Penjadwalan Perkuliahan dengan Pendekatan Evolutionary Algorithm (Studi Kasus : Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Universitas Brwijaya)

Penulis

  • Satrio Agung Wicaksono
  • R. Arief Setiyawan
  • Budi Darma Setiyawan
  • Ari Hernawan
  • Rizal Setya Perdana

DOI:

https://doi.org/10.25126/jtiik.201412115

Abstrak

Abstrak

Untuk menyusun jadwal kuliah bukanlah sesuatu yang mudah karena terkait aturan-aturan yang ada. Penjadwalan perkuliahan jika dilakukan dengan cara manual tentu saja akan memakan waktu cukup lama. Oleh karena itu pada penelitian ini mencoba untuk melakukan pendekatan menggunakan evolutionary algorithm untuk mempermudah dalam pembuatan jadwal kuliah dengan menerapkan aturan yang berlaku. Kromosom disusun dalam bentuk representasi string dengan susunan yang mewakili hari, jam perkuliahan, ruang dan gedung. Dari beberapa percobaan paremeter yang digunakan, diperoleh hasil optimal pada jumlah individu 100 dan peluang crossover sebesar 75%.

Kata kunci: algoritma evolusi, algoritma genetik, penjadwalan mata kuliah.

Abstract

It is not an easy task to arange academic schedule because it is affected by many constraints. If this scheduling is done manually, it will consume many times. Therefore, this research tries to use the evolutionary algorithm approach to do schedulling by applying the applicable rules. Chromosomes are represented as string, which each of them consist of days, times, rooms, dan the buildings. From some experiments whisch are used in this research, optimal result obtained when use 100 individu in one population and 75% chance of crossover.

Keywords: evolution algorithm, genetic algorithm, class scheduling

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

AL-Milli, N. R., 2010, Hybrid Genetic Algorithms with Great Deluge For Course Timetabling, IJCSNS International Journal of Computer Science and Network Security.

Fatimaa, S & Hosny, M., 2011, A Survey of Genetic Algorithms for the University Timetabling Problem.

Gen, M. & Runwei, C., 1997, Genetic Algorithms And Engineering Design. John Wiley & Sons, Inc. New York.

Mawaddah, N. K., 2006. Penjadwalan Mata Kuliah Menggunakan Algoritma Genetika. Skripsi Ilmu Komputer Brawijaya. Malang.

Setiadi, R., 2001, Pemecahan Masalah Penjadwalan Kuliah dengan Menggunakan Teknik Intelligent Search. Seminar Nasional Kecerdasan Komputasional II 16-17 Oktober 2001, Universitas Indonesia, Jakarta.

Unduhan

Diterbitkan

30-10-2014

Terbitan

Bagian

Teknologi Informasi

Cara Mengutip

Penjadwalan Perkuliahan dengan Pendekatan Evolutionary Algorithm (Studi Kasus : Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Universitas Brwijaya). (2014). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 1(2), 78-82. https://doi.org/10.25126/jtiik.201412115