Penggunaan Metode AHP dan FAHP dalam Pengukuran Kualitas Keamanan Website E-Commerce

Penulis

Eza Rahmanita, Novi Prastiti, Ibnul Jazari

Abstrak

Website e-commerce  yang aman dapat melindungi informasi pengguna atau pelanggan. Sejumlah masalah keamanan e-commerce muncul seiring dengan bertambahnya transaksi. Pada penelitian ini kami menggunakan metode Analytic Hierarchy Process  (AHP) dan Fuzzy Analytic Hierarchy Process (FAHP) dalam pengambilan keputusan. AHP sangat berguna sebagai alat dalam analisis pengambilan keputusan dan telah banyak digunakan dengan baik dalam berbagai bidang seperti evaluasi, assessment, peramalan, pemilihan karyawan, penilai konsep produk, dan lain-lain. Logika Fuzzy digunakan untuk variabel ketidakpastian atau samar, sedangkan AHP tepat dalam mempertimbangkan karakteristik baik kualitatif maupun kuantitatif yang lebih dekat dengan situasi nyata. Dari penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa situs Tokopedia.com sebagai e-commerce terbaik dalam segi keamanan website, karena semua e-commerce pada tools secure web test memperoleh nilai yang sama, dan pada tools asafa web menduduki peringkat 1 serta pada tools observatory menduduki peringkat 2.

 

Abstract

 

Website e-commerce which secure can protect the information of users or costumers. A number of security problem e-commerce appears along with transaction. In this research we used Analytic Hierarchy Process (AHP) and Fuzzy Analytic Hierarchy Process (FAHP) method. Ahp is very useful as tools in taking decision analysis and have used well in various areas such as evaluation, assessment, prediction, employee selection, concept’s rating, product and etc. Logic of Fuzzy used to uncertainty variable or vague, whereas AHP exact in consider the characteristic even if qualitative and quantitative which nearer with the real situation. From the research that has done, it is known that the site of Tokopedia.com as e-commerce is the best in website security side, because all of e-commerce at tools secure web test gained the same value, and at tools asafa web occupy ranking 1, and at tools observatory occupy ranking 2.

Kata Kunci


website; e-commerce; AHP; FAHP

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.25126/jtiik.201853816