Penerapan Strategi Customer Relationship Management (CRM) Pada Sistem Informasi Pelayanan Pelanggan Studi Kasus : Rumah Kreatif Ogan Ilir Indralaya

Penulis

Shabrina Amatullah, Hidayah Syafitri, Rizki Delima, Ali Ibrahim

Abstrak

Sistem Informasi Pelayanan Pelanggan yang menerapkan strategi Customer Relationship Management (CRM) merupakan alat yang digunakan untuk mendukung pelaksanaan usaha pada Rumah Kreatif Ogan Ilir Indralaya sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pelanggannya. Penerapan strategi CRM ini menggunakan sistem berbasis web yang bisa mengelola data pelanggan, promosi produk, data penjualan produk dan pengelolaan layanan pelanggan yang digunakan untuk menyimpan pertanyaan pelanggan untuk menciptakan hubungan baik dengan pelanggan. Adapun tujuan penerapan strategi CRM pada sistem informasi diatas adalah untuk mempertahankan pelanggan yang telah ada dengan meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap pelayanan. Tingkat kepuasan pelanggan tersebut akan dapat diketahui dari kuesioner yang hasilnya akan digunakan perhitungan metode Servqual (Service Quality). Dengan penerapan strategi Customer Relationship Management pada sistem informasi pelayanan pelanggan ini diharapkan penyajian informasi dan pelayanan dapat lebih cepat dan mudah.

 

Abstract

Customer Service Information System that implements Customer Relationship Management (CRM) strategy is a tool used to drive Creative House Ogan Ilir Indralaya so as to improve the quality of service to its customers. The implementation of this CRM strategy uses a web-based system that can manage customer data, product promotions, product sales data and customer service used for customers. The purpose of the implementation of CRM strategy in information systems is to retain existing customers by increasing customer satisfaction to service. The level of user satisfaction will be known from the questionnaire to be used in the Servqual (Quality of Service) method. With the implementation of Customer Relationship Management strategy in customer service information system expected information and services can be more quickly and easily.

Kata Kunci


CRM; sistem informasi pelayanan pelanggan; kepuasan pelanggan; web; service quality

Teks Lengkap:

PDF