Analisis Kesiapan Kerja Mahasiwa di Era Revolusi Industri 4.0 Menggunakan Soft - System Methodology

Penulis

Anthony Anthony, Eko Sediyono, Ade Iriani

Abstrak

Revolusi industri 4.0 membawa dampak yang cukup besar untuk sekarang ini, seperti untuk pekerjaan dan pendidikan. Banyak siswa ditemukan sekarang, berkuliah tidak sesuai dengan minat dan bakat mereka, salah di jurusan mereka atau tidak memiliki basis pengetahuan yang cukup, sehingga membuat mereka terlihat seperti tidak memiliki niat mengikuti kuliah. Hal ini menjadi salah satu hambatan untuk mahasiswa dalam mempersiapkan diri lebih baik sebelum memasuki dunia kerja. Dari permasalahan diatas, peneliti menggunakan pendekatan Soft-System Methodology (SSM) untuk mendeskripsikan masalah kesiapan kerja mahasiswa di era Revolusi Industri 4.0. Untuk mendukung penelitian ini, peneliti juga menerapkan literasi revolusi industri 4.0 yang dapat digunakan oleh mahasiswa agar semakin siap menghadapi dunia kerja industri 4.0. Untuk data collection dalam penelitian ini, dilakukan dengan teknik observasi, wawancara serta penyebaran angket. Selanjutnya setelah proses SSM dilakukan peneliti melakukan analisa statistik dari data angket yang telah disebarkan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui berapa banyak mahasiswa yang sudah siap dan kurang siap.  Hasil dari penelitian ini adalah solusi serta rekomendasi mengenai tindakan yang perlu dilakukan mahasiswa agar lebih siap memasuki dunia kerja revolusi industri 4.0

 

Abstract

Industrial Revolution 4.0 brings considerable impacts for now, such as for work and education. Many students are found studying in the major that is not suitable with their interest and talent, take the wrong major, or don’t have sufficient basic knowledge. Therefore it makes them seem not to have intention in following the lectures. It becomes an obstacle for the university students to prepare themselves better before entering the workforce. From the above problems, the researcher uses Soft System Methodology approach to describe the working readiness of university students in Industrial Revolution 4.0 era. In order to support this research, the researcher also applies Industrial Revolution 4.0 literacy which can be used by the students to make them better prepared to face the workforce of Industrial Revolution 4.0. Meanwhile for the data collection in this research, it is done by observation, interview and questionnaire. Furthermore, after SSM process is done, the researcher conducts statistical analysis from the questionnaire that has been spread before. It is intended to find out how many students are ready and not ready. Result of this research is solutions and recommendations about actions that should be taken by the students to be more prepared to enter the workforce of Industrial Revolution 4.0.

 

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Burge, S., 2015. An overview of the soft systems methodology. Burgue Hughes Walsh, pp.1-14.

Herlambang, Y., 2015. Peran Kreativitas Generasi Muda Dalam Industri Kreatif Terhadap Kemajuan Bangsa. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi (Tematik), 2(1), pp.61-71.

Herman, M., Pentek, T., dan Otto, B., 2016. Design Principles for Industrie 4.0 Scenarios: A Literature Review. Hawaii International Conference on System Sciences (HICSS), pp. 3928--3937.

Hidayah, R., Salimi, M. and Susiani, T.S., 2017. Critical Thinking Skill: Konsep Dan Inidikator Penilaian. TAMAN CENDEKIA: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 1(2), pp.127-133.

Iriani, A. dan Manongga. D., 2018. Using Soft Systems Methodology (SSM) In Understanding The Problem Of Cheating In The National Examination. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, vol. 96 No.11, pp. 3344-3355, 2018.

Lai, E.R., 2011. Collaboration: A literature review. Pearson Research Report, 2.

Merkel, A., 2014. Speech by Federal Chancellor Angela Merkel to the OECD Conference.[Online]. Available at : https://www.bundesregierung.de/Content/EN/Reden/2014/2014-02-19-oecd-merkel-paris_en.html

[Accessed 18 Mei 2019].

Mufid, M., 2012. Etika dan filsafat komunikasi. Prenada Media.

Munazilin, A., 2013. Implementasi Sistem Pakar Untuk Mengetahui Bakat Anak Melalui Tes WISC (Wechsler Intelligence Scale For Children) Menggunakan Metode Forward Chaining. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 7(1), pp.16-28.

Nugraha, A.E.P., 2017. Analisis prospek dan kemampuan kesiapan kerja (Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi UPGRIS). EQUILIBRIA PENDIDIKAN: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, pp. 1--12, 2017.

Perdana, E.M., Manongga, D., dan Iriani, A., .2019. Development of Knowledge Management In Senior High School Using Soft System Methodology with Conceptual Model. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), vol. 6 no 2, pp. 168-178.

Purnamasari, D., 2013. Faktor-faktor yang mempengaruhi kecurangan akademik pada mahasiswa. Educational Psychology Journal, 2(1).

Rahayu, N. 2018. Warta Ekonomi. [Online]. Available at: https://www.wartaekonomi.co.id/read205173/apa-itu-revolusi-industri-40.html

[Accessed 18 Mei 2019].

Ristekdikti 1. 2018. Website Sumberdaya Ristekdikti. [Online]. Available at : http://sumberdaya.ristekdikti.go.id/index.php/2018/05/04/formula-4c-untuk-bertahan-pada-era-revolusi-industri-4-0/

[Accessed 15 Mei 2019].

Ristekdikti 2. 2018. Website Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan. [Online]. Avaliable at : https://belmawa.ristekdikti.go.id/2018/01/17/era-revolusi-industri-4-0-perlu-persiapkan-literasi-data-teknologi-dan-sumber-daya-manusia/

[Accessed 15 Mei 2019].

Suharyat, Y., 2009. Hubungan antara sikap, minat dan perilaku manusia. Jurnal Region, vol. 3, no. 1, pp. 1-19.

Widiarini, A.D. 2018. Edukasi Kompas. [Online]. Available at : https://edukasi.kompas.com/read/2018/10/03/17521731/milenial-siap-siap-sambut-revolusi-industri-40

[Accessed 18 Mei 2019].




DOI: http://dx.doi.org/10.25126/jtiik.2020752380