Aplikasi Penentuan Rute dan Waktu Tempuh ke Halte Transjakarta Terdekat dengan Algoritma Djikstra Berbasis Location Base System
DOI:
https://doi.org/10.25126/jtiik.2020741680Abstrak
Saat ini sudah ada aplikasi yang dapat diinstal di ponsel pintar untuk membantu mencari posisi halte terdekat, akan tetapi pengguna harus benar-benar tahu titik keberadaannya saat itu. Hal ini dapat menyulitkan apabila penumpang tersebut adalah pendatang yang tidak mengetahui dengan benar posisinya. Penelitian dengan tujuan menentukan rute dan waktu tempuh ke halte Transjakarta terdekat ini dibuat dengan pendekatan algoritme Dijkstra pada aplikasi mobile di atas platform Android. Aplikasi ini akan dibantu oleh GPS untuk mencari halte terdekat dari posisi pengguna. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan deskripsi perjalanan, estimasi waktu tempuh, dan rute alternatif menuju halte Transjakarta. Kelebihan aplikasi ini adalah apabila Wi-Fi atau data seluler tidak berfungsi tetap dapat digunakan karena metode ini akan tetap menunjukkan rute yang perlu ditempuh dengan deskripsi perjalanan yang dimilikinya. Penentuan rute terdekat dalam aplikasi ini tidak perlu menentukan titik akhir seperti halnya aplikasi yang menggunakan algoritme Djikstra lainnya, bahkan dapat memberikan beberapa alternatif halte terdekat. Hal ini dimungkinkan karena aplikasi ini juga menggunakan algoritme Bubblesort untuk mengurutkan halte. Karena tiap halte Transjakarta sudah terintegrasi sehingga kemana pun tujuan dapat diakses dari halte terdekat dan di halte tersebut sudah ada informasi halte transit sesuai dengan tujuan.
Abstract
Currently there are applications that can be installed on a smart phone to help find the position of the nearest bus stop, but the user must really know the point of existence at that time. This can be difficult if the passenger is a migrant who does not know his position correctly. The approach used to determine the route and travel time to the nearest Transjakarta bus stop in this study is to use Dijkstra's algorithm on a mobile application on the Android platform. This application will be assisted by GPS to find the nearest stop from the user's position. This application is also equipped with a description of the trip, estimated travel time, and alternative routes to the Transjakarta bus stop. The advantage of this application is that if Wi-Fi or cellular data does not work it can still be used because this method will still show the route that needs to be taken with the description of the trip it has. Determining the closest route in this application does not need to determine the end point as well as applications that use other Djikstra algorithms, can even provide several alternative stops nearby. This is possible because this application also uses the Bubblesort algorithm to sort stops. Because each Transjakarta bus stop has been integrated so that wherever the destination can be accessed from the nearest bus stop and at the stop there is already a transit stop information in accordance with the destination.
Downloads
Referensi
BUDIHARTANTI, C., & PANDIANGAN, R..2016. Rancang Bangun Aplikasi AndroidPencarian Rumah Sakit Di JakartaMenggunakan Algoritma Dijkstra. Jurnal PROSISKO, 3(2), 1–8.
CHEN, Z., SHEN, H. T., ZHOU, X., & YU, J. X.2009. Monitoring path nearest neighbor inroad networks. Proceedings of the 35th SIGMOD International Conference on Management of Data - SIGMOD ’09, 591. http://doi.org/10.1145/1559845.1559907
CHOPDE, N. R., & NICHAT, M. K. 2013. Landmark based shortest path detection by using Dijkestra Algorithm and Haversine Formula. International Journal of Innovative Research in Computer Engineering, 1(2), 298– 302. http://doi.org/10.1.1.300.5943
DWI, SAPUTRA, R., & ARDANA. 2016. Penerapan Algoritma Dijkstra pada Aplikasi Pencarian Rute Bus Trans Semarang. Seminar Nasional Ilmu Komputer, 299–306.
GALÁN-GARCÍA, J. L., AGUILERA-VENEGAS, G., GALÁN-GARCÍA, M., & RODRÍGUEZCIELOS, P. 2015. A new Probabilistic Extension of Dijkstra’s Algorithm to simulate more realistic traffic flow in a smart city.
Applied Mathematics and Computation, 267, 780–789.
http://doi.org/10.1016/j.amc.2014.11.076
GUNAWAN, K. 2015. Implementation of Location Base Service on Tourism Places in West Nusa Tenggara by using Smartphone. International
Journal of Advanced Computer Science and Applications, 6(8), 160–166. Retrieved from http://bep.ejurnal.net/index.php/int/article/view/14
GUSMÃO, A., PRAMONO, S. H., & SUNARYO. 2013. Sistem Informasi Geografis Pariwisata Berbasis Web Dan Pencarian Jalur Terpendek
Dengan Algoritma Dijkstra. Jurnal Electrics, Electronics, Communications, Controls, Informatics, Systems, 7(2), 125–130.
KUMALASARI, D. 2017. Analisis Perbandingan Kompleksitas Algoritma Bubble Sort, Cocktail Sort dan Comb Sort Dengan Bahasa Pemrograman C ++. Journal Speed, 9(2), 1–7.
MASHURI, I. M. 2011. Studi Karakteristik Pejalan Kaki dan Pemilihan Jenis Fasilitas Penyeberangan Pejalan Kaki di Kota Palu (Studi Kasus: Jl. Emmi Saelan Depan Mal Tatura Kota Palu). Journal of Transportation Management and Engineering, 1(2), 67–79.
PRASETYO, D., & HASTUTI, K. 2015. Penerapan Haversine Formula pada Aplikasi Pencarian Lokasi dan Informasi Gereja Kristen di Semarang Berbasis Mobile. Skripsi Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro.
RAHAYUNINGSIH, P. A. 2016. Analisis Perbandingan Kompleksitas Algoritma Pengurutan Nilai (Sorting). Jurnal Evolusi, 4, 2016.
ROSYIDI, L., PRADITYO, H. P., GUNAWAN, D., & SARI, R. F. 2014. Timebase dynamic weight for Dijkstra Algorithm implementation in route planning software. Proceedings of 2014 International Conference on Intelligent
Green Building and Smart Grid, IGBSG 2014, (July 2017).
http://doi.org/10.1109/IGBSG.2014.6835261
SINGAL DCSA, P., & CHHILLAR, R. R. S. 2014. Dijkstra Shortest Path Algorithm using Global Positioning System. International Journal of
Computer Applications, 101(6), 975–8887. http://doi.org/10.15270/50-4-387
SONITA, A., & NURTANEO, F. 2015. Analisis Perbandingan Algoritma Bubble Sort, Merge Sort, dan Quick Sort dalam Proses Pengurutan
Kombinasi Angka dan Huruf. Jurnal Pseudocode, II(September), 75–80.
SURYO SAPUTRO, S. 2013. Perancangan Aplikasi GIS Pencarian Rute Terpendek Peta Wisata Di Kota Manado Berbasis Mobile Web Dengan
Algoritma Dijkstra. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. http://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensi Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)
Penulis yang menerbitkan di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).