Implementasi Algoritma Genetika Dalam Optimasi Model AHP dan Topsis Untuk Penentuan Kelayakan Pengisian Bibit Ayam Broiler di Kandang Peternak

Penulis

Fita Lathifatul Mu’asyaroh, Wayan Firdaus Mahmudy

Abstrak

Peternakan ayam broiler merupakan salah satu jenis usaha yang paling potensial dikembangkan. Pola yang biasa digunakan dalam pengembangan ayam broiler adalah pola kemitraan inti plasma. Pada pola ini perusahaan mitra meninjau layak tidaknya kandang peternak untuk mendapatkan bibit ayam broiler. Dalam penelitian ini ada beberapa penilaian kriteria yang dilakukan yaitu: riwayat peternak, tinggi kandang, jarak antar kandang, kelembapan, kekuatan kandang dan keamanan. Agar dapat memperoleh penilaian kelayakan kandang yang optimal, penelitian ini menawarkan solusi menggunakan algoritma genetika sebagai algoritma untuk penentuan kandang peternak dalam pengisian bibit ayam broiler. Data yang digunakan dalam penelitian adalah 46 data kandang ayam broiler. Proses algoritma genetika ini menggunakan representasi realcode dengan panjang kromosom sesuai dengan kriteria yang ditentukan, metode crossover yang digunakan adalah extended intermediate crossover, metode mutasi yang digunakan adalah random mutation, dan diseleksi dengan metode elitism. Dari hasil pengujian yang diperoleh parameter optimal yaitu ukuran populasi 105 individu dengan rata-rata fitness sebesar 0,73910, generasi sebanyak 115 dengan rata-rata firness sebesar 0,7610 dan kombinasi cr 0,5 dan mr 0,1 dengan rata-rata fitness sebesar 0,75218. Hasil akhir berupa layak atau tidak layak kandang peternak untuk diisi ayam broiler.

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Adityo, P., 2013. Implementasi Metode AHP untuk Aplikasi Rekomendasi Peringkat Kinerja Guru Pada SMA NEGERI I MAOSPATI. Malang: Tugas Akhir Ilmu Komputer Universitas Brawijaya.

Arnold, A., 2011. Penerapan Algoritma Genetika Pada Penentuan Komposisi Pakan Ayam Petelur. Indonesia: Universitas Pelita Harapan.

Bahari, Mustadjab, M. M., Hanani, N. & Nugroho, B. A., 2012. Analisis contract Farming Usaha Ayam Broiler. p. 109.

Imadudin, 2001. Analisis Kemitraan Pola Perusahaan Inti-Rakyat (PIR) Usaa peternak Ayam Ras Pedaging. Bogor: Jurusan Sosial Ekonomi Industri Peternakan Institite Pertanian Bogor.

Imbar, V. & Jayanti, 2011. Implementasi Algoritma Genetika Pada Aplikasi Penjadwalan Dengan Studi Kasus Pada SMP X. Bandung: Seminar Teknik Informatika dan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Maranatha.

Indra, B. Y., 2013. Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kelayakan Pengisian Bibit Ayam Broiler Dikandang Peternak Menggunakan Metode AHP dan TOPSIS. Malang: Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. Universitas Brawijaya.

Juliyanti, I. M. & I, M., 2011. Pemilihan Guru Berprestasi Menggunakan Metode AHP dan TOPSIS. Yogyakarta, Prosding Seminar NAsional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA Universitas Negeri Yogyakarta.

Kusuma, J. I., Mahmudy, W. F. & Indriati, 2015. Optimasi Komposisi Pakan Sapi Potong Menggunakan Algoritma Genetika. Jurnal Mahasiswa PTIIK Universitas Brawijaya, p. 7.

Lestari, S., 2011. Seleksi Penerimaan Calon Karyawan Menggunakan Metode TOPSIS. Bali: Konferensi Nasional Sistem dan Informatika .

Mahmudy, W. F., 2013. ALgoritma Evolusi. Malang: Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. Universitas Brawijaya.

Mahmudy, WF, Marian, RM & Luong, LHS 2013, 'Modeling and optimization of part type selection and loading problems in flexible manufacturing system using real coded genetic algorithms', International Journal of Electrical, Computer, Electronics and Communication Engineering, vol. 7, no. 4, pp. 251-260.

Maulana, M. L., 2008. Analisis Pendapatan Peternak Ayam Ras Pedaging Pola Kemitraan Inti Plasma.

Nurcholis & Achlison, U., 2014. Sistem Pakar Diagnosa Penyakit dan Hama Tanaman Dengan Metode Forward Chaining Berbasis Multiuser. Semarang: Sekolah Tinggi Elektronik dan Komputer (STEKOM).

Rasyaf & Cahyono, 2004. Pengelolahan Peternakan Unggas Pedaging. Jakarta: Kanisius.

Rasyaf, M., 2003. Peternak Ayam Petelur. Depok: PT. Penebar Swadaya.

Restuputri, B. A., Mahmudy, W. F. & Cholissodin, I., 2014. Optimasi Fungsi Keanggotaan Fuzzy Tsukamoto Dua Tahap Menggunakan Algoritma Genetika Pada Pemilihan Calon Penerima Beasiswa dan BBP-PPA (Studi Kasus: PTIIK Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Mahasiswa PTIIK Universitas Brawijaya, Volume 5, p. 2.

Saaty, T. & Vargas, L., 2006. Decision Making With The Analytic Network Process. United State of America: springer.

Sholikin, H., 2011. Manajemen Pemeliharaan Ayam Broiler di Peternakan UD Hadi PS Kecamatan Nguter Kabupaten Sukoharjo. p. 01.

Yunus, R., 2009. Analisis Efisiensi Usaha Pternakan Ayam Ras Pedaging Pola Kemitraan dan Mandiri di Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah. Semarang: Program PAscasarjana Universitas Diponegoro.




DOI: http://dx.doi.org/10.25126/jtiik.201634206