Penerapan Extreme Programming dalam Membangun Aplikasi Pengaduan Layanan Pelanggan (PaLaPa) pada Perguruan Tinggi

Penulis

Rezania Agramanisti Azdy, Arsia Rini

Abstrak

Aplikasi layanan pengaduan yang diberikan oleh PT umumnya hanya berfokus terhadap pelayanan yang diberikan kepada mahasiswa sebagai pengguna langsung terhadap jasa yang ditawarkan PT. Aplikasi tidak memberikan fasilitas terhadap pengaduan yang diberikan oleh pengguna jasa lainnya, misalnya oleh pengguna lulusan yang ingin memberikan pengaduan mengenai kompetensi lulusan yang dihasilkan agar dapat dijadikan masukan dalam memperbaiki kualitas mahasiswa yang dihasilkan maupun oleh masyarakat sasaran pengabdian masyarakat yang ingin memberikan saran mengenai materi pengabdian yang tidak sesuai dengan proposal kegiatan yang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan membangun sebuah aplikasi berbasis web yang dapat digunakan seluruh pengguna jasa PT untuk melakukan pengaduan. Pembangunan aplikasi menerapkan metodologi rekayasa perangkat lunak agar dapat menghasilkan perangkat lunak tepat waktu. Metodologi yang digunakan adalah Extreme Programming. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan Extreme Programming pada pengembangan aplikasi mengakibatkan pengembangan dapat dilakukan secara cepat dengan jumlah anggota tim yang minimal. Hasil pengujian menggunakan metode black box aplikasi dapat dijalankan sebagaimana mestinya dan memenuhi acceptance criteria pada user story.

 

Abstract

 

The complaint service system owned by College generally only focuses on the students in the improvement of services, this is because students are the direct users of the services offered by the College. Complaints service did not facilitate the complaints which may be given by other service users, such as graduates' user or community targeted in the society devotion activities undertaken by the College lecturer. This research aims to build a web-based application that can be used throughout the service users of the College to conduct complaints. Application development applying software engineering methodologies in order to provide the software on time. The methodology used is Extreme Programming. The result of the research shows that the application of the Extreme Programming in the development of applications resulted in development can be done quickly with a minimal number of the team member. The development can be done quickly because the application development started by building the simplest component in advance, i.e. account verification component, followed by other components. The results of the testing using black box method was the application can be run properly and meets the acceptance criteria on a user story.

 

Kata Kunci


layanan pengaduan; tindakan; rekayasa perangkat lunak

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


ADELIN dan EFFENDI, H., 2017. Aplikasi Audit Mutu Akademik Internal dengan Pendekatan Extreme Programming. Jurnal TI Atma Luhur, [e-journal] 4(1), p.13-24. Tersedia di: [Diakses pada 4 Agustus 2017]

AITKEN A. dan ILANGO, V., 2013. A Comparative Analysis od Traditional Software Engineering and Agile Software Development. Hawaii International Conference on System Sciences, [Online]. Tersedia di: [Diakses pada 4 Agustus 2017]

BAKRI, T., 2016. Aplikasi Pengaduan Pelayanan Prima Resmi Diluncurkan. Website Universitas Tadulako, [Online]. Tersedia di: [Diakses pada 27 Juli 2017]

CHOUDHARI, J. dan SUMAN, U., 2012. Designing RC Story for Software Maintenance and Evolution. Journal of Software, [e-journal] 7(5), p.1103-1108. Tersedia di: [Diakses pada 10 Oktober 2017]

DULLEMOND, K. dan GAMEREN, B.v., 2009. Technological Support for Distributed Agile Development, [M.S. Thesis]. Tersedia di: [Diakses pada 2 September 2017]

FERDIANSYAH, M.S., JASRI, M., dan WIDJIANTO, 2016. Aplikasi Quick Response dalam Melayani Pengaduan Kerusakan Sarana STT Nurul Jadid Berbasis Android dan Web. Prosiding SENTIA 2016, [e-Proceeding] p.A-152-A-157. Tersedia di: [Diakses pada 29 Juli 2017]

GUNAWAN, H. dan AGUSTIAN, I., 2014. Aplikasi Pelayanan Gangguan Listrik Berbasis Web di PLN Rayon Banjaran. Jurnal Informasi, [e-journal] 6(2), p.1-15. Tersedia di: [Diakses pada 29 Juli 2017]

HANNAY, J.E., ARISHOLM, E., ENGVIK, H. dan SJOBERG, D.I., 2010. Effects of Personality on Pair Programming. [Online]. Tersedia di: [Diakses pada 12 November 2017]

MASYA, F., ELVINA dan SIMANJUNTAK, F.M., 2012. Sistem Pelayanan Pengaduan Masyarakat pada Divisi Humas Polri Berbasis Web. Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2012, Yogyakarta, [e-Proceeding]. Tersedia di: [Diakses pada 29 Juli 2017]

PRABOWO, S.A., SHOLIQ dan MUQTADIROH, F.A., 2013. Rancang Bangun Aplikasi Web Inforasi Eksekutif pada Pemerintahan Kabupaten XYZ. Jurnal Teknik POMITS, [e-journal] 2(3), p.A-476-A480. Tersedia di: [Diakses pada 4 Agustus 2017]

RAMADHANI, A.N., ADAM P., Y. dan ADI. T.N., 2015. Pembangunan Aplikasi Web Distribusi Kelompok Tani Katata dengan Menggunakan Metode Extreme Programming. e-Proceeding of Engineering, [e-proceeding] 2(2), p.5445-5452. Tersedia di: [Diakses pada 27 Juli 2017]




DOI: http://dx.doi.org/10.25126/jtiik.201852658