Durus Al-Lughah Gontory: Media Pembelajaran Bahasa Arab untuk Pemula Menggunakan Metode Langsung
DOI:
https://doi.org/10.25126/jtiik.2019611259Abstrak
Setiap lembaga pendidikan berbasis pesantren mewajibkan santrinya untuk mempelajari bahasa arab, salah satunya Universitas Darussalam Gontor (UNIDA Gontor) Ponorogo yang kesehariannya menggunakan bahasa arab sebagai sarana komunikasi. Media pembelajaran bahasa arab ini bertujuan untuk membantu calon mahasiswa bukan alumni pesantren yang ingin bergabung menjadi mahasiswa UNIDA Gontor. Konten aplikasi diambil dari buku Durus Al-Lughah karya K.H. Imam Zarkasyi yang merupakan satu dari tiga pendiri Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) Ponorogo dan salah satu muridnya yaitu K.H. Imam Syubani, buku ini juga dipelajari santri PMDG kelas satu. Media ini berbasis mobile Android yang dibuat menggunakan langkah-langkah model Waterfall dan kontennya menerapkan metode langsung tanpa menggunakan bahasa ibu (Indonesia). Media ini merupakan pengembangan dari sebelumnya yang menggunakan metode terjemah yang memiliki kelemahan penguasaan bahasa menjadi pasif dan pencapaian pengetahuan kata-kata kurang sempurna. Pengujian dilakukan dengan dua cara yaitu kesesuaian pada berbagai perangkat Android menunjukkan kesesuaian untuk perangkat berukuran minimal 4.5 inchi dan penyebaran kuisioner dengan nilai rata-rata dari seorang ahli materi pembelajaran bahasa Arab memberikan nilai 100%, seorang ahli media pembelajaran 93,34%, mahasiswa bukan alumni pesantren 90,5%, hasil penilaian dari mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) 92% dan hasil penilaian dari pengguna umum playstore (bit.ly/durusdm) mulai tanggal 1 sampai 20 Mei 2018 menghasilkan nilai 5 dari 5 (total rating tertinggi) berjumlah 31 orang. Hasil kuisioner oleh responden menunjukkan kesesuaian media dengan pengguna tingkat pemula, akan tetapi aplikasi ini hanya bersifat membantu dan tidak bisa menggantikan peran guru dan interaksi antar guru dengan murid yang sesungguhnya.
Abstract
Every educational institution based on Islamic boarding school requires their students to learn Arabic, one of them is UNIDA Ponorogo are in daily use Arabic as a means of communication. This goal of Arabic learning media is to help the candidate of non-alumni Islamic boarding schools who want to join as a student at UNIDA Gontor. This content media taken from Durus Al-Lughah book by Imam Zarkasyi who was one of three founders of PMDG Ponorogo and his student Imam Syubani, it’s also studied by the student of PMDG at beginner class. Android mobile-based application created using the waterfall model and the content is applied the direct method without using mother tongue (Indonesian). This media is the development of previous applications that use the method of translation that have the weakness of mastery of the language to be passive and the achievement of knowledge words less than perfect. Testing is done in two ways that the suitability of various Android devices indicate the suitability for the device size of at least 4.5 inches and distribution of questionnaires average value of an expert in Arab language learning material gives 100%, an expert in media learning 93.34%, the student is non-alumni Islamic boarding schools 90.5%, the results of the assessment of Arabic Language Teaching program 92% and results in assessment of general users play store (bit.ly/durusdm) starting on May 1 to 20, 2018, produces the highest value amounted to 31. The results of questionnaires by respondents indicate that media is suitability for beginner level users, but this media is only helpful and cannot replace the role of teachers and the real interaction between teachers and students.
Downloads
Referensi
ALI, A.Y., 2011. The Meaning of the Holy Quran. Selangor, Malaysia: Kuala Lumpur: Islamic Book Trust.
ALI BAKRI, M., 2017. Metode Langsung (Direct Method) Dalam Pengajaran Bahasa Arab. Al-Marãji, 1(1), pp.1–11.
ANDRIANI, A., 2015. Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Pendidikan Islam. TA’ALLUM, 3(1), pp.39–56.
