Analisis Usability Pada Website Universitas Brawijaya Dengan Heuristic Evaluation
DOI:
https://doi.org/10.25126/jtiik.201633194Abstrak
Abstrak
Usability merupakan sejauh mana kelayakan suatu sistem berdasarkan efektivitas, efisiensi, dan satisfaction pada konteks tertentu. Pentingnya usability untuk mengukur kualitas kelayakan suatu sistem yang mengarah pada beberapa metode pengujian. Website resmi Universitas Brawijaya dengan domain ub.ac.id adalah media informasi online yang berisikan informasi tentang UB. Berdasarkan Pelayanan Informasi dan Komplain (PIDK) UB terdapat keluhan tentang dokumentasi resmi UB yang belum diperbarui, selain itu menurut Pusat Jaminan Mutu belum terdapat adanya standar khusus, dan TIK UB belum pernah melakukan evaluasi website. Oleh karena itu, dibutuhkan evaluasi usability untuk mengetahui permasalahan yang ada pada sistem dan supaya mencapai tujuan tertentu secara efektif, efisien, dan mencapai kepuasan user. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka diangkatlah penelitian dengan judul Analisis Usability pada Website Universitas Brawijaya dengan Heuristic Evaluation (HE). HE adalah metode untuk mencari masalah usability dengan Nielsen’s heuristic dengan melibatkan para ahli.
Penelitian dimulai dengan melakukan pengumpulan data, pengujian website, dan analisis hasil heuristik dan uji preferensi user. Dengan berpedoman pada sekumpulan heuristik, para ahli mencari dan menilai usability pada website UB. Kemudian uji preferensi user dengan PSSUQ juga dilakukan untuk mengetahui respon user umum terhadap website UB, dan didapatkan hasil berupa perbandingan hasil analisis antara HE dengan uji preferensi user.
Kata kunci: Usability, Heuristic Evaluation, Uji Preferensi User
Abstract
Usability is part of user experience to know how properness a system based on effectiveness, efficiency, and satisfaction in specific context. The importance of usability is to measure quality of a system which tends to evaluation methods. Official website of University of Brawijaya (ub.ac.id) is online media containing information regarding to UB. Based on the problems such as complaint about official documentation that has not been updated, no specific standard for the website, UB website has never been evaluated. Thus, it is a necessary to do usability evaluation to know defects in the system and to achieve better in terms of effectiveness, efficiency, and user satisfaction. Based on the problems mentioned, this research is named Analysis of Usability on Official Website University of Brawijaya using Heuristics Evaluation. HE is a method to look for usability defects by involving expert perspectives.
Research starts from collecting data, evaluating data, and analyzing result of evaluations. Heuristics evaluation is a method to look for usability defects/problems using Nielsen’s heuristic by involving experts as evaluators in this research. Then, User Preference Evaluation with PSSUQ is needed to know responses of general users about UB website. From the result, it will be obtained and mapped result from Heuristic Evaluation and user preference testing concerning usability.
Keywords: Usability, Heuristic Evaluation, User Preferences TestingDownloads
Referensi
Bab dalam Buku dengan Editor
Dix, Alan, Finlay, Janet, M., 2010. Human-Computer Interaction Third Edition. UK: Pearson.
Fruhling, Ann, 2005. Assessing the Reliability, Validity and Adaptability of PSSUQ. Omaha: AMCIS.
Lazar, Jonathan, Feng, Jinjuan Heidi, Hochheiser, Harry, 2010. Research Methods in Human-Computer Interaction. United Kingdom: John Wiley & Sons Ltd.
Rogers, Yvonne., Sharp, Helen.,dan Preece, Jennifer J., 2011. Interaction Design: Beyond-Human Computer Interaction. West Sussex: John Wiley & Sons.
Rubin, Jeff, 2008. Handbook of Usability Testing Second Edition. Indiana: Wiley Publishing, Inc.
Sugiono, 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suharso, Retnoningsih, Ana. 2005. Kamus Besar Bahsa Indonesia Edisi Lux. Semarang: CV Widya karya.
Tullis, T., Albert, B., 2008. Measuring the User Experience: Collecting, Analysing, and Presenting Usability Metrics. Morgan Kaufmann.
Jurnal, Prosiding, Majalah, dan/atau Buletin
Dillman, Don. 2000. Constructing the questionnaire. Mail and internet surveys. New York: John Wiley & Sons.
Lewis, R., 2002. Psychometric Evaluation of the PSSUQ Using Data from Five Years of Usability Studies. James R. Lewis. IBM Corporation
Jurnal Online
ISO 9241-210, 2010. Tersedia diakses <https://www.iso.org> [diakses pada tanggal 20 April 2016]
National Disability Authorization, 2014. Tersedia diakses < http://universaldesign.ie/Technology-ICT/Universal-Design-for-ICT/User-Testing/>
[diakses tanggal 26 Agustus 2016]
Nielsen, 1995. Tersedia diakses
<https://www.nngroup.com/articles/how-to-conduct-a-heuristic-evaluation/> [diakses tanggal 20 April 2016]
Raharjo, Sahid, 2014. Tersedia diakses < http://www.spssindonesia.com/2014/01/uji-validitas-product-momen-spss.html> [diakses tanggal 11 Agustus 2016]
Raharjo, Sahid, 2014. Tersedia <http://www.spssindonesia.com/2014/01/uji-validitas-product-momen-spss.html> [diakses tanggal 11 Agustusl 2016]
Sivaji, Ashok, 2011. Usability Testing Methodology: Effectiveness of Heuristic Evaluation in E-Government Website Development, [e-journal] tersedia melalui IEEE Digital Library <http://ieee.org> [diakses 5 Februari 2016]
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensi Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)
Penulis yang menerbitkan di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).