Perancangan Software Bimbingan dan Pengembangan Karir Siswa dalam Pengambilan Keputusan dan Konsultasi
DOI:
https://doi.org/10.25126/jtiik.201744464Kata Kunci:
Model Software, Certainty Factor, Bimbingan, Pengembangan Karir, Pengambilan KeputusanAbstrak
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini mengemukakan pengembangan model sebuah perangkat lunak konseling siswa untuk melengkapi sebuah media sistem konsultasi bimbingan karir siswa. Perancangan software ini untuk mengkaji diri, mengenal diri sendiri, minat, bakat, kemampuan, pemilihan, penyesuaian sehingga siswa berupaya untuk mempersiapkan diri dengan meningkatkan kemampuan spiritual, pendidikan dan pelatihan, ketrampilan intelektual, ketrampilan berkomunikasi dan inter atau intra personal skill demi kehidupan di masa depan yang berupa alat penelusuran minat bakat berupa bimbingan dan pengembangan karir siswa. Penerapan metode certainty factor dapat merealisasikan jumlah kepercayaan dalam keputusan karir yang diambil dimana faktor kepastian dapat digunakan dengan berbagai kondisi. Dalam penelitian ini harus mengumpulkan nilai certainty factor keseluruhan kondisi yang ada. Penggunaan metode Certainty Factor (CF) dapat menunjukan tingkat kebenaran, keakuratan dari kemungkinan dalam pemilihan karir. Perancangan software bimbingan dan pengembangan karir dapat membantu konselor dalam pemilihan karir yang diminati dengan terlebih dahulu menjawab pertanyaan pada user interface software.
Kata kunci: Model Software, Certainty Factor, Bimbingan, Pengembangan Karir, Pengambilan Keputusan
Abstract
The purpose of this study suggests the development of a model student counseling software to complement a media student career guidance consulting system. The design of this software to assess themselves, know themselves, interests, talents, abilities, selection, adjustment so that students try to prepare themselves by improving spiritual skills, education and training, intellectual skills, communication skills and inter or intra personal skill for life in front in the form of talent interest search tools in the form of guidance and career development of students. The application of the certainty factor method can realize the amount of confidence in the career decision taken where the certainty factor can be used under various conditions. In this research must collect the value of certainty factor overall condition. The use of the Certainty Factor (CF) method can show the degree of truth, the accuracy of the possibilities in career selection. The design of software guidance and career development can help counselors in the selection of careers in interest by first answering questions on the user interface software.
Keywords: Application Model, Conseling, Career Development, Decision Maker, Certainty Factor
Downloads
Referensi
AGUSTINUS, R. K. 2009. Pengembangan Program Bimbingan Konseling Di Universitas Slamet Riyadi, Surakarta.
ANDAYATI, D. 2012. Sistem Pakar Bidang Psikologi. ISSN : 1979-911X, Yogyakarta.
ANUMNU, S. I. 2014. Knowledge Management and Development of Entrepreneurial Skills Among Students in Vocational Technical Institutions in Lagos. Nigeria, The Electronic Journal Knowledge Management, 12(2), 144-154, Available online at www.ejkm.com
ARHAMI, M. 2005. Konsep Sistem Pakar. Yogyakarta, Andi.
FAHLI, M. ZATRA, H. A. Muri, Y. Syahniar. 2013. Perancangan Sistem Pakar Untuk Mengetahui Infertilitas Pada Perempuan Menggunakan Metode Certainty Factor Pemahaman Konselor Sekolah Tentang Tugas Perkembangan Siswa Dan Layanan Yang Diberikan. Padang, Fakultas Ilmu Pendidikan Uneversitas Negeri, 2(1).
HARTONO, JOGIYANTO. 2003. Pengembangan Siste Pakar Menggunakan Visuak Basic. Yogyakarta, Andi.
HATOSS, A., et, al. 2012. Career choices : Linguistic and educational socialization of Sudanese-background hingh-school students in Australia. Elsevier Inc, All rights reserved.
HAYADIN. 2008. Pengambilan Keputusan Profesi Pada Siswa, Junal Teknodika, 8(2).
HURLOCK, ELIZABETH, B. 1980. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Terjemahan oleh Istiwidayanti dan Soedarno. Jakarta, Penerbit Erlangga.
JUWITANINGRUM, I. 2013. Program Bimbingan Karir untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa SMK, Jurnal Bimbingan dan Konseling. PSIKOPEDAGOGIA, II(2), Prodi Bimbingan dan Konseling UAD, ISSN: 2301-6160.
LAKSANA, D. MP. 2013. Modul B. Karir, M. Interaktif, U. Meningkatkan, and K. Siswa, Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1),1–9.
RENATA SARAIVA, et al. 2016. Early Diagnosis of Gastrointestinal Cancer by Using Case-Based and Rule-Based Reasoning. An International Journal Expert Systems With Applications.
SAUD, M. S., et al. 2011. Effective Integration of Information and Communication Technologies (ICTs) in Technical and vocational Education and Training (TVET) toward Knowledge Management in the Canging World of Work. African Journal of Business Management, 5 (16), 6668-6673, Available Online at http://www.academicjournals.org/AJBM ISSN:1993-8233.
SUKADJI, SOETARLINAH, 2000. Psikologi Pendidikan dan Psikologi Sekolah (Direvisi dan Dilengkapi). Depok, Universitas Indonesia.
SYAH, M. M., M. A. Gunawan. 2016. Sistem Pakar Bimbingan dan Konseling Siswa Dengan Metode Certainty Factor Berbasis Web Pada SMAN 1 Ckembar. SNIPTEK, ISBN:978-602-72850-3-3.
TURBAN, E. 1995. Decision Support System and Expert System. Prentice Hall International Inc., USA.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensi Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)
Penulis yang menerbitkan di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).