Rancang Bangun Aplikasi Antrian Poliklinik Berbasis Mobile

Penulis

Rizal Arif Zulfikar, Ahmad Afif Supianto

Abstrak

Antrian konvensional sudah menjadi polemik yang umum di masyarakat. Lamanya proses dan waktu tunggu antrian sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Pada instansi kesehatan seperti rumah sakit dan poliklinik, dimana pasien juga diharuskan mengantri, dapat berpengaruh pada kondisi pasien. Sistem pendaftaran online yang ada hanya menyediakan pengambilan nomor antrian, namun untuk proses menunggu antrian masih harus datang ke lokasi. Sistem yang ditawarkan memiliki kelebihan pada pilihan variasi jadwal poliklinik, dan pemberian informasi antrian yang sedang berjalan. Pada penelitian ini membahas tentang perancangan dan pengembangan sistem antrian poliklinik yang berbasis pada mobile phone, sehingga pengguna dapat mengakses sistem kapanpun dan dimanapun. Perancangan menggunakna metode MVC untuk memisahkan antara data dan tampilan serta cara pemrosesannya. Pengembangan aplikasi menggunakan hybrid mobile web framework yang dapat digunakan untuk pengembangan multiplatform. Pengujian sitem menggunakan White Box, Black Box, dan Usability Testing telah menunjukkan bahwa struktur dan hasil desain sistem dapat diimplementasikan dengan baik, sehingga sistem dapat berjalan sesuai kebutuhan.

 

Abstract

The conventional queue has become a common polemic in society. The length of processes and waiting time of the queue is very disturbing on daily activities. In health agencies such as hospitals and polyclinics, where patients are also required to queue up, may affect the patient's condition. Existing online registration system only provides queue number retrieval, but for the waiting process, the queue still has to come to the location. The offered system has advantages over the choice of polyclinic schedule variations, and the provision of queue information is running. This research discusses the design and development of a polyclinic queuing system based on a mobile phone so that users can access the system anytime and anywhere. The design uses the MVC method to separate data and display and how to process it. Application development using hybrid mobile web framework that can be used for multiplatform development. System validation method is using White Box, Black Box, and Usability Testing has shown that the structure and results of system design can be implemented well, so the system can run as needed.

 

Kata Kunci


Antrian Mobile; Antrian Online; Poliklinik; MVC; White Box Testing

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


ABIDIN, R. 2016. Ionic Framework – Tool Untuk Membuat Aplikasi Mobile Lintas Platform. Retrieved June 21, 2018, from https://teknojurnal.com/ionic-framework-tool-untuk-membuat-aplikasi-mobile-lintas-platform/

BAMBANG S. 2017. Aplikasi Antrian Pendaftaran Pasien Berbasis Desktop. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

BUSTANI, N. M., RATTU, A. J., & SAERANG, J. S. M. 2015. Analisis Lama Waktu Tunggu Pelayanan Pasien Rawat Propinsi Sulawesi Utara, 3. STIKes Surya Mitra Husada

D. V. CHANDRAN, DIYYA P., POOJA G., ARATI G. 2017. Multiple Queue Management With Real Time Tracking For OPD Scheduling In Hospitals. International Journal for Research in Engineering Application & Management (IJREAM), Vol-03, Issue 02, Apr 2017.

IBRAHIM, B. 2017. Modeling Hospital Triage Queuing System. Global Journal of Researches in Engineering , Volume XVII Issue I Version I.

KUNDANG K. J. 2012. Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Antrian Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (PERSERO) TBK. Unit Pasar Timbul. Forum Ilmiah, Volume 9 Nomer 3, September 2012.

LAELIYAH, N., & SUBEKTI, H. 2017. Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan dengan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan di Rawat Jalan RSUD Kabupaten Indramayu. Jurnal Kesehatan Vokasional, 1(2), 102–112. https://doi.org/10.22146/JKESVO.27576

SAEFULLAH, ASEP, DIYAH A, ANDY R. 2014. Sistem Notifikasi Antrian Berbasis Android. Journal Creative Communication and Innovative Technology (CCIT) STMIK Raharja.

SUKMA, B. A., TENGKU, A. R., ROHMAT, T. 2015. Perancangan dan Implementasi Sistem Antrian Untuk Pasien Pada Dokter Umum Berbasis Android dan SMS Gateway. Jurnal Elektro Telekomunikasi Terapan Juli 2015.

SWAPNIL J., MANJUSHA T., 2018. Survey Paper on Patient Treatment Time Prediction in Hospital Queuing Management. International Journal of Engineering Science and Computing, Volume 8 Issue No.1.

SYED S. S. D., UBEDUR R., MAID S.C. 2018. GSM Based Queue Management Device for OPD. International Research Journal of Engineering and Technology, Volume 5 No 4, Apr-2018

TORRY, KOESWO, M., & SUJIANTO. 2016. Faktor yang Mempengaruhi Waktu Tunggu Pelayanan Kesehatan kaitannya dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Klinik penyakit dalam RSUD Dr . Iskak Tulungagung Factors Influencing Service Waiting Times in Relation to Internist Clinic Outpatient ’ s Satisfaction, 29(3), 252–257.

WIYATA. 2016. Rancang Bangun Sistem Informasi Honorarium Mengajar Dosen. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (JTIIK), Vol. 3, No. 1, hlm. 35-42

XIA H., SEAN B., BRUCE G., 2018. Applying queueing theory to the study of emergency department operations: a survey and a discussion of comparable simulation studies. International Transactions In Operational Research. Intl. Trans. In Op. Res. 25 (2018) 7-49.

YEO S., SURESH S., SITI N. B. S. 2013. Application of Smart Technologies for Mobile Patient Appointment System. International Journal of Advanced Trends in Computer Science and Engineering, Volume 2, No.4, July - August 2013




DOI: http://dx.doi.org/10.25126/jtiik.201853891