End User Computing Satisfaction : Model Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Menggunakan Partial Least Square Structural Equation Modeling (Studi Kasus)

Penulis

  • Aditia Angga Perdana Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta
  • Meinarini Catur Utami Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta
  • Qurrotul Aini Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.25126/jtiik.2021863586

Abstrak

Toyota Sales Operation atau dikenal sebagai AUTO2000 adalah bagian dari perseroan terbuka PT. Astra yang beroperasi di sektor otomotif dan sudah menjalankan beberapa servis untuk menaikkan kepuasan pelanggan. Salah satunya dengan menghadirkan AUTO2000 Mobile, sebagai fasilitas pemesanan servis kendaraan secara online yang bertujuan untuk memudahkan pengguna untuk mempercepat proses bisnis dan mengurangi bahkan menghilangkan durasi waktu mengantri. Namun dalam penerapannya masih banyak kekurangan maupun kelemahan yang dirasakan pengguna di antaranya masih ada bugs, tidak ada fitur real-time chat serta beberapa pengguna masih kesulitan menggunakan aplikasi tersebut. Capaian riset ini adalah menginvestigasi tingkat kepuasan pelanggan dan memperoleh variabel signifikan yang berdampak pada kepuasan pelanggan Aplikasi AUTO2000 Mobile. Metode riset ini menerapkan End-User Computing Satisfaction (EUCS) dengan cara kuantitatif dan diseminasi kuesioner mendapatkan informasi dari objek penelitian. Populasi dalam riset ini adalah pemakai AUTO2000 Mobile. Dari populasi tersebut terpilih sebanyak 252 responden dan diseminasi kuesioner dilaksanakan melalui daring dan membagikan secara langsung dengan cara simple random sampling. Setelah itu, data yang dikumpulkan diolah dengan program Microsoft Excel 2016 serta PLS-SEM mengoperasikan tool SmartPLS 3.2.7. Hasilnya, terdapat 5 jalur yang diuji, H0 ditolak untuk empat variabel dan H0 diterima untuk satu variabel. Terdapat empat variabel yang berpengaruh signifikan pada kepuasan pelanggan AUTO2000 Mobile yaitu: accuracy, content, format dan ease of use.

 

Abstract

Toyota Sales Operation or known as AUTO2000 is part of the public company PT. Astra that engaged in the automotive sector and has done several service improvements to increase customer satisfaction. One of them is by presenting AUTO2000 Mobile, which is an online vehicle service ordering facility that is implemented to make it easier for users, therefore it is considered to speed up business processes and reduce or even eliminate the duration of the queue. But in its implementation there are still many shortcomings and weaknesses felt by users including bugs, there is no real-time chat feature, and some users still have difficulty using the application, hence it is prominent to conduct study dealing with end-user satisfaction. The aim of this research is to analysis of end-user satisfaction level and determine the variables that impact end-user satisfaction of the AUTO2000 Mobile Application. This research method deals with End-User Computing Satisfaction (EUCS) with a quantitative approach and questionnaire distribution to obtain data from respondents. The research subject in this study are AUTO2000 Mobile users. The population consist of 252 respondents and questionnaires are distributed online and offline with simple random sampling. Furthermore, the obtained data were analyzed using Ms. Excel 2016 and with the PLS-SEM approach using SmartPLS 3.2.7. The result, from the 5 paths tested, H0 is rejected for four variables and H0 is accepted for one variable. There are four variables that have a significant effect on customer satisfaction of AUTO2000 Mobile, namely: accuracy, content, format and ease of use.


Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

AFTHANORHAN, W., 2013. A comparison of partial least square structural equation modeling (PLS-SEM) and covariance based structural equation modeling (CB-SEM) for confirmatory factor analysis. International Journal of Engineering Science and Innovative Technology, 2(5), pp. 198–205.

AGGELIDIS, V.P., dan CHATZOGLOU, P.D., 2012. Hospital Information Systems: Measuring End User Computing Satisfaction (EUCS). Journal of Biomedical Informatics, 45(3), pp. 566-579.

CHIN, W. W., 1998. The partial least squares approach to structural equation modeling. Dalam: G. A. Marcoulides, ed. Modern Methods for Business Research. Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum Associates, pp. I295–1336.

