Pembelajaran 3D Sistem Ekskresi Manusia Berbasis Virtual Reality dan Android

Penulis

  • Dewi Agushinta R. Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Gunadarma http://orcid.org/0000-0002-9858-9655
  • Agung Satria Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.25126/jtiik.201854665

Kata Kunci:

Ginjal Manusia, SDLC, Sistem Ekskresi, Waterfall

Abstrak

Perkembangan dunia pendidikan saat ini sangat sejalan dengan perkembangan teknologi yang mendukung, khususnya perkembangan teknologi ponsel yang sangat cepat. Dalam perkembangan teknologi, salah satu perkembangan tersebut berbasis Virtual Reality. Virtual Reality adalah teknologi yang dibuat agar pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment). Virtual Reality dapat diimplementasikan dalam beberapa bidang, salah satunya yaitu dalam bidang pendidikan. Teknologi pembelajaran dengan teknologi Virtual Reality ini dapat menambah minat pengguna dalam mempelajari suatu informasi. Pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam atau sains, terdapat materi yang berisi tentang ginjal sebagai sistem ekskresi manusia. Untuk mempelajari materi sains misalnya, terutama tentang ginjal sebagai sistem ekskresi manusia, alat yang dipergunakan masih sangat terbatas. Namun, dengan adanya teknologi Virtual Reality dapat digunakan untuk melengkapi media pembelajaran dalam dunia pendidikan. Aplikasi ini berbasis Android dan model objek 3D organ ginjal dibuat menggunakan perangkat lunak Blender, dan Unity 3D untuk membuat Virtual Reality sekaligus juga dijadikan sebagai workspace dan menggunakan metode SDLC Waterfall. Berdasarkan hasil uji coba melalui soal dan data analisis kuesioner dari responden, aplikasi ini memberikan manfaat dan kemudahan para pelajar maupun orang awam untuk mempelajari ginjal manusia sebagai alat sistem ekskresi beserta pencegahan penyakitnya.

 

Abstract

The development of the world of education today is in line with technological developments support, especially the fast development of mobile technology. In the technology development, one such development based on Virtual Reality. Virtual Reality is a technology created for users to interact with a computer-simulated environment. Virtual Reality can be implemented in several fields, one of which is in the field of education. Learning technology with Virtual Reality technology can increase user interest in learning an information. In the subject of natural science or science, there is a material that contains about the kidney as a system of human excretion. To study science materials for example, especially about the kidneys as a system of human excretion, the tools used are still very limited. However, with the Virtual Reality technology can be used to complement the learning media in the world of education. This Android-based application and 3D object model of kidney organ are created using Blender software, and Unity 3D to create Virtual Reality as well as being used as a workspace and using SDLC Waterfall method. Based on the results of the trial through questionnaire data and questionnaire of respondents, this application provides benefits and convenience of students and laymen to study human kidneys as a means of the excretory system along with the prevention of disease.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

ARDISASMITA, A., 2016. Membuat Game Virtual Reality untuk Android Menggunakan Google Cardboard SDK for Unity.

https://www.codepolitan.com/tutorial/membuat-game-virtual-reality-android-menggunakan-google-cardboard-sdk-for-unity. Diakses pada 14 Februari 2017.

ANGGORO, P. D. W., 2018. Kajian Interaksi Pengguna Untuk Navigasi Aplikasi Prambanan VR Berbasis Virtual Reality. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK). Vol. 5, No. 2. pp. 239-246.

BAHAR, N. Y., 2014. Aplikasi Teknologi Virtual Realty Bagi Pelestarian Bangunan Arsitektur. Jurnal Desain Konstruksi. Vol. 13, No. 2. pp. 34-44.

BUDI, I., 2013. Ekskresi - Ginjal.

https://www.youtube.com/watch?v=xMWxlMV7Gmw. Diakses pada 22 Maret 2017.

FIRMANSYAH, R., MAWARDI, A., RIANDI, M.U., 2009. Mudah dan Aktif Belajar Biologi XI. Jakarta : Penerbit Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

KRESNA, G. D., 2016. Virtual Reality dan Perkembangannya.

https://www.codepolitan.com/virtual-reality-dan-perkembangannya. Diakses pada 17 Februari 2017.

RIZALDI, R., KURNIAWATI, A., ANGKOSO, C. V. 2018. Implementasi Metode Euclidean Distance Untuk Rekomendasi Ukuran Pakaian Pada Aplikasi Ruang Ganti Virtual. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK). Vol. 5, No. 2. pp. 129-138.

ROEDAVAN, R., 2016. Unity Tutorial Game Engine, Edisi revisi. Bandung : Penerbit Informatika.

SAFITRI, RIRIN, HASTUTI, R., 2011. IPA Terpadu untuk SMP & MTs Kelas IX. Surakarta : Penerbit Mediatama.

ZAKI, A., WINARNO, E., 2016. Animasi Karakter dengan Blender dan Unity. Jakarta : Penerbit PT. Elex Media Komputindo.

Diterbitkan

01-10-2018

Terbitan

Bagian

Ilmu Komputer

Cara Mengutip

Pembelajaran 3D Sistem Ekskresi Manusia Berbasis Virtual Reality dan Android. (2018). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(4), 381-388. https://doi.org/10.25126/jtiik.201854665