Analisis Keberterimaan Pengguna Taring Dukcapil Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM), Delone & Mclean dan Importance Performance Analysis (IPA)

Penulis

  • Ayu Nyoman Waisantini Winaya Universitas Pendidikan Ganesha, Kabupaten Buleleng
  • Komang Setemen Universitas Pendidikan Ganesha, Kabupaten Buleleng
  • Made WIndu Antara Kesiman Universitas Pendidikan Ganesha, Kabupaten Buleleng

DOI:

https://doi.org/10.25126/jtiik.2022956255

Abstrak

Permohonan layanan Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) di Kota Denpasar setiap harinya rata-rata 400 permohonan, sehingga terjadi penumpukan antrian setiap harinya. Untuk mengatasi hal tersebut Dinas Dukcapil Kota Denpasar mengembangkan aplikasi Taring Dukcapil (Pendaftaran Daring Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil), yaitu sistem informasi yang memfasilitasi layanan administrasi Dukcapil secara daring di Kota Denpasar. Namun pada implementasinya pengaduan terhadap penggunaan aplikasi Taring Dukcapil sangat tinggi. Dengan adanya hal tersebut, maka perlu dilakukan analisis terhadap keberterimaan pengguna aplikasi Taring Dukcapil. Keberterimaan pengguna terhadap penerapan suatu sistem informasi merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi kesuksesan implementasi sebuah sistem informasi. Penelitian ini menggunakan metode Technology Acceptance Model (TAM), DeLone & McLean dan Importance Performance Analysis (IPA). Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Incidental Sampling menggunakan instrumen kuesioner. Responden merupakan masyarakat yang mengambil hasil cetak dokumen di Dinas Dukcapil. Jumlah sampel sebanyak 395 responden, dihasilkan dari rumus Slovin berdasarkan populasi jumlah akun pada Taring Dukcapil sebanyak 33.175 pengguna. Hasil analisis IPA yaitu analisis kesesuaian sebesar 98% dan analisis kesenjangan kinerja terhadap kepentingan pengguna memiliki gap sebesar -0,06 serta analisis kuadran terdapat 2 indikator yang menjadi prioritas peningkatan kinerja. Beberapa rekomendasi yang dihasilkan yaitu menampilkan informasi Standar Operasional Prosedur (SOP) serta menerapkan Tanda Tangan Elektronik (TTE) hingga tingkat Kepala Desa / Lurah.

 

Abstract

Applications for Population and Civil Registry Administration (Dukcapil) services in Denpasar City are an average of 400 applications every day, resulting in a buildup of queues every day. To overcome this, the Denpasar City Dukcapil Service developed the Taring Dukcapil application (Online Registration for Population Administration and Civil Registration), which is an information system that facilitates Dukcapil administration services online in Denpasar City. However, in its implementation, complaints against the use of the Taring Dukcapil application are very high. With this in mind, it is necessary to analyze the user acceptance of the Taring Dukcapil application. User acceptance of the implementation of an information system is one of the important factors that affect the successful implementation of an information system. This study uses the Technology Acceptance Model (TAM), DeLone & McLean and Importance Performance Analysis (IPA) methods. Sampling was done by Incidental Sampling technique using a questionnaire instrument. Respondents are people who take printed documents at the Dukcapil Service. The number of samples is 395 respondents, resulting from the Slovin formula based on the population of 33,175 users accounts at Taring Dukcapil. The results of the IPA analysis, namely the conformity analysis of 98% and the analysis of the performance gap on the interests of the user have a gap of -0.06 and the quadrant analysis there are 2 indicators that are the priority of improving performance. Several recommendations were made, namely displaying information on Standard Operating Procedures (SOP) and applying Electronic Signatures (TTE) to the Village Head/Lurah level.


Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

AENI HIDAYAH, N., HASANATI, N., NOVELA PUTRI, R., FIQRY MUSA, K., NIHAYAH, Z., & MUIN, A. 2020. Analysis Using the Technology Acceptance Model (TAM) and DeLone McLean Information System (DM IS) Success Model of AIS Mobile User Acceptance. 2020 8th International Conference on Cyber and IT Service Management, CITSM 2020. https://doi.org/10.1109/CITSM50537.2020.9268859

AZKIA, H. 2018. Penerapan e-Government Dalam Peningkatan Pelayanan Publik. Universitas Airlangga, 1–12. https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201

BUDIASTUTI, D., & BANDUR, A. 2018. Validitas Dan Reliabilitas Penelitian. Mitra Wacana Media.

FARRAS, F. N. 2020. Pengaruh Kualitas Sistem dan Kualitas Informasi Terhadap Manfaat Bersih Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Menggunakan Model Delone dan McLean (Studi Kasus: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang). 1–116. http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42542

HUDIN, J. M., & RIANA, D. 2020. Penggunaan Smart PLS Untuk Pengujian Model Pada Sistem Informasi. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

ISTHAFANA, M. R. 2019. Analisis kualitas website Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur menggunakan metode webqual 4.0 modifikasi. http://digilib.uinsby.ac.id/38592/

KUDDUS, B. N., DJUNAEDI, A., & NAJIB, W. 2015. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan. Seminar Nasional Ilmu Komputer.

MAHARDIKA, A. A. N. Y. M., & HERYANDA, K. K. 2020. Keberterimaan Dosen FE Undiksha terhadap Pemanfaatan Gawai Seluler dalam Pembelajaran Daring. Seminar Nasional Riset Inovatif, 198–206.

MUTTAQIN, A. Z., & IQBAL, S. 2019. Analisis Dimensi Kesuksesan Layanan Hai DJPB Dengan Pendekatan Model Delone Dan McLean. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Brawijaya.

PANJAITAN, E. S., & HASIBUAN, S. F. 2019. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Manfaat Bersih yang di Mediasi oleh Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Administrasi Kependudukan. 394–399. https://www.prosiding.seminar-id.com/index.php/sensasi/article/view/334

QURAISY, A., & MADYA, S. 2021. Analisis Nonparametrik Mann Whitney Terhadap Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning.

VARIANSI: Journal of Statistics and Its Application on Teaching and Research, