Adopsi E-Commerce oleh Konsumen Milenial Pada Produk UMKM Di Kota Subang Menggunakan Model UTAUT In Consumer Contex

Penulis

Rian Piarna, Ferdi Fathurohman

Abstrak

Penelitian ini berfokus pada konsumen milenial yang melakukan belanja online produk UMKM pada e-commerce. Konsumen milenial yang semakin meningkat menjadi peluang bagi UMKM dalam target pemasaran dengan mengetahui bagaimana perilaku dalam berbelanja online. Penelitian ini bertujuan untuk mengkonfirmasi adanya hubungan positif dan signifikan antara (1) performance expectancy, (2) effort expectancy, (3) social influence, (4) facilitating condition, (5) hedonic motivation, (6) price value dan (7) habit terhadap behavioral intention. Adanya hubungan positif dan signifikan antara (8) facilitating condition dan (9) habit terhadap use behavior. Serta hubungan positif dan signifikan antara (10)  behavioral intention berpengaruh signifikan terhadap use behavior. Pada hasil penelitian juga khusus melihat bagaimana usia sebagai variabel moderator mempengaruhi dalam adopsi penggunaan e-commerce. Metode pada penelitian ini  menerapkan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) yang berfokus pada perilaku konsumen. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 150 responden milenial. Pengolahan data menggunakan SMART PLS. Hasilnya menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan anatara social influence dan habit terhadap behavioral intenion. Ada hubungan positif dan signifikan anatara facilitating condition dan habit terhadap use behavior. Serta Ada hubungan positif dan signifikan pada behavioral intention terhadap use behavior. Hasil ini bisa menjadi referensi pelaku UMKM untuk mengembangkan pemasaran dengan mengggunakan media sosial karena konsumen milenial memiliki fasilitas untuk mengakses internet  dalam aktifitasnya serta mudah dipengaruhi oleh lingkungan sosialnya.

 

Abstract

This research focuses on millennial consumers who shop online for MSMEs products on e-commerce. Millennial consumers are increasingly becoming an opportunity for MSMEs in marketing targets by knowing how to behave online shopping. This study aims to confirm the existence of a positive and significant relationship between (1) performance expectancy, (2) effort expectancy, (3) social influence, (4) facilitating conditions, (5) hedonic motivation, (6) price value and (7) habit of behavioral intention. There is a positive and significant relationship between (8) facilitating conditions and (9) habits on use behavior. And a positive and significant relationship between (10) behavioral intention has a significant effect on use behavior. The research also specifically looks at how age as a moderating variable influences adoption of e-commerce. The method in this study applies the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) model that focuses on consumer behavior. The sample in this study were 150 millennial respondents. Data processing using PLS SMART. The results show that there is a positive and significant relationship between social influence and habit on behavioral intention. There is a positive and significant relationship between facilitating conditions and habits on use behavior. And there is a positive and significant relationship between behavioral intention and use behavior. These results can be a reference for SMEs to develop marketing by using social media because millennial consumers have the facility to access the internet in their activities and are easily influenced by their social environment.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alvara Research Center. (2017). The Urban Middle-Class Millenials Indonesia. 40. Retrieved from http://alvara-strategic.com/wp-content/uploads/whitepaper/The-Urban-Middle-Class-Millenials.pdf

Association of Indonesian Internet Service Providers. (2017). Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2017. Penetrasi Dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia, 1–39. Retrieved from https://web.kominfo.go.id/sites/default/files/Laporan Survei APJII_2017_v1.3.pdf

AZIZ, M. (2016). Akses Digital Generasi Milenial. Retrieved from https://www.timesindonesia.co.id/read/136748/20161116/112713/akses-digital-generasi-milenial/

Bank Indonesia. (2015). Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Kerjasama LPPI Dengan Bank Indonesia Tahun 2015.

BRAM. (2017). UMKM : Para Pejuang Perang Ekonomi Bangsa + INFOGRAFIS. Retrieved from https://www.pemoeda.co.id/blog/umkm

HAIR, J. F., HULT, G. T. M., RINGLE, C. M., & SARSTEDT, M. (2015). A primer on partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM). In International Journal of Research & Method in Education (Vol. 38).

https://doi.org/10.1080/1743727x.2015.1005806

KAMAL, R. M., & AZIS, E. (2015). Adopsi Teknologi Internet Oleh Konsumen Umkm Indonesia Untuk Berbelanja Online ( Studi Pada Situs Tokopedia.Com Tahun 2015 ). 2(3), 2451–2458.

Kemenpppa. (2017). Hari Kependudukan Dunia 2017: Masa Depan Demografi Indonesia Dan Keseimbangan Pertumbuhan Penduduk. Retrieved from https://www.kemenpppa.go.id/index.php/page/read/29/1445/hari-kependudukan-dunia-2017-masa-depan-demografi-indonesia-dan-keseimbangan-pertumbuhan-penduduk

Kominfo. (2016). Ekonomi Digital Untuk Indonesia Lebih Sejahtera. Retrieved from https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/8480/ekonomi-digital-untuk-indonesia-lebih-sejahtera/0/infografis

MEGADEWANDANU, S., SUYOTO, & PRANOWO. (2017). Exploring mobile wallet adoption in Indonesia using UTAUT2: An approach from consumer perspective. Proceedings - 2016 2nd International Conference on Science and Technology-Computer, ICST 2016, 11–16. https://doi.org/10.1109/ICSTC.2016.7877340

PIARNA, R., & FERDI, F. (2018). Adopsi E-Commerce Pada UMKM Di Kota Subang Menggunakan Model UTAUT. Jurnal Ilmiah Ilmu Dan Teknologi Rekayasa, 1 Nomor 2, 63.

PUTRA, G., & ARIYANTI, M. (2017). Pengaruh Faktor-Faktor Dalam Modified Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (Utaut 2) Terhadap Niat Prospective Users Untuk Mengadopsi Home Digital Services Pt. Telkom Di Surabaya. Jurnal Manajemen Indonesia, 14(1), 59. https://doi.org/10.25124/jmi.v14i1.352

RAMDHANI, A. B., RACHMAWATI, I., SIDIQ, F., & PRABOWO, A. (2017). Pengaruh Adopsi Teknologi Layanan Uang Elektronik Telkomsel Cash Menggunakan Pendekatan Utaut2 the Effect of Technology Adoption Electronic Money Services Telkomsel Cash Using Utaut2. E-Proceeding of Management, 4(1), 53.

SAPUTRA, P. (2018). Orang Indonesia Paling Gemar Belanja Fesyen dan Wisata secara Online. Retrieved from https://katadata.co.id/infografik/2018/02/07/orang-indonesia-paling-gemar-belanja-fesyen-dan-wisata-secara-online

SOFYANI, H. (2015). Modul Praktik Partial Least Square ( PLS ). Jurnal UMY.

SULIANTA, F. (2012). Smart Online Marketer. Andi Offset.

VENKATESH, V., THONG, J. Y. L., & XU, X. (2012). Consumer acceptance and use of information technology: Extending the unified theory of acceptance and use of technology. MIS Quarterly: Management Information Systems, 36(1), 157–178. https://doi.org/10.2307/41410412

WINARKO, B., & MAHADEWI, L. (2013). Tinjauan Beberapa Model Teori Dasar Adopsi Teknologi Baru. Media Bisnis.

WONG, J. (2013). Internet Marketing For Beginners. PT. Elex Media Komputindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.25126/jtiik.2020712635