Sistem Penilaian Otomatis Jawaban Esai Pada Elearning belajardisini.com

Penulis

Eko Sakti Pramukantoro

Abstrak

Abstrak

Pada penelitian sebelumnya dihasilkan sebuah media pembelajaran berbasis gamification, yaitu memadukan konsep game dalam sebuah elearning. Pada sistem tersebut untuk koreksi jawaban uraian pendek(esai) masih dilakukan secara manual. Bertambahnya jumlah pelajar dan banyaknya ujian mengakibatkan pengajar harus meluangkan waktu untuk menilai jawaban soal ujian, sehingga penggunaan e-learning dan tanpa e-learning dari sisi efisiensi waktu tidak ada perbedaan. Oleh karena itu diperlukan sistem penilaian otomatis untuk jawaban esai. Penelitian sebelumnya didapat algoritma cosine similarity yang sesuai dengan kebutuhan sistem elearning tersebut. Dari hasil penelitian tersebut dikembangkan sistem (automated essay scooring )AES dengan algorima cosine similarity dan dilakukan uji perfoma sistem berdasarkan penggunaan CPU, Memori dan  page load time. Proses uji performa server dari dua jenis soal yang diujikan disimpulkan bahwa semakin besar pengguna yang mengakses sistem maka semakin besar juga CPU Usage yang dibutuhkan yaitu paling besar adalah 0,2556 %. Untuk pengujian page load time dan memory usage tidak ditemukan perbedaan yang cukup signifikan ketika sistem digunakan oleh satu pengguna maupun banyak pengguna yaitu antara 0,208392 detik sampai 0,406842 detik untuk page load time dan antara 1,49 % sampai 1,56 % untuk memory usage.

Kata kunci: automated essay scooring, cosine similarity, elearning

Abstract

In a previous research developed a elearning system based on gamification concept, which combines the concept of games in an elearning system. In that system for correction the answer of essay exam) is still done manually. Increasing the number of students and the number of exam makes teachers having to take time to assess the answers to the exam, so using  elearning and without elearning in asessment there is no different esspisially in term time efficiency. Therefore we need an automatic scoring system for the essay. Previous research, said cosine similarity algorithm that fits the needs of the e-learning system. From the results of these studies was developed automated essay scooring system using cosine similarity and examine the performance of the system based on the use of CPU, memory and page load time. The test result shown server performance of the two types of questions that tested concluded that the users accessing the system, the greater the required CPU Usage is at most 0.2556%. For the test page load time and memory usage found no significant difference when the system is used by a single user or multiple users is between 0.208392 seconds to 0.406842 seconds to page load time and between 1.49% to 1.56% for memory usage.

Kata kunci: automated essay scooring, cosine similarity, elearning

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Afandi, A. (2012). Implementasi Algoritma Jaro Winkler Distance Untuk Aplikasi Penilaian Otomatis.

Eko Sakti, M. A. (2016). Comparative Analysis Of String Similarity And Corpus-Based Similarity For Automatic Essay Scoring System On E-Learning Gamification.

Fuat, R. (2011). Sistem Penilaian Uraian Pendek Otomatis pada E-Learning dengan Metode Cosine Similarity.

Gomma, W. (2012). Short Answer Grading Using Similarity and Corpus Based Similarity.

Kurniawan, A. (2014). Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Pencarian Informasi Beasiswa dengan Menggunakan Cosine Similarity.

Sakti, E. (2015). Elearning Berbasis Gamification.

Thada, V. (2013). Comparison of Jaccard, Dice, Cosine Similarity.




DOI: http://dx.doi.org/10.25126/jtiik.201634187