DARWI, A. R. dan EFRIZON, E., 2019. Analisis Kepuasan Pengguna E-Learning Sebagai Pendukung Aktivitas Pembelajaran Menggunakan Metode EUCS. VOTEKNIKA, 7(1), pp. 25-31.

DOLL, W. J. dan TORKZADEH, G., 1988. The Measurement of End-User Computing Satisfaction. MIS quarterly, 12(2), pp. 259–274.

FITRIANSYAH, A. dan HARRIS, I., 2018. Pengukuran Kepuasan Pengguna Situs Web dengan Metode End User Computing SaTisfaction (EUCS). QUERY: Jurnal Sistem Informasi, 2(1), pp. 1-8.

HAIR, J.F., SARSTEDT, M., RINGLE, R.M., dan MENA, J.A., 2012. An Assessment Of The Use of Partial Least Squares Structural Equation Modeling in Marketing Research. Journal of the academy of marketing science, Springer, 40(3), pp. 414–433.

HIDAYAH, N. A. dan RUSTAMAJI, E., 2018. Determining User Satisfaction Factors on University Tuition Fee Systems Using End-User Computing Satisfaction (EUCS). 2018 6th International Conference on Cyber and IT Service Management (CITSM), IEEE, pp. 1–5.

HUSAIN, T., 2018. Analisis End-User Computing Satisfaction (EUCS) dan WebQual 4.0 terhadap Kepuasan Pengguna. JATISI, 4(2), pp. 164-176.

JATI, H., WARDANI, R., HASANAH, N., BAITI, A. A., dan DESTIANA, B., 2015. Analisis Penerapan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Menggunakan Model End-User Computing Satisfaction (EUCS) di Program Studi Pendidikan Teknik Informatika. Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO), 1(1), pp. 53-64.

MARLINDAWATI, M., 2014. Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Perpustakaan Digital Universitas Bina Darma Palembang. In: Seminar Nasional Sains dan Teknologi Informasi 2014 - Senasti, 12 Mei 2014, Makasar.

MCLEOD JR, R. dan SCHELL, G.P., 2008. Sistem Informasi Manajemen Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat.

PRATAMA, J.G., 2012. Analisa Sistem Informasi Entri KRS Online pada Universitas Bina Darma dengan Menggunakan Metode EUCS. B.A. Thesis. Universitas Bina Darma.

RASMAN, Y.I.K., 2012. Gambaran Hubungan Unsur-Unsur End-User Computing Satisfaction terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Rumah Sakit di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Depok. B.A. Thesis. Universitas Indonesia.

RESTANTI, A.S. dan ASTUTI, E.Y., 2017. Analisis End-User Computing Satisfaction pada Online Public Access Catalogue “Izylib” di Lingkungan Universitas Jenderal Soedirman. PUSTABIBLIA: Journal of Library and Information Science, 1(1), pp. 223-238.

SETIAWAN, A.B., 2016. Evaluasi Kepuasan Pengguna Sistem Aplikasi Surat Keterangan Tinggal Sementara Online (SKTS) dengan Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction. B.A. Thesis. Universitas Airlangga.

URBACH, N. dan AHLEMANN, F., 2010. Structural Equation Modeling in Information Systems Research Using Partial Least Squares. Journal of Information Technology Theory and Application (JITTA), 11(2), pp. 5-40.

YAMIN, S. dan KURNIAWAN, H., 2011. Generasi Baru Mengolah Data dengan Partial Least Square Path Modeling. Jakarta: Salemba Infotek.

YAZID, M.A., WIJOYO, S.H., dan ROKHMAWATI, R. I., 2019. Evaluasi Kualitas Aplikasi Ruangguru Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode EUCS (End-User Computing Satisfaction) dan IPA (Importance Performance Analysis). Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), 3(9), pp. 8496-8505.

Diterbitkan

24-11-2021

Terbitan

Bagian

Ilmu Komputer

Cara Mengutip

End User Computing Satisfaction : Model Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Menggunakan Partial Least Square Structural Equation Modeling (Studi Kasus). (2021). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(6), 1237-1246. https://doi.org/10.25126/jtiik.2021863586