Pengembangan Aplikasi Game Musik Tradisional Bali Megamelan Berbasis Multiplatform

Penulis

Komang Aribawa

Abstrak

Gamelan Gong Kebyar merupakan salah satu gamelan baru yang merupakan perkembangan dari Gong Gede yang beberapa instrumennya dihilangkan. Gamelan Gong Kebyar dugunakan untuk mengiringi tari-tarian dan juga untuk menyajikan gending-gending Pategak (musik instrumental). Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengimplementasikan aplikasi game musik tradisional Bali Megamelan berbasis multiplatform. (2) Untuk mengetahui respon pengguna terhadap pengembangan aplikasi game musik tradisional Bali Megamelan berbasis multiplatform. Aplikasi ini dikembangkan menggunakan metode ADDIE (analyze, design, development, implementation & evaluation). Fase pertama yaitu melakukan analisis kebutuhan kemudian dilanjutkan dengan membuat Use Case dan Activity Diagram. Fase kedua melakukan perancangan struktur menu perangkat lunak, Perancangan skenario game dan Perancangan antarmuka aplikasi. Pada fase developmentĀ  akan dilakukan proses pengembangan aplikasi. Pada fase implementasi dilakukan uji coba aplikasi dan pengujian terhadap aplikasi untuk mengetahui apakah aplikasi yang dibangun sudah berjalan dengan baik atau tidak. Fase evaluasi untuk mengukur keberhasilan dari hasil uji coba pada tahap implementasi. Dengan dikembangkannya aplikasi ini, diharapkan masyarakat dapat mengenal dan belajar memainkan gamelan khususnya Gamelan Gong Kebyar. Seluruh Kebutuhan fungsional aplikasi ini telah berhasil diimplementasikan sesuai dengan rancangannya. Secara umum aplikasi mendapatkan respon sangat baik dilihat dari beberapa hasil pengujian angket.

Kata Kunci


Game; Instrumen; Gamelan Gong Kebyar; Multiplatform

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


ANTARA, I. G. (2014). Game Jegog Berbasis Android. Retrieved Maret 14, 2017, from Karmapati: http://pti.undiksha.ac.id/karmapati/publikasi/

DAVID. (2014). Aplikasi Edukasi Music Traditional Arcade Berbasis Android. Retrieved Februari 21, 2017, from http://eprints.binus.ac.id/31395

DIAMIKA, I. W. (2015). Pengembanganaplikasi Instrumen Gamelan Semar Pegulingan Berbasis Android. Retrieved Februari 10, 2017, from http://pti.undiksha.ac.id/karmapati/publikasi/

GALANG, Y. B. (2014). Gamelan Gong Kebyar. Retrieved Maret 21, 2017, from Babad Bali: http://www.babadbali.com/seni/gamelan/ga-gam-gong-kebyar.htm

ISBAT, T. (2014). Pembuatan Musik Tradisional Modern Menggunakan Digital Audio Workstation.

MURUGANANTHAM. (2015). Developing of E-content package by using ADDIE. International Journal of Applied Research.

PRIAWAN, M. Y. (2013). Teknologi, Smartphone, dan Android. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan.

RAI, I. W. (2002). Gong. Denpasar: Bali Mangsi.

SUHARTA, Y. (2011). Signifikansi Bahasa Inggris dalam Proses Belajar-Mengajar. Institut Seni Indonesia Denpasar.

WIBOWO, T. I. (2014). Pembuatan Musik Tradisional Modern Menggunakan Digital Audio Workstation. Retrieved Maret 18, 2017, from http:/repository.amikom.ac.id/files/Publikasi_10.11.4368.pdf

YUDHARTO, P. A. (2010). Perancangan Promosi Produk Edu-Game Melalui Event. Universitas Komputer Indonesia Bandung. Tugas Akhir Semester.




DOI: http://dx.doi.org/10.25126/jtiik.201851493