Rancang Bangun Sistem Informasi Honorarium Mengajar Dosen
DOI:
https://doi.org/10.25126/jtiik.201631145Abstrak
Abstrak
Honorarium merupakan salah satu unsur penting pendorong motivasi dosen dalam pelaksanaan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya bidang pelaksanaan pendidikan oleh karena itu perlu dikelola dengan sistem database yang terintegrasi. Penelitian ini bertujuan merancang dan membangun sistem informasi untuk peningkatan efisiensi, transparansi, akurasi dalam pengelolaan honorarium mengajar dosen. Identifikasi kebutuhan pengguna dan sistem dilakukan melalui interview dan observasi cara kerja pengelolaan honorarium mengajar dosen di bagian akademik dan bagian keuangan. Model pengembangan sistem dalam penelitian ini menggunakan metode Prototyping. Hasil pengujian menggunakan Metode Response Time, Accuracy Testing, dan Black Box Testing menunjukkan bahwa Sistem Informasi Honorarium Mengajar Dosen (SI-HMD) yang dikembangkan telah berfungsi sesuai dengan kebutuhan fungsional dan operasional yang diharapkan.
Kata Kunci : honorarium mengajar dosen, rancang bangun sistem informasi
Abstract
Honorarium is an important element for boosting lecturer’s motivation in the implementation of Tri Dharma University particularly in the field of education implementation therefore it needs to be managed with an integrated database system. The purpose of this research is to design and build information system for improving the efficiency, transparancy, and accuracy of the management of lecturer’s teaching honorarium. Identifying user needs and system requirements was carried out by interview and observation on how the management of honorarium for the lecturers in the academic and financial devision. System development model in this research used prototyping method. The test results using Response Time, Accurate Testing, Black Box Testing Methods indicated that the developed Information System of Lecturer’s Teaching Honorarium (IS-LTH) has been functioning in accordance with the expected functional and operational requirements.
Keywords : lecturer’s teaching honorarium, design and build information system
Downloads
Referensi
Akinduyite, C.O., Adetumbi, C.O., Olabode, O.O., & Ibidunmoye, E.O. 2013. Fingerprint-Based Attedance Management System. Journal of Computer Sciences and Applications, 1(5), 100-105.
Gemino, A. & Parker, D. 2009. Use case diagrams in support of use case modeling : Deriving understanding from the picture. Journal of Database Management, 20(1), 1-24.
Indico, M.H. 2016. Development of Employee Attedance and Payroll System Using Fingerprint Biometric. Journal of Computer Science and Software Development, 1(1), 1-12.
Khan, E.M. 2010. Different Forms of Software Testing Techniques for Finding Error. International Journal of Computer Science Issue, 7(1), 1694-0784.
Moertini, V.S., Athur, A.A., Kernit, H.M., & Saputro, N. 2011. The Development of Electronic Payment System For Universities in Indonesia: on Resolving Key Succes Factors. International Journal of Computer Science and Information Technology, 3(2), 16-33.
Satyawan, A.H., Hariadi, B., & Ameliah, T. 2013. Sistem Informasi Penggajian Menggunakan Presensi Sidik Jari. Jurnal Sistem Informasi, 2(3), 60-65.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensi Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)
Penulis yang menerbitkan di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).