Analisis Perbandingan Metode Regresi Linier Dan Importance Performance Analysis (IPA) Terhadap Kepuasan Pengguna Pada Layanan E-Government Menggunakan Metode WebQual Modifikasi

Penulis

  • Frandika Septa Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  • Anton Yudhana Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  • Abdul Fadlil Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.25126/jtiik.2020752294

Abstrak

Layanan excellent merupakan layanan yang mampu memberikan rasa kepuasan bagi penggunanya, sehingga menimbulkan loyalitas terhadap layanan yang digunakan. Layanan E-Government menjadi penting untuk dilakukan penilaian kualitas layanannya terhadap kepuasan pengguna, karena salah satu tujuan dikembangkannya E-Government adalah memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kualitas layanan E-Government dalam kasus ini website SIMSARPRAS berdasarkan persepsi pengguna dari website SIMSARPRAS, yaitu madrasah dan operator kementerian agama. Jumlah responden adalah 500 orang yang dikumpulkan dari hasil penyebarah kuesioner secara online menggunakan Google Formulir. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode WebQual modifikasi sebagai indikator dalam penyusunan kuesioner secara online, dan metode analisa menggunakan regresi linier berganda dan importance performance analysis (IPA). Hasil kuesioner diolah dan dilakukan pengujian instrumen dengan uji validitas dan uji reliabilitas untuk menunjukkan bahwa kuesioner layak dijadikan sebagai bahan penelitian lebih lanjut untuk dilakukan analisis data. Hasil analisis data diklasifikasikan berdasarkan persentase kepuasan pengguna terhadap layanan webiste SIMSARPRAS dengan tiga klasifikasi, yaitu baik, sedang dan buruk. Hasil analisis data menggunakan regresi linier berganda menunjukkan bahwa website SIMSARPRAS berkualitas sedang, sedangkan dengan IPA website berkualitas baik. Hasil analisis data menggunakan regresi linier berganda diketahui bahwa variabel bebas mampu mempengaruhi kepuasan pengguna sebesar  67,6% dan 32,4% dipengaruhi oleh variabel lainnya, sedangkan hasil dari IPA tingkat kesesuaian sebesar 96,22% dan tingkat kesenjangan antara kinerja dan harapan dari layanan E-Government sebesar –0,12. Hasil dari penelitian ini memberikan kontribusi kepada kementerian agama khususnya sebagai pemilik website SIMSARPRAS untuk dijadikan sebagai bahan referensi dan evaluasi layanan SIMSARPRAS kedepannya.

 

Abstract

Excellent service is a service that provides a sense of satisfaction for its users, thereby giving rise to loyalty to the services used. E-Government services are important to do. E-Government services to user satisfaction, because one of the goals that E-Government is developing to provide maximum service to the community. This study analyzes the level of quality of E-Government services in this case the SIMSARPRAS website based on user perceptions from the SIMSARPRAS website, namely madrasah and operators of the ministry of religion. The number of respondents was 500 people collected from the results of a questionnaire search using Google Forms. The method in this study uses the WebQual modification method as an indicator in testing online questionnaires, and the analysis method uses multiple linear regression and performance analysis of interest (IPA). The results of the questionnaire were processed and tested by an instrument with a validity test and a reliability test to prove the questionnaire was worthy of being used as further research material for data analysis. The results of data analysis are based on the percentage of user satisfaction with the SIMSARPRAS website service with three classifications, namely good, moderate and bad. The results of data analysis using multiple linear regression showed a medium-quality SIMSARPRAS site, whereas with a good quality website IPA. The results of data analysis using multiple linear regression owned by independent variables can increase user satisfaction by 67.6% and 32.4% required by other variables, while the results of the IPA level of suitability are 96.22% and the level is in accordance with the results and expectations of the service E-Government is -0.12. The results of this study contribute to the special ministry of religion as the owner of the SIMSARPRAS website for use as a reference material and SIMSARPRAS service solutions going forward.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

ARIFIN, J., 2017. SPSS 24 untuk Penelitian dan Skripsi. 1st ed. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

BARNES, S.J. AND VIDGEN, R., 2003. Measuring web site quality improvements: A case study of the forum on strategic management knowledge exchange. Industrial Management and Data Systems, 103(5–6), pp.297–309.

CARUANA, A., 2002. Service loyalty The effects of service quality and the mediating role of customer satisfaction. European Journal of Marketing, 36(7/8), pp.811–828.

GHOZALI, I., 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. 8th ed. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

GIYANTI, I. AND SUPARTI, E., 2018. Penilaian Kualitas Aplikasi Halal MUI dengan WebQual 4.0 dan Pengaruhnya terhadap Keputusan Penggunaan. Jurnal Teknik Industri, 13(2), pp.91–98.

HASAN, L., 2014. Evaluating the Usability of Educational Websites Based on Students’ Preferences of Design Characteristics. International Arab Journal of e-Technology, 3(3), pp.179–193.

KEMENPERIN, 2018. Siaran Pers. [online] Available at: <http://www.kemenperin.go.id/artikel/18967/Making-Indonesia-4.0:-Strategi-RI-Masuki-Revolusi-Industri-Ke-4> [Accessed 9 Jan. 2019].

MADRASAH, S.D.S. DAN P., 2018. Buku Panduan SIMSARPRAS Untuk Madrasah. 1st ed. 2.0. [online] Jakarta. Available at: <http://sarprasmadrasah.kemenag.go.id/sarpras/>.

OLIVER, R.L., 1980. A Cognitive Model of the Antecedents and Consequences of Satisfaction Decisions. Journal of Marketing Research, 17(4), pp.460–469.

SANTOSO, B.S., ANWAR, M.F. AND HERMAWATI, S., 2015. Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode WebQual Dan Importance - Performance Analysis (IPA) Pada Situs Kaskus. In: Conference: National Conference on Information Technology and Technical Engineering (CITEE).

SAPUTRA, R.A., SUPRAPTO AND RACHMADI, A., 2018. Penilaian Kualitas Layanan E-Government Dengan Pendekatan Dimensi EGovqual dan Importance Performance Analysis (IPA) (Studi Kasus Pada Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2(5), pp.1794–1802.

SETNEG, 2003. Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-Government.

SUTEJO, D., SOEDIJONO, B.W.A. AND SUNYOTO, A., 2018. Analisis Kualitas Website E-Government Menggunakan Metode Webqual Pada Pemerintah Daerah Morowali. Jurnal Informasi Interaktif, 3(1), pp.9–15.

ZEITHAML, V.A., BERRY, L.L. AND PARASURAMAN, A., 1996. The Behavioral Consequences of Service Quality. Journal of Marketing, 60(2), pp.31–46.

Diterbitkan

08-10-2020

Terbitan

Bagian

Ilmu Komputer

Cara Mengutip

Analisis Perbandingan Metode Regresi Linier Dan Importance Performance Analysis (IPA) Terhadap Kepuasan Pengguna Pada Layanan E-Government Menggunakan Metode WebQual Modifikasi. (2020). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(5), 951-960. https://doi.org/10.25126/jtiik.2020752294