Penerapan Game Design Document dalam Perancangan Game Edukasi yang Interaktif untuk Menarik Minat Siswa dalam Belajar Bahasa Inggris

Penulis

Sri Lestari Rahayu, Fujiati Fujiati

Abstrak

Pentingnya belajar bahasa inggris pada usia dini dikarenakan bahasa inggris merupakan bahasa internasional. Metode belajar pada anak usia dini adalah belajar sambil bermain, anak-anak juga akan lebih mudah untuk menerima informasi dalam bentuk multimedia. Media pembelajaran yang interaktif akan membantu anak dalam menguasai pelajaran bahasa inggris sejak dini. Pada penelitian ini penulis membuat Game edukasi sebagai media pembelajaran yang interaktif. Dalam pembuatan game edukasi yang interaktif dibutuhkan perancangan Game Desain Document. Pada saat anak belajar dengan metode konvensional maka anak akan susah memahami dan cepat bosan karena anak belajar dari buku dan mendengarkan guru menjelaskan tetapi dengan adanya game edukasi sebagai media pembelajaran yang interaktif maka diharapkan akan memudahkan anak dalam mempelajari, memahami dan menguasai bahasa asing khususnya bahasa inggris. Aplikasi game yang dibangun menggunakan metode Game Design Document (GDD) dan metode perancangannya menggunakan metode waterfall.  Adapun hasil dari penelitian ini berupa aplikasi media pembelajaran dan mendapatkan nilai presentase 80% dari kuesioner yang diisi oleh pengguna.

 

Abstract

The importance of learning English at an early age because English is an international language. The method of learning in early childhood is learning while playing, children will also be easier to receive information in multimedia form. Interactive learning media will help children to master English language lessons early. In this study the author makes educational games as interactive learning media. In making interactive educational games, it is necessary to design a Document Design Game. When the child learns by conventional methods, the child will be difficult to understand and get bored quickly because the child learns from the book and listens to the teacher explaining but with the educational game as an interactive learning media it is expected to facilitate the child in learning, understanding and mastering foreign languages, especially English . Game applications are built using the Game Design Document (GDD) method and the design method uses the waterfall method. The results of this study are in the form of learning media applications and get a percentage value of 80% from the questionnaire filled in by the user.

Kata Kunci


Media Pembelajaran; Interaktif; GDD (Game Design Document); Bahasa Inggris

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


FAUZI, M., RINDA C,. DEWI T,. 2013. Pembuatan Game Edukasi Pengenalan Karies Untuk Anak Usia 6-8 Tahun. Jurnal Algoritma: ISSN :2302-7339 Vol.10 No.15.

DORA, I., RITA W,. SRI P,. 2015. Perancangan Aplikasi Game Edukasi Pembelajaran Anak Usia Dini Menggunakan Linear Congruent method (LCM) Berbasis Android. Jurnal Informatika: ISSN :2477-3786 Vol.6 No.1.

DIAN, WP., PRASITA N,. ERRI WP,. 2016. Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. JIMP: ISSN :2502-5716 Vol.1 No.1.

HIMSYARI, AM., 2017. Game Edukasi Bahasa Indonesia Kelas 1 Sekolah Dasar Berbasis Android Menggunakan DGBL-ID Model. Integer Journal: Vol.2 No.1.

ADE, S., 2010. Perancangan Game “Benar atau Salah” Sebagai Media Pembelajaran Komputer Berbasis Android. Jurnal Telematika: Vol.3 No.1.

PUJI, H., SUYANTO, HANIF A. F., 2015. Perancangan Game Design Document Serious Game Permainan Tradisional Angklek Sleman Yogyakarta.Seminar Nasional Informatika.

HALIMATUS, S., FAHIM N.C.B., ALFIAN Z.K.P, 2017. Analisa Kebutuhan Pada Pembuatan Template Game Design Document. Jurnal Telematika: ISSN: 2085-2347, Vol.9 No.1.

ROSA D., NEVI K. A.., BRAMASTI K., 2015. Identifikasi Kebutuhan Pengguna Untuk Aplikasi Permainan Edukasi Bagi Anak Usia 4 Sampai 6 Tahun. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi: ISSN: 2443-2229, Vol.1 No.1.

AULIA H., M. SUYANTO, SUKOCO., 2017. Perancangan Game Petualangan Membatik Berbasis Model Pembelajaran Teams Games Tournaments. Jurnal Telematika: ISSN: 2442-4528, Vol.10 No.1.

KOMANG A., I GEDE M., GEDE A., 2018. Pengembangan Aplikasi Game Musik Tradisional Bali Megamelan Berbasis Multiplatform: e-ISSN: 2528-6579, Vol.5 No.1.

FORDA, ARNOLDI, 2016, Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Pembelajaran Aksara Lampung “Ajo Dan Atu – Belajar Aksara Lampung”, Berbasis Android Dengan Sistem Multi-Ending Menggunakan Engine Ren’Py. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Vol.3 No.4, hal 238-247




DOI: http://dx.doi.org/10.25126/jtiik.201853694