Rancang Bangun Document Management System Untuk Mengelola Dokumen Standart Operational Procedure

Penulis

I Putu Susila Handika, I Gede Totok Suryawan

Abstrak

Abstrak

Standart Operational Procedure (SOP) merupakan salah satu dokumen penting pada sebuah perusahaan karena berguna untuk meningkatkan mutu perusahaan. PT. Global Retailindo Pratama merupakan salah perusahaan yang bergerak dibidang retail yang menggunakan standart management mutu ISO 9001:2008. Saat ini pengelolaan dokumen SOP pada PT. Global Retailindo Pratama masih menggunakan cara tradisional. Cara tradisional tersebut menimbulkan beberapa masalah diantaranya adalah proses pencarian dan proses distribusi dokumen membutuhkan waktu yang cukup lama. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan membangun Document Management System untuk mengelola dokumen SOP. Model pengembangan sistem yang digunakan pada penelitian ini adalah model prototyping. Aplikasi ini dibangun berbasis web dengan PHP sebagai bahasa pemrogrammannya. Pengujian aplikasi menggunakan Blak Box Testing dan Usability Testing menunjukkan bahwa aplikasi Document Management System dapat berjalan sesuai dengan kebutuhan dan dapat digunakan dengan mudah sehingga proses pengelolaan dokumen SOP menjadi lebih cepat.

Kata kunci: Document Management System, Standart Operational Procedure, Sistem Informasi, PHP.


Abstract

Standard Operational Procedure (SOP) is one important document in a company because it is useful to improve the quality of the company. PT. Global Retailindo Pratama is one of the companies engaged in retail that using standard of quality management ISO 9001: 2008. Currently the management of SOP documents at PT. Global Retailindo Pratama still use manual way. Manual way cause some problems such as the search process and document distribution process takes quite a long time. This research aims to design and build Document Management System to manage SOP documents. The system development model used in this research is prototyping model. This application is built in web-based with PHP as programming language. Testing the application using Blak Box Testing and Usability Testing shows that the Document Management System can run in accordance with the needs and can be used easily so that the process of document management SOP becomes faster.

Keywords: Document Management System, Standart Operational Procedure, Information System, PHP.

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


AELANI, K., & FALAHAH. (2012). Pengukuran Usability Sistem Menggunakan USE Questionaire (Studi Kasus Aplikasi Perwalian Online STIMIK “AMIKBANDUNG”). Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2012 (SNATI 2012).

AGGAENI, P. A., & SUJATMIKO, B. (2013). Sistem Informasi Tugas Akhir Berbasis Web(Studi Kasus D3 Manajemen Informatika TE FT Unesa). Jurnal Manajemen Informatika, 2, 37–45.

NUGROHO, A., BEEH, Y. R., & ASTUNINGDYAS, H. (2010). Perancangan Aplikasi Rencana Anggaran Biaya (RAB) (Studi Kasus Pada Dinas Pekerjaan Umum Kota Salatiga). Jurnal Informatika, 10(1), 10–18.

OKTAVIANI, T. W., WIDYAWAN, & HANTONO, B. S. (2014). Perancangan User Interface Berbasis Web Untuk Home Automation Gateway Yang Berbasis IQRF TR53B. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 271–278.

PRAMANA, R., GUNAWAN, A., & STYORINI, W. (2017). Sistem Informasi Pendeteksi Dini Banjir. Jurnal Aksara Elementer, 2(2).

RAHADI, D. R. (2014). Pengukuran Usability Sistem Menggunakan Use Questionnaire Pada Aplikasi Android. Jurnal Sistem Informasi, 6(1).

RIBEIRO, A., SILVA, A., & SILVA, A. R. DA. (2015). Data Modeling and Data Analytics: A Survey from a Big Data Perspective. Journal of Software Engineering and Applications, 08(12),617. https://doi.org/10.4236/jsea.2015.812058

RISMAYANI, & SY, H. (2015). Implementasi Manajemen Sistem Informasi Siaran Pada Radio Venus FM Makassar. Jurnal Sistem dan Informatika, 0(0).

SANTOSA, M. A. W., WIDHIAWATI, I. A. R., & DIPUTRA, G. A. (2013). Penerapan Standar Sistem Manajemen Mutu (ISO) 9001:2008 Pada Kontraktor PT. Tunas Jaya Sanur. Jurnal Ilimiah Elektro Infrastruktur Teknik Sipil, 2, 1–6.




DOI: http://dx.doi.org/10.25126/jtiik.201743334