Perancangan Pengalaman Pengguna Portal Job Fair Sarjana Sakti dengan Pendekatan Human-Centered Design

Penulis

  • Annisah Amalia Universitas Brawijaya, Malang
  • Herman Tolle Universitas Brawijaya, Malang
  • Ratih Kartika Dewi Universitas Brawijaya, Malang

DOI:

https://doi.org/10.25126/jtiik.2022976770

Abstrak

Job fair merupakan kegiatan yang mempertemukan pencari lowongan kerja dengan perusahaan penyedia lowongan kerja pada suatu tempat dan bertujuan untuk mengurangi angka pengangguran pada suatu wilayah. Job fair yang semula diadakan secara luring kini ditiadakan untuk mengurangi dampak penyebaran virus Covid-19. Akibatnya, angka pengangguran di Indonesia menjadi 8,75 juta pada bulan Februari 2021, dimana angka tersebut meningkat 26,26% dari angka pengangguran pada bulan Februari 2020. Untuk menindaklanjuti permasalahan tersebut, Laboratorium Teknologi Media, Game dan Mobile, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya berkolaborasi dengan PT. Indogetjob International Solution menciptakan solusi dengan membangun aplikasi mobile portal job fair Sarjana Sakti. Aplikasi tersebut dilengkapi dengan asesmen soft skills sebagaimana HRD perusahaan melakukan proses rekrutmen. Aplikasi ini dirancang dengan menggunakan pendekatan Human-Centered Design (HCD) karena memiliki strategi desain yang iterative untuk mendapatkan hasil yang diharapkan. Pada tahap evaluasi desain solusi dilakukan dengan melakukan pengujian usability dan user experience kepada 10 partisipan. Hasil pengujian usability pada aspek effectiveness 97,8125%, aspek efficiency 0,079 goals/second dan pada aspek satisfaction 88,25 yang masuk dalam grade A+, kategori acceptable dan termasuk adjective best imaginable. Hasil pengujian User Experience Questionnaire (UEQ) pada skala attractiveness 2.63, skala perspicuity 2.60, skala efficiency 2.75, skala dependability 2.43, skala stimulation 2.68 dan skala novelty 2.45.

 

Abstract

Job fair is an activity that brings job seekers with companies that provide job vacancies in one place together and aims to reduce unemployment in certain areas. Job fair, which is an offline event, has been canceled to reduce the spread of COVID-19 virus. Therefore, the unemployment rate in Indonesia will reach 8.75 million in February 2021, which is an increase of 26.26% from the unemployment rate in February 2020. To overcome this problem, Media, Game and Mobile Technology (MGM) Laboratory, Faculty of Computer Science, Brawijaya University collaborates with PT. Indogetjob International Solution to develop a job fair portal mobile application called Sarjana Sakti. This application is equipped with a soft skill assessment as the company’s HRD recruits. The Human-Centered Design approach method is used in designing this application. This application was designed using the Human-Centered Design approach because it has an iterative design strategy to get the expected results. At the solution design evaluation stage, usability and user experience tests were carried out on 10 participants. The result of usability testing on the aspect of effectiveness is 97.8125%, efficiency aspect is 0.079 goals/second, and on the satisfaction aspect is 88.25 which is included in A+ grade, acceptable category and includes the best imaginable adjective. The results of user experience testing with UEQ on an attractiveness scale of 2.63, a perspicuity scale of 2.60, an efficiency scale of 2.75, a dependability scale of 2.43, a stimulation scale of 2.68, and a novelty scale of 2.45.


Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

ANIESIYAH, A. N., TOLLE, H. & AZ-ZAHRA, H. M. 2011. Perancangan User Experience Aplikasi Pelaporan Keluhan Masyarakat Menggunakan Metode Human-Centered Design. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, II(11), 5503-5511.

BRIGNULL, H. 2016. How to Run an Empathy & User Journey Mapping Workshop. [Online] Tersedia melalui: https://harrybr.medium.com/how-to-run-an-empathy-user-journey-mapping-workshop-813f3737067

BUFE, A. 2021. Push Notification UX: The Full Guide 2021 (Updated). [Online] Tersedia melalui: <https://uxcam.com/blog/push-notification-guide>

Databoks, 2021. Jumlah Pengangguran Capai 8,75 Juta Orang per Februari 2021. [Online] Tersedia melalui: <https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/05/05/jumlah-pengangguran-capai-875-juta-orang-per-februari-2021>

FITRA, L., TOLLE, H., & AZ-ZAHRA, H. M. (2021). Perancangan User Experience Aplikasi Portal Smart City Kota Malang dengan Metode Pendekatan Human-Centered Design. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, V(2), 835-844.

HARLEY, A., 2015. Personas Make Users Memorable for Product Team Members. Nielsen Norman Group

INDRAINI, A., 2021. Duh! Pandemi Bikin Anak Muda Banyak Jadi Pengangguran, Ini Buktinya. [Online] Tersedia melalui: <https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5702450/duh-pandemi-bikin-anak-muda-banyak-jadi-pengangguran-ini-buktinya?_ga=2.241678539.835878680.1632018244-667247780.1604932994>

KRAUSE, R., 2018. Storyboards Help Visualize UX Ideas. [Online] Tersedia melalui: <https://www.nngroup.com/articles/storyboards-visualize-ideas/>

MEHUL, R. 2021. Everything You Need to Know About the Personalization in UX Design. [Online] Tersedia melalui: <https://medium.muz.li/everything-you-need-to-know-about-the-personalization-in-ux-design-72497c0f61f>

MKRTCHYAN, R., 2018. Wireframe, Mockup, Prototype: What is What? [Online] Tersedia melalui: <https://uxplanet.org/wireframe-mockup-prototype-what-is-what-8cf2966e5a8b>

PUTRA, F. P., TEDYYANA, A. (2021). Pendekatan Human Centered Design pada Perancangan User Experience Aplikasi Pemesanan Menu Café. SISTEMASI: Jurnal Sistem Informasi, X(2), 336-345.

RAHAYU, M. I. 2021. Pergi ke Job Fair? Berikut 9 Tips agar Kamu Sukses melamar di Job Fair. [Online] Tersedia melalui: <https://glints.com/id/lowongan/tips-sukses-job-fair/#.YcLFq2hBzb1>

ZULFIKAR, F., 2021. 10 Negara dengan Jumlah Penduduk Terbesar di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?. [Online] Tersedia melalui: <https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5703755/10-negara-dengan-jumlah-penduduk-terbesar-di-dunia-indonesia-nomor-berapa> [Diakses 18 September 2021]

Diterbitkan

29-12-2022

Cara Mengutip

Perancangan Pengalaman Pengguna Portal Job Fair Sarjana Sakti dengan Pendekatan Human-Centered Design. (2022). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 9(7), 1671-1678. https://doi.org/10.25126/jtiik.2022976770