Evaluasi Portal Berita Online pada Aspek Usability Menggunakan Heurtistic Evaluation dan Think Aloud

Penulis

  • Putu Tantri Fajarini Universitas Udayana
  • Ni Kadek Ayu Wirdiani Universitas Udayana
  • I Putu Arya Dharmaadi Universitas Udayana

DOI:

https://doi.org/10.25126/jtiik.2020753587

Abstrak

Portal berita online harus memenuhi beberapa aspek untuk bisa menjaga kualitas penggunaan dan informasi yang disediakan, salah satunya aspek usability. Aspek usability menentukan tingkat kebermanfaatan portal berita yang dinilai dari tingkat efektivitas, efisiensi, serta kepuasan dengan melakukan evaluasi usability. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi usability pada beberapa portal berita online di Indonesia untuk mendapatkan tingkat usability dari portal berita dan rekomendasi perbaikannya. Penelitian ini menggunakan 3 portal berita yang menyediakan berbagai macam berita yang terjadi baik itu berita lokal, nasional, hingga internasional secara aktual dan cepat. Evaluasi usability pada penelitian ini menggunakan 20 responden penelitian yang dipilih menggunakan simple random sampling dari pembaca dan staf portal berita yang dievaluasi.Pada penelitian ini, akan dilakukan evaluasi dengan mengkombinasikan teknik Heuristic Evaluation dan Think Aloud. Teknik Heuristic Evaluation digunakan untuk mengevaluasi antarmuka dengan menggunakan kuesioner heuristik dan Think Aloud digunakan untuk mengevaluasi penggunaan portal berdasarkan hasil verbalisasi masukan dari pengguna.Pada tahap pengumpulan data, setiap responden akan mengerjakan skenario tugas dengan memberikan masukan perbaikan atau kesulitan yang dirasakan. Responden selanjutnya akan melakukan pengisian kuesioner dari 10 aspek heuristik antarmuka portal.Hasil analisis data yang dilakukan menunjukkan bahwa penelitian telah berhasil mendefinisikan permasalahan dan rekomendasi perbaikan dari portal berita yang diievaluasi. Hasil analisis Heuristic Evaluation menunjukkan bahwa terdapat permasalahan pada 3 portal yang dievaluasi dengan tingkat minor yang prioritas perbaikannya rendah dengan rata-rata nilai severity ratings 2. Analisis Think Aloud menghasilkan 85 rekomendasi perbaikan dari 3 portal berita yang dievaluasi. Penelitian selanjutnya dapat melakukan evaluasi lanjutan dari implementasi rekomendasi perbaikan.verity ratings dari tabel severity ratings yang didefinisikan oleh Nielsen, 1993

 

Abstract

Online news portals must meet several aspects to be able to maintain the quality of use and information provided, one of them is usability. The usability aspect determines the level of usefulness of the news portal which is assessed from the level of effectiveness, efficiency, and satisfaction by evaluating usability. This research aims to evaluate the usability of several online news portals in Indonesia to get the level of usability from news portals and recommendations for improvement. This research uses 3 news portals that provide a variety of news that occurs both locally, nationally, and internationally, in real time and quickly. Usability evaluation in this study used 20 research respondents who were selected using simple random sampling from readers and news portal staff who were evaluated. In this study, an evaluation will be conducted by combining Heuristic Evaluation and Think Aloud techniques. The Heuristic Evaluation technique is used to evaluate the interface using a heuristic questionnaire and Think Aloud is used to evaluate the use of the portal based on the results of verbalizing user input. At the data collection stage, each respondent will work on the task scenario by providing input on improvements or perceived difficulties. Respondents will then fill out questionnaires from 10 aspects of the portal interface heuristics. The results of data analysis carried out indicate that the research has succeeded in defining the problem and recommendations for improvement from the evaluated news portal. The results of the Heuristic Evaluation analysis showed that there were problems in 3 portals that were evaluated with a minor level with low priority improvement with an average severity ratings of 2.. Think Aloud analysis yields 85 recommendations for improvement from the 3 news portals evaluated. Future research can carry out further evaluations of the implementation of improvement recommendations.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Astuti, I., Kusuma, W. A. dan Ardiansyah, F., 2014. Analisis Usability Homepage Situs Web Perpustakaan Nasional RI Menggunakan Metode Think Aloud. Jurnal Pustakawan Indonesia, Vol. 15, No. 1-2, pp.39 – 47.