BASSIL, Y., 2012. A Simulation Model for the Waterfall Software Development Life Cycle. International Journal of Engineering & Technology, [online] 2(5), pp.2049–3444. Available at: <http://iet-journals.org/archive/2012/may_vol_2_no_5/255895133318216.pdf>.
Developer, A., 2018. Developer Guides | Android Developers. [online] Android. Available at: <https://developer.android.com/guide/> [Accessed 14 Jul. 2018].
DIMA, A.M. AND MAASSEN, M.A., 2018. From Waterfall to Agile software: Development models in the IT sector, 2006 to 2018. Impacts on company management. Journal of International Studies, [online] 11(2), pp.315–326. Available at: <http://www.jois.eu/?438,en_from-waterfall-to-agile-software-development-models-in-the-it-sector-2006-to-2018.-impacts-on-company-management>.
Indonesia, S.W.P.R., 2016. Menerima Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor – Wakil Presiden Republik Indonesia. [online] Wapress RI. Available at: <http://www.wapresri.go.id/menerima-pimpinan-pondok-modern-darussalam-gontor-2/> [Accessed 11 Jul. 2018].
MARLINA, L., 2016. Efektifitas Metode Langsung Dalam Pengajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab. Al-Tsaqafa, 13(2), pp.211–226.
MURIYATMOKO, D. AND ABDULLAH, A.F., 2017. Aplikasi Tamrin Lughoh (Pembelajaran Bahasa Arab) Pondok Modern Darussalam Gontor Berbasis Mobile. Semnasteknomedia Online, [online] 5(1), pp.4–49. Available at: <http://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/1745>.
MURIYATMOKO, D., FAROUQ ABDULLAH, A. AND ADHIIM MUSYAFA’, Z., 2018. Durus Al-Lughah Gontory : Interactive Arabic Mobile Learning for Beginners. IJITEE (International Journal of Information Technology and Electrical Engineering), 2(1), p.8.
NAIK, Z., 1997. The Qur’an and Modern Science. [online] Available at: <http://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=uld0Y-mLoVQC&oi=fnd&pg=PT4&dq=THE+QUR+’+AAN+AND+MODERN+SCIENCE&ots=6E9575YSGO&sig=0Qv_FDeZ-UHsmDvsBt4dvp-3o6c>.
NUROCHIM, 2016. Sekolah Berbasis Pesantren Sebagai Salah Satu Model Pendidikan Islam Dalam Konsepsi Perubahan Sosial. Al-Tahrir, 16(1), pp.69–88.
PIMMER, C., MATEESCU, M. AND GR, U., 2016. Computers in Human Behavior Mobile and Ubiquitous Learning in Higher Education Settings . A Systematic Review of Empirical Studies. Computers in Human Behavior, [online] 63, pp.490–501. Available at: <http://dx.doi.org/10.1016/j.chb.2016.05.057>.
RAHMAN, A., AINUL, T., TG, F. AND RAHMAN, A., 2012. An Evaluation Study on ASP Textbook ‘Advan Media Arabic’. In: The 8th International Language for Specific Purposes (LSP) Seminar - Aligning Theoretical Knowledge with Professional Practice. pp.223–231.
SYAFE’I, I., 2017. Pondok Pesantren: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), pp.85–103.
SYARIFAH, 2016. Manajemen Kurikulum Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyyah di Pondok Modern Darussalam Gontor. At-Ta’dib, 11(1), pp.53–72.
THU‘AIMAH, R.A., 2001. Manâhij Tadrîs al-Lughah al-‘Arabiyyah bi alTa’lîm al-Asâsî. Kairo: Dâr al-Fikr al-Arabi.
Web Journalist, U., 2015. UNIDA Gontor Memulai Model Pembelajaran Bahasa Arab Online. [online] UNIDA Gontor. Available at: <http://unida.gontor.ac.id/unida-gontor-mulai-membuat-model-pembelajaran-bahasa-arab-online/> [Accessed 9 Oct. 2017].
ZAID, A.H., 2012. Pendekatan Komunikatif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Pengalaman Pondok Modern Darussalam Gontor). At-Ta’dib, 7(2), p.311.
ZARKASYI, I. AND SYUBANI, I., n.d. Durusul Lughah Al-’Arabiyyah. Ponorogo: Trimurti Press.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensi Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)
Penulis yang menerbitkan di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).