Perbandingan Algoritme Machine Learning untuk Memprediksi Pengambil Matakuliah

Penulis

  • Fitra A. Bachtiar Fakultas Ilmu Komputer - Universitas Brawijaya
  • Indra K. Syahputra Fakultas Ilmu Komputer - Universitas Brawijaya
  • Satrio A. Wicaksono Fakultas Ilmu Komputer - Universitas Brawijaya

DOI:

https://doi.org/10.25126/jtiik.2019651755

Abstrak

Pada setiap awal semester bagian akademik melakukan penjadwalan dan penentuan matakuliah yang akan dibuka untuk semester berikutnya. Akan tetapi proses tersebut memiliki permasalahan antara lain kelas yang dibuka terlalu banyak dibanding jumlah siswa yang berminat atau sebaliknya. Selain itu, dalam permasalahan prediksi data yang terkumpul memiliki kecenderungan tidak seimbang pada setiap kelas (imbalance class). Hal ini akan berdampak pada proses penjadwalan yang kurang tepat. Sehingga dibutuhkan sistem yang dapat memprediksi mahasiswa pengambil mata kuliah. Akan tetapi ada banyak algoritme yang dapat digunakan untuk proses prediksi. Penelitian ini membandingkan performa algoritma untuk klasifikasi mahasiswa pengambil matakuliah. Pada penelitian ini prediksi dilakukan berdasarkan atribut dari data mahasiswa. Atribut-atribut tersebut yaitu Nilai, IP, IPK, SKS, SKSK dan Semester. Pada setiap observasi pada atribut-atribut tersebut prediksi akan dilakukan apakah mahasiswa tersebut mengambil mata kuliah tertentu. Prediksi dibagi menjadi 2 kelas yaitu ‘Ya’ untuk mahasiswa yang diprediksi mengambil matakuliah dan ‘Tidak’ untuk mahasiswa yang diprediksi tidak mengambil matakuliah. Teknik Synthetic Minority Oversampling Technique (SMOTE) digunakan untuk menangani data yang tidak seimbang. Pada penelitian ini klasifikasi dilakukan dengan membandingkan algoritme k-Nearest Neighbor (k-NN) dan Support Vector Machine (SVM) untuk kasus prediksi pengambil matakuliah. Hasil pengujian menggunakan 3 mata kuliah sebagai sampel. Dari hasil rerata, diperoleh hasil prediksi k-NN memiliki kinerja yang lebih baik daripada SVM. Selain itu, penggunaan teknik SMOTE dapat mempengaruhi hasil klasifikasi berupa peningkatan nilai AUC, CA, F1, precision dan recall.


Abstract

At the beginning of each semester, the academic section conducts scheduling and determining the courses offered for the next semester. However, the process has problems such as too many classes offered to the student compared to the number of students who take the class or vice versa. Besides that, in the prediction problems, the collected data has an imbalance tendency in each class. As a result, these problems could cause in ineffective scheduling. Thus, there is a need to build a system that can predict students taking courses. However, there are many algorithms that can be used for the prediction. This study compares the performance of algorithms for classifications of students taking courses. In this study, predictions are modeled based on the attributes of student data, namely Grades, GPA, Cumulative GPA, Semester Credits, Cumulative Semester Credits and Semester. The classification process will be carried out to produce a prediction of whether the student takes a particular subject or not. Classification results are divided into 2 classes, namely 'Yes' for students who are predicted to take and 'No' for students who are predicted not to take the class. To handle imbalance dataset will use Synthetic Minority Oversampling Technique (SMOTE) techniques. Classification method used in this study are k-Nearest Neighbor (k-NN) and Support Vector Machine (SVM) algorithms to compare their performance for prediction cases. The test results used 3 courses as a sample. In average k-NN prediction results have a better performance than SVM. In addition, the use of SMOTE techniques can influence the classification results in the form of an increase in AUC, CA, F1, precision and recall values.


Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Barro, R.A., Sulviati, I.D., dan Afendi, F.M. 2013. Penerapan Synthetic Minority Oversampling Technique (SMOTE) Terhadap Data Tidak Seimbang Pada Pembuatan Model Komposisi Jamu. Vol. 1(1):e9(1-6). Xplore.

Chawla, V.N., Bowyer, K.W., Hall, L.O., dan Kegelmeyer, W.P. 2002. SMOTE: Synthetic Minority Over-sampling Technique. p321–357. Journal of Artificial Intelligence Research.

Christian, T.M., dan Ayub, M. Exploration of Classification Using NBTree for Predicting Students’ Performance. 2014 International Conference on Data and Software Engineering (ICODSE).

Han, J. dan Kamber, M. 2012. Data Mining Concepts and Techniques 2nd Edition. San Fransisco : Morgan Kaufmann Publishers.

Hou, Y. Ding, X. dan Hou R. 2017. Support Vector Machine Classification Prediction Model Based on Improved Chaotic Differential Evolution Algorithm. 13th International Conference on Natural Computation, Fuzzy Systems and Knowledge Discovery.

Leidiana, H. 2013. Penerapan Algoritma K-Nearest Neighbor Untuk Penentuan Resiko Kredit Kepemilikan Kendaraan Bemotor. p.65-76. PIKSEL (Penelitian Ilmu Komputer Sistem Embedded dan Logic).

Octaviani, P.A., Wilandari, Y., dan Ispriyanti, D. 2014. Penerapan Metode Klasifikasi Support Vector Machine (Svm) Pada Data Akreditasi Sekolah Dasar (Sd) di Kabupaten Magelang. JURNAL GAUSSIAN, Volume 3, Nomor 4, Tahun 2014, Halaman 811 – 820.

Prasetyo, E. 2014. Data Mining, Mengolah Data Menjadi Informasi Menggunakan Matlab. Penerbit Andi.

Pujianto, U., Azizah, E.N., dan Damayanti, A.S. 2017. Naive Bayes using to predict students' academic performance at faculty of literature. 2017 5th International Conference on Electrical, Electronics and Information Engineering (ICEEIE).

Santosa, B. 2007. Data Mining: Teknik Pemanfaatan Data untuk Keperluan Bisnis. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Taruna, S., Pandey, M. 2014. An Empirical Analysis of Classification Techniques for Predicting Academic Performance. 2014 IEEE International Advance Computing Conference (IACC).

Wu, T.K., Huang, S.C., dan Meng, Y.R. 2008. Evaluation of ANN and SVM classifiers as predictors to the diagnosis of students with learning disabilities. Expert Systems with Applications 34 (2008) 1846–1856.

Diterbitkan

08-10-2019

Terbitan

Bagian

Ilmu Komputer

Cara Mengutip

Perbandingan Algoritme Machine Learning untuk Memprediksi Pengambil Matakuliah. (2019). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(5), 543-548. https://doi.org/10.25126/jtiik.2019651755