THE IMPLEMENTATION OF CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) ONCUSTOMER SERVICE INFORMATION SYSTEM CASE STUDY: CREATIVE HOUSE OGAN ILIR INDRALAYA
Kata Kunci:
CRM, Customer Service Information Systems, Costumer Satisfaction, Web, Service QualityAbstrak
Customer Service Information System that implements Customer Relationship Management (CRM) strategy is a tool used to drive Creative House Ogan Ilir Indralaya so as to improve the quality of service to its customers. The implementation of this CRM strategy uses a web-based system that can manage customer data, product promotions, product sales data and customer service used for customers. The purpose of the implementation of CRM strategy in information systems is to retain existing customers by increasing customer satisfaction to service. The level of user satisfaction will be known from the questionnaire to be used in the Servqual (Quality of Service) method. With the implementation of Customer Relationship Management strategy in customer service information system expected information and services can be more quickly and easily.
Downloads
Referensi
AFRINA, M., & IBRAHIM, A. 2013. Rancang Bangun Electronic Costumer Relationship Management (E-CRM) Sebagai Sistem Informasi Dalam Peningkatan Layanan Perpustakaan Digital Fakultas Ilmu Komputer Unsri. Jurnal Sistem Informasi (JSI), 5(2), 629–644.
AFRINA, M., & IBRAHIM, A. 2013. Rancang Bangun Electronic Costumer Relationship Management (E-CRM) Sebagai Sistem Informasi Dalam Peningkatan Layanan Perpustakaan Digital Fakultas Ilmu Komputer Unsri. Jurnal Sistem Informasi (JSI), 5(2), 629–644.
CAHYONO, N. 2014. Implementasi Fitur Electronic Customer Relationship Management pada Rekam Medis. Jnteti, 3(3), 168–173.
CARISSA, A. O., FAUZI, A., & KUMADJI, S. 2014. Penerapan Customer Relationship Management ( Crm ) Sebagai Upaya UntukMeningkatkan Loyalitas Pelanggan ( Studi Kasus pada Bandung Sport Distro Malang ). Jurnal Administrasi Bisnis, 15(1).
DYANTINA, O., AFRINA, M., & IBRAHIM, A. 2012. Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Berbasis Web (Studi Kasus Pada Sistem Informasi Pemasaran di Toko YEN-YEN). Sistem Informasi, 4(2), 516–529.
FARDHANI, K. F., RACHMAWATI, I., & PRABOWO, F. S. 2016. Pengaruh Customer Relationship Management ( CRM ) Terhadap Loyalitas Pelanggan English First Samarinda The Effect Of Customer Relationship Management ( Crm ) On Customer ’ S Loyalty Of English First Samarinda. E-Proceeding of Management, 3(2), 986–989.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensi Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)
Penulis yang menerbitkan di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).