Gupta, S., 2015. A Comparative study of Usability Evaluation Methods. International Journal of Computer Trends and Technology (IJCTT), Vol. 22, No. 3, pp. 103 – 106.

Handiwidjojo, W., dan Ernawati, L., 2016. Pengukuran Tingkat Ketergunaan (Usability) Sistem Informasi Keuangan Studi Kasus: Duta Wacana Internal Transaction (Duwit). JUISI, Vol. 02, No. 01, pp.49 – 55.

Hendradewa, A. P., 2017. Perbandingan Metode Evaluasi Usability (Studi Kasus : Penggunaan Perangkat Smartphone. Teknoin, Vol. 23, No. 1, pp. 09 – 18.

Ichsani, Y., 2017. Usability Performance Evaluation of Information System with Concurrent Think-Aloud Method as User Acceptance Testing: A Literature Review. International Conference on Science and Technology, pp.116 – 121.

Indriyani, R., Dantes, G. R., dan Aryanto, K. Y. E., 2017. Analisis Kebermanfaatan Website Sekolah Tinggi Pariwisata (STIPAR) Triatma Jaya Menggunakan Metode Usability Testing. International Journal of Natural Science and Engineering, Vol.1, No. 2, pp. 56-64.

Jaspers, M. W. M., 2009. A comparison of usability methods for testing interactive health technologies: Methodological aspects and empirical evidence. International Journal of Medical Informatics, 78(5), 340–353. https://doi.org/10.1016/j.ijmedinf.2008.10.002

Laugwitz, B., Held, T. dan Schrepp, M., 2008. Construction and Evaluation of a User Experience Questionnaire. HCI and Usability for Education and Work. Symposium of the Austrian HCI and Usability Engineering Group, pp. 63–76.

Mifsud, J., 2015. Usability Metrics – A Guide to Quantify the Usability of Any System, [online] Tersedia di : <https://usabilitygeek.com/usability metrics-a-guide-to-quantify-system-usability/ > [Diakses 2 Maret 2020]

Nielsen, J., 1993. Usability Engineering. AP Professional : California.

Nielsen, J., 2012. Thinking Aloud: The #1 Usability Tool, [online] Tersedia di : <https://www.nngroup.com/articles/thinking-aloud-the-1-usability-tool/> [Diakses 5 Maret 2020].

Paramitha, I., Indrawan, G. dan Dantes, G. R., 2018. The Evaluation of Web Based Academic Progress Information System Using Heuristic Evaluation and User Experience Questionnaire (UEQ). International Conference on Informatics and Computing, pp. 1 – 6. https://doi.org/10.1109/IAC.2018.8780430.

Paz, F., Paz, F. A., Villanueva, D., & Pow-Sang, J. A., 2015. Heuristic Evaluation as a Complement to Usability Testing: A Case Study in Web Domain. In 2015 12th International Conference on Information Technology - New Generations, pp. 546–551. https://doi.org/10.1109/ITNG.2015.92

Sya’roni, M. I., Kharisma, A. P. dan Amalia, F., 2018. Perbandingan Hasil Metode Evaluasi Usability Antara Heuristic Evaluation dengan Think Aloud pada Kasus Web FILKOM APPS untuk Mahasiswa. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Vol. 2, No. 2, pp. 674 – 678.

Wedayanti, A., Wirdiani, A., dan Purnawan, A. 2019. Evaluasi Aspek Usability pada Aplikasi Simalu Menggunakan Metode Usability Testing. Jurnal Ilmiah Merpati, Vol. 7, No. 2, pp. 113 – 124.

Diterbitkan

08-10-2020

Terbitan

Bagian

Ilmu Komputer

Cara Mengutip

Evaluasi Portal Berita Online pada Aspek Usability Menggunakan Heurtistic Evaluation dan Think Aloud. (2020). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(5), 905-910. https://doi.org/10.25126/jtiik.2020753587