Pengujian Blackbox pada Desain Antarmuka Sistem Informasi Traceability Rantai Pasok Apel

Penulis

  • Faizatul Amalia Universitas Brawijaya, Malang
  • Miftakhurrizal Kurniawan Universitas Brawijaya, Malang
  • Danang Triagus Setiawan Universitas Brawijaya, Malang

DOI:

https://doi.org/10.25126/jtiik.2021823487

Abstrak

Pemanfaatan teknologi informasi dalam bidang pertanian telah mengalami kenaikan signifikan. Bidang pertanian yang dijadikan objek pada penelitian ini adalah apel yang termasuk ke dalam produk hortikultura. Selain itu apel selain dapat dikonsumsi langsung, dapat juga diolah menjadi beragam produk seperti minuman, kripik, pie dan yang lainnya. Dengan banyaknya produk yang dihasilkan, maka proses pelacakan dalam rantai pasok pasti diperlukan. Manfaat dari adanya pelacakan produk pertanian ini adalah memberikan jaminan kualitas produk kepada konsumen. Namun untuk pelacakan yang ada saat ini bersifat manual, sehingga muncul sebuah permasalahan ketidakefisienan dalam mendapatkan informasi yang dapat dipercaya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji desain system informasi yang telah dibangun berdasarkan proses analisis kebutuhan dan pemodelan kebutuhan. Metode penelitian yang dilakukan diantaranya analisis kebutuhan, memodelkan kebutuhan menggunakan alat bantu, membuat desain system, dan melakukan pengujian pada hasil perancangan. Desain system yang diujikan adalah antarmuka system informasi menggunakan metode black box testing. Hasil dari pengujian menunjukkan bahwa tidak ada kesalahan pada desain antarmuka system dan sesuai dengan kebutuhan yang disampaikan oleh aktor.

 

Abstract

The use of information technology in agriculture has experienced a significant increase. The agricultural sector that is the object of this research is apples which are included in horticultural products. Besides that, apples can be consumed directly, but can also be processed into various products such as drinks, chips, pies and others. With so many products being produced, a tracking process in the supply chain is definitely needed. The benefit of this agricultural product tracking is to provide product quality assurance to consumers. However, the current tracking is manual, so there is a problem of inefficiency in getting reliable information. This study aims to examine the design of the information system that has been built based on the needs analysis and requirements modeling process. The research methods carried out include needs analysis, modeling needs using tools, making system designs, and testing the design results. The system design being tested is an information system interface using the black box testing method. The results of the test show that there are no errors in the system interface design and in accordance with the needs conveyed by the actor.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

AKWUKWUMA, V. & UDO, E., 2015. Predicting Adaptability of Object Oriented Software Using Metrics and Threshold Values. The Pacific Journal of Science and Technology, 16(2), pp. 124-134.

AUNG, M. &. C. Y., 2014. Traceability in a food supply chain: Safety and quality perspectives. Food Control, Volume 39, pp. 172-184.

BPMN, 2019. Object Management Group Business Process Model and Notation. [Online]

Available at: http://www.bpmn.org

[Diakses 15 12 2019].

HENDINI, A., 2016. Pemodelan UML Sistem Informasi Monitoring Penjualan dan Stok Barang (Studi Kasus: Distri Zhezha Pontianak). Jurnal Khatulistiwa Informatika, IV(2), pp. 107-116.

KONG, L. &. Y. T., 2009. Extension Features Driven Use Case Model for Requirement Traceability. Harbin: IEEE.

PRESSMAN, R. S., 2008. Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi. Yogyakarta : Andi.

SETIAWAN, W. & FIRDAUS, F., 2015. Penjualan Apel Lokal Meningkat. [Online]

Available at: https://daerah.sindonews.com/read/958810/151/penjualan-apel-lokal-meningkat-1422849762

[Diakses 10 12 2019].

SURYO, B., 2018. Mengembalikan Kejayaan Apel Malang. [Online]

Available at: https://mediaindonesia.com/read/detail/192597-mengembalikan-kejayaan-apel-malang

[Diakses 12 12 2019].

TANNER, D., 2016. Food Quality, Storage, and Transport, New Zealand: Elsevier.

Diterbitkan

21-12-2021

Terbitan

Bagian

Ilmu Komputer

Cara Mengutip

Pengujian Blackbox pada Desain Antarmuka Sistem Informasi Traceability Rantai Pasok Apel. (2021). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(5), 853-860. https://doi.org/10.25126/jtiik.2021823487