Optimasi Penjadwalan Mata Kuliah Menggunakan Metode Algoritma Genetika dengan Teknik Tournament Selection
DOI:
https://doi.org/10.25126/jtiik.2019611262Abstrak
Abstrak
Bagi sebuah perguruan tinggi, penjadwalan perkuliahan merupakan suatu kegiatan yang sangat penting untuk dapat terlaksananya proses belajar mengajar yang baik. Dimana dalam proses belajar mengajar dapat dilakukan oleh semua pihak yang terkait, bukan hanya bagi dosen yang mengajar, tetapi juga bagi mahasiswa yang mengambil mata kuliah. Dalam penyusunan jadwal, ada beberapa variabel yang mempengaruhi yaitu: ruangan yang tersedia, jumlah mata kuliah yang diselenggarakan, waktu yang ada dan ketersediaan dosen yang mengajar. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah merancang suatu sistem yang dapat membuat atau menyusun jadwal perkulihaan secara teroptimasi. Metode dalam proses pembuatan jadwal perkuliahan secara otomatis pada penelitian ini menggunakan metode algoritma genetika dengan teknik seleksi turnamen. hasil pengujian sistem dapat memberikan kemudahan dan kecepatan kepada user atau Program Studi Teknologi Informasi dalam proses pembuatan atau penyusunan jadwal untuk perkuliahan, yaitu hanya diperlukan waktu sekitar 14,7 menit dibandingkan dengan proses manual yang memerlukan waktu sekitar 2 (dua) hari.
Abstract
For a college, the university course timetabling is is an activity that’s very important for the implementation of good teaching and learning process. In teaching and learning process can be done by all related parties, not only for Lecturers who teach, but also for students who take the course. In the preparation of the schedule, there are several variables that affect the: the available space, the number of courses held, the time available and the availability of lecturers who teach. Therefore, the purpose of this research is to design a system that can create or arrange optimization schedule optimally. Methods in the process of making university course timetabling automatically in this study using genetic algorithm method with tournament selection.
Downloads
Referensi
ABDULLAH, S. AND TURABIEH, H., 2008. Generating University Course Timetable Using Genetic Algorithms and Local Search. pp.254–260.
AL-JARRAH, M.A., AL-SAWALQAH, A.A. AND AL-HAMDAN3, S.F., 2017.
Developing A Course Timetable System For Academic Departments Using Genetic Algorithm. 3(1), pp.25–36.
DUAN, K., FONG, S., SIU, S.W.I., SONG, W. AND ID, S.S.G., 2018. SS symmetry Adaptive Incremental Genetic Algorithm for Task Scheduling in Cloud Environments. pp.1–13.
ER, P., SAYED, S. AND AHMED, A., 2015. Automated Timetable Generator. 1(11), pp.118–121.
KOOY, N.J. VAN DER, 2017. The High School Scheduling Problem : Improving Local Search.
LUKAS, S., ARIBOWO, A. AND MUCHRI, M., 2012. Solving Timetable Problem by Genetic Algorithm and Heuristic Search Case Study: University of Pelita Harapan Timetable. Intech open, 2, p.16.
PUSPANINGRUM, W.A., DJUNAIDY, A. AND VINARTI, R.A., 2013. Penjadwalan Mata Kuliah Menggunakan Algoritma Genetika di Jurusan Sistem Informasi ITS. 2(1), pp.127–131.
RUDOVÁ, H., 2014. University Course Timetabling : From Theory to Practice.
SAHOO, R.K., OJHA, D., MOHAPATRA, D.P. AND PATRA, M.R., 2017. Automatic Generation And Optimization Of Course Timetable Using A Hybrid. 95(1).
SALVI, A., KHANVILKAR, O. AND BALKHANDE, B.W., 2016. Automatic Time-Table Generation System using Genetic Algorithm. 5(3), pp.824–826.
SANI, H.M., 2016. Solving Timetabling problems using Genetic Algorithm Technique. 134(15), pp.33–38.
SCIENCE, C. AND ENGINEERING, S., 2017. Automatic Time Table Generator 1. 7(5), pp.204–211.
SHINDE, S. AND GURAV, S., 2018. Automatic Timetable Generation using Genetic Algorithm. 9(4), pp.19–21.
SHUKLA, A., PANDEY, H.M. AND MEHROTRA, D., 2015. Comparative Review of Selection Techniques in Genetic Algorithm. pp.515–519.
SUHARTONO, E., 2015. Optimasi Penjadwalan Dengan Algoritma Genetika( Studi Kasus di AMIK JTC Semarang ). pp.132–146.
YADAV, S.L. AND SOHAL, A., 2017. Comparative Study of Different Selection Techniques in Genetic Algorithm. International Journal of Science and Mathematics Education, 6(3), pp.251–254.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensi Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)
Penulis yang menerbitkan di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).