Kajian Perencanaan Strategis Sistem Informasi pada Bisnis Ritel Berbasis Metodologi Ward & Peppard : Studi Kasus PT. Gramedia Asri Media

Penulis

Christina Deni Rumiarti, Bagas Ryant Setiawan, I Dewa Made Pranata Wiana

Abstrak

Persaingan global menuntut setiap bisnis melakukan inovasi dalam pemanfaatan sistem dan teknologi informasi (SI/TI) untuk meningkatkan nilai tambah. Alur informasi yang tidak berjalan optimal dapat menjadi kendala bagi bisnis. Terkait hal tersebut, permasalahan yang kemudian menjadi isu penting diantaranya adalah potensi kerugian akibat ketidaksesuaian data stok di sistem inventori dengan stok aktual, serta prioritas pengembangan sistem informasi yang belum terencana dengan matang. Permasalahan tersebut mendorong perlu adanya perencanaan yang matang dan terukur untuk mencapai visi-misi perusahaan. Penelitian ini mengambil studi kasus PT. Gramedia Asri Media yang merupakan salah satu bisnis ritel terbesar di Indonesia. Alur metodologi dalam studi ini terdiri dari analisis bisnis internal, analisis lingkungan bisnis eksternal, analisis lingkungan SI/TI internal, dan analisis lingkungan SI/TI eksternal. Metode yang digunakan untuk menganalisis lingkungan bisnis internal adalah internal value chain, dan Critical Success Factor (CSF), sementara itu analisis PESTLE, five forces, dan eksternal value chain diaplikasikan untuk menganalisis lingkungan bisnis eksternal. Metode yang digunakan untuk menganalisis lingkungan internal SI/TI adalah Portofolio McFarlan, sementara itu studi literatur dan observasi digunakan untuk melakukan analisis lingkungan eksternal SI/TI. Dengan menggunakan metodologi Ward dan Peppard ini, dihasilkan roadmap SI/TI yang selaras dengan kebutuhan bisnis serta dapat dibangun dalam jangka waktu 4 tahun.

Abstract

Global competition requires every business innovates their systems and information technology (IS/IT) to increase their value. The better the information runs, the wider the value increases. Related to that, some problems becoming important matter are potential losses due to the discrepancy of stock data in the inventory system with actual stock, and the priority of information systems development that have not been well planned as well. This situation encourages the need of measurable planning to achieve the company's vision and mission. This study took a case study of PT. Gramedia Asri Media, one of the largest retail business in Indonesia. The methodology applied in this study consists of external business analysis, internal business analysis, external IS/IT analysis, and internal IS/IT analysis. The methods assessed to analyze the internal business are the internal value chain, and the Critical Success Factor (CSF), while the PESTLE, five forces, and external value chain analyzes are applied to analyze the external business environment. Furthermore, the method used to analyze the internal environment of IS / TI is the McFarlan Portfolio, while the literature and observation studies are used to conduct analysis of the IT external environment. Assessing the Ward and Peppard methodology, an IS/IT roadmap is aligned with business needs and can be developed within 4 years.

Kata Kunci


perencanaan strategis; metodologi Ward dan Peppard; value chain; portofolio McFarlan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


FADHILLAH, Y. dan WATERKAMP, J., 2016. Analisa dan Perencanaan Strategis Sistem dan Teknologi Informasi menggunakan Balance Scorecard pada Institut Bisnis Dan Informatika Kwik Kian Gie. Jurnal Sistem Informasi, Volume 12 (Issue 1), 15-29, Jakarta: Universitas Indonesia.

FORBES, 2015. Most Popular: Forbes 20 Best Foreign Retirement Havens For 2015. Retrieved from http://www.forbes.com/pictures/fgjd45eldm/1-computing-everywhere-2/

GORP KOMPAS GRAMEDIA, 2015. Document Performance Contract. Jakarta.

HADI, N.S. dan PRIHADI, L.Y., 2010. Aspek Kepemimpinan dalam Penyelarasan Strategi Bisnis – Strategi SI/TI. Yogyakarta: CIO Gajah Mada University.

HARON, H., SABRI, S. dan ZOLKARNAEN, Z. 2013. A Situtional Analys of Strategic Information System Planning in The Context of a Malaysian SME. Journal of IEEE: 3rd International Conference on Research and Innovation in Information System (ICRISS’13), 539-543.

KARDHA, F.R.D., 2011. Perencanaan Strategis Sistem Informasi pada PT. Batik Danar Hadi menggunakan Ward and Peppard Framework. Perpustakaan Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

MOLLY, B., TANAAMAH, A.R., dan SITOKDANA, M.N.N., 2017. Analisis Kinerja Sistem Informasi dan Teknologi Informasi untuk Menunjang Kinerja Karyawan menggunakan Framework IT Balanced Scorecard (Studi Kasus pada Wi-Fi Universitas Kristen Satya Wacana). Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Volume 4 (No. 4), 318-332. Malang: Universitas Brawijaya.

O’BRIEN, J. dan MARAKAS, G., 2007. Management Information System 8th Edition. Boston: Mc Graw Hill, Inc.

PHAM, T., PHAM D.K. & PHAM A.T., 2013. From Business Strategy to Information Technology Roadmap: A Practical Guide for Executives and Board Members. London: CRC Press.

PRABHU, S., 2012. Perencanaan Strategis Sistem Informasi Ritel Buku: Studi Kasus PT. Gunung Agung Tbk. Perpustakaan Universitas Indonesia, Jakarta: Universitas Indonesia.

PRANOTO, W.J. dan WIDODO, A., 2017. Strategi Penerapan Sistem Computer Based-Test (CBT) pada Seleksi Mahasiswa Baru dengan Metode Ward & Peppard (Studi Kasus di STIKES Muhammadiyah Samarinda). Computatio: Journal of Computer Science and Information Systems, Volume 1 (No. 2), 205-216, Jakarta: Universitas Tarumanegara.

RUMIARTI, C.D. dan BUDI, I., 2016. Segmentasi Pelanggan pada Customer Relationship Management di Perusahaan Ritel: Studi Kasus PT. Gramedia Asri Media. Jurnal Sistem Informasi Volume 13 (No. 1), 1-10. Jakarta: Universitas Indonesia.

WARD, J. L. & PEPPARD, J., 2002. Strategic Planning for Information Systems. New York: John Willey & Sons.




DOI: http://dx.doi.org/10.25126/jtiik.201963926