Sistem Manajemen Pengetahuan Forum Diskusi Dosen sebagai Sumber Pustaka Kolaborasi

Penulis

Ismi Kaniawulan, M Rafi Muttaqin, Dhiya Ulhaq, Jatira Jatira

Abstrak

Sistem manajemen pengetahuan berbasis teknologi informasi  dalam organisasi  dilakukan sebagai upaya terstruktur dalam mengembangkan pengetahuan untuk meningkatkan asset sumber daya manusia dan  meningkatkan kinerja organisasi.  Efektivitas manajemen pengetahuan merupakan persoalan mendasar dalam setiap organisasi. Manajemen pengetahuan telah diakui sebagai instrumen yang efektif untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas suatu organisasi termasuk di bidang pendidikan. Para ahli menekankan bahwa lembaga pendidikan merupakan pusat akuisisi pengetahuan, namun, banyak lembaga pendidikan di Indonesia yang belum menerapkan manajemen pengetahuan sebagai visi dan misi strategis maupun tujuan secara komprehensif. Dosen merupakan salah satu aset sumber daya internal yang dimiliki perguruan tinggi,  memiliki pengetahuan  objektif dan rasional (tacit knowledge) dan pengetahuan subjektif dan kognitif yang berlandaskan  pengalaman (explicit knowledge). Salah satu penerapan manajemen pengetahuan di organisasi pendidikan tinggi dilakukan dalam forum diskusi dosen. Kendala yang terjadi berkenaan dengan  implementasi manajemen pengetahuan perguruan tinggi adalah belum ada teknologi informasi sebagai media yang digunakan untuk mengakses manajemen pengetahuan. Hal ini mengakibatkan pertukaran pengetahuan dan penyimpanan aset pengetahuan yang dimiliki dosen belum terkelola degan baik. Untuk mewujudkan proses knowledge sharing dan penyimpanan aset pengetahuan dosen maka penelitian ini dilakukan  dengan tujuan  mengembangkan sebuah sistem manajemen pengetahuan untuk forum diskusi dosen yang berfungsi sebagai perpustakaan . Metode Fernadez digunakan untuk memahami proses pengetahun dan organisasi pengetahuan, sedangkan untuk mengembangkan sistem manajemen pengetahuan digunakan metode waterfall. Hasil penelitian ini adalah  sistem manajemen pengetahuan forum diskusi dosen sebagai perpustakaan kolaborasi.

 

Abstract

Knowledge management systems in organizations are carried out as a structured effort to develop knowledge to increase the assets of human resources and improve organizational performance. The effectiveness of knowledge management is a fundamental problem in every organization.Knowledge management has been recognized as an effective instrument for improving the performance and productivity of an organization including in the education sector. Experts emphasize that educational institutions are the center of knowledge acquisition, however, many educational institutions in Indonesia have not implemented knowledge management as a strategic vision and mission in a comprehensive manner. Lecturers are one of the internal resource assets owned by universities, have objective and rational knowledge (tacit knowledge) and experience-based subjective and cognitive knowledge (explicit knowledge).One application of knowledge management in higher education organizations is conducted in lecturer discussion forums. Constraints that occur with regard to the implementation of higher education knowledge management are that there is no information technology as the media used to access knowledge management. This resulted in the exchange of knowledge and storage of knowledge assets owned by lecturers not managed well. To realize the knowledge sharing process and the storage of lecturers' knowledge assets, this research was conducted with the aim of developing a knowledge management system for lecturer discussion forums that function as libraries. The Fernandez method is used to understand the knowledge process and knowledge organization, while to develop a knowledge management system the waterfall method is used. The results of this study are knowledge management systems lecturer discussion forum as a collaboration literature.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


BECERRA-FERNANDEZ, I., & RAJIV SABHERWAL. (2010). Knowledge Manamgement Systems and Processes. M.E. Sharpe, Inc.

CHEN, Z. (2010). Study on Construction of Knowledge Management System Based on Enhancing Core Competence of Industrial Clusters. Journal of Business and Management, (3), 217–223.

https://doi.org/10.5539/ijbm.v5n3p217

DALKIR, K. (2011). Knowledge Management in Theory and Practice. ButterworthHeinemann.

https://doi.org/10.1212/01.CON.0000453321.98131.cc

EVERS, H. D., GERKE, S., & MENKHOFF, T. (2010). Knowledge clusters and knowledge hubs: Designing epistemic landscapes for development. Journal of Knowledge Management. https://doi.org/10.1108/13673271011074836

MENTERI NEGARA PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI. (2011). Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2011 Tentang Pedoman Pelaksanaan Program Manajemen Pengetahuan (Knowledge Management).

NONAKA, I., & TAKEUCHI, H. (1995). The Knowledge Creating Company: How Japanese Companies Create the Dynamics of Innovation. Harvard Business Review. https://doi.org/10.1016/S0168-8278(13)60246-9

PRESSMAN, R. S. (2010). Software Engineering A Practioner’s Approach. McGraw-Hill. https://doi.org/10.1109/6.476732

SALO, N. (2011). Knowledge Management in Education in Indonesia : An Overview. Global Journal of Human Social Science, 11(1), 31–44. https://doi.org/ISSN: 0975-587X

SUKAMTO, R. A., & SHALAHUDDIN, M. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan berbasis objek). Sdlc.

WIJAYA, A. E. (2017). Knowledge Management System Model Pada Forum Diskusi Petani Buah Naga Menggunakan CMS phpBB. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 4(1), 44–51.

YUDHA. (2016). Knowledge Management System (KMS) BPPT dan Seminar Manajemen Pengetahuan. Retrieved from http://kms.bppt.go.id/berita/121-peluncuran-portal-knowledge-management-system-kms-bppt-dan-seminar-manajemen-pengetahuan

ZHAO, R., & ZHANG, C. (2009). A framework for collaborative learning system based on knowledge management. Proceedings of the 1st International Workshop on Education Technology and Computer Science, ETCS 2009, 1, 733–736. https://doi.org/10.1109/ETCS.2009.168