengembangan sistem digunakan beberapa metode diantaranya framework Codeigniter dengan arsitektur web MVC (Model, View, Controller), OLAP (On-line Analytical Processing) untuk menampilkan visualisasi data, dan double exponential smoothing menampilkan hasil peramalan data pada periode berikutnya. Nilai error dari metode peramalan tersebut dapat dihitung menggunakan algoritma Mean Absolute Percentage Error. Agar dapat mengetahui tingkat pemanfaatan terhadap pengembangan sistem ini, maka digunakan metode black box testing, usability testing, dan user acceptance test untuk mengetahui kualitas dan fungsionalitas sistem dari segi input, output, dan penilaian oleh pengguna sistem. Penelitian ini memperlihatkan bahwa pemakaian teknologi BI tidak hanya mendukung pada perusahaan namun juga mendukung pada bidang pariwisata, pemerintahan dan layanan. Sistem yang dikembangkan dapat membantu proses pemantauan pariwisata dan pendukung dalam pengambilan keputusan.

 

Abstract

Bali is one of several tourist destinations that bring domestic and foreign tourists to Indonesia. In 2017, there were 5.6 million foreign tourists visiting Bali and dominated by tourists from China. The number of visits to all tourist objects in Bali in 2017 reached 17.8 million visits. Based on this, local governments need strategies and decisions in the development of facilities and infrastructure that can support the development and progress of tourism in Bali. The use of business intelligence technology in analyzing large amounts of data will help. This study develops an information system using the BI approach in analyzing Bali tourism data and data management by replacing paper use as computer media so that data does not just disappear, but is used as a reference when making decisions. In system development, several methods are used including the Codeigniter framework with the MVC web architecture (Model, View, Controller), OLAP (On-line Analytical Processing) to display data visualization, and double exponential smoothing to display the results of forecasting data in the next period. The error value of this forecasting method can be calculated using the Mean Absolute Percentage Error algorithm. In order to determine the level of utilization of this system development, black box testing, usability testing and user acceptance tests are used to determine the quality and functionality of the system in terms of input, output, and assessment by system users. This study shows that the use of BI technology is not only supportive of companies but also supports tourism, government and services. The system developed can assist the tourism monitoring process and support decision making.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


ARIFIN, M., 2014. Business Intelligence Untuk Customer Churn Telekomunikasi. Prosiding SNATIF, 1, pp.279-286.

AZU, H. G. M., 2014. New Approach for Determining the Smoothing Constant of a Single Exponential Smoothing Method. International Journal of Science and Technology, 3(11), pp.717–727.

BRANNON, N,. 2010. Business Intelligence and E-Discovery. Intellectual Property & Technology Law Journal, 22(7), pp.1-5.

CIMPERMAN, R., 2006. Uat Defined: A Guide to Practical User Acceptance Testing. Addison-Wesley Professional.

CONNOLLY, T., & Begg, C., 2015. Database Systems: A Practical Approach to Design, Implementation, and Management: Global Edition. In Science.

KAO, H. Y., YU, M. C., MASUD, M., WU, W. H., CHEN, L. J., & WU, Y. C. J., 2016. Design and evaluation of hospital-based business intelligence system (HBIS): A foundation for design science research methodology. Computers in Human Behavior.

MAHBUB, N., PAUL, S. K., & AZEEM, A., 2013. A neural approach to product demand forecasting. International Journal of Industrial and Systems Engineering, 15(1), pp.1–18.

MAKRIDAKIS, S., WHEELWRIGHT C, S., & MCGEE, V. E., 1999. Metode dan Aplikasi Peramalan. In Binarupa Aksara.

MARTIADI, R. H., PUDJIANTORO, T. H., & RENALDI, F., 2017. Pembangunan Perangkat Lunak Business Intelligence di Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung Barat. Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 8(2), pp.433-440.

MUSTAQBAL, M. S., FIRDAUS, R. F., & RAHMADI, H., 2015. Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus : Aplikasi Prediksi Kelulusan SNMPTN). Jurnal Ilmiah Teknologi Terapan (JITTER), 1(3), pp.31–36.

OLSZAK, C. M., & ZIEMBA, E., 2007. Approach to building and implementing Business Intelligence systems. Interdisciplinary Journal of Information, Knowledge, and Management., 2, pp.135-148.

PRAYITNO, D., 2018. Application of Business Intelligence for Banking Performance Based on Products Analysis. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT), 6(2), pp.554-569

RAFTERY, A. E., 1985. Time series analysis. In European Journal of Operational Research 20(2), pp.127-137

SETIAWAN, D. Y., HENDRAWAN, R. A., & TYASNURITA, R., 2013. Perancangan Business Intelligence Dashboard Berbasis Web Untuk Pemantauan Tingkat Keberhasilan Pambangunan Ketenagakerjaan (Studi Kasus : Provinsi Jawa Timur). Teknik Pomits, 2(1), pp.1–6.

YOETI, O. A., 1990. Pemasaran Pariwisata. Bandung:Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.25126/jtiik.2021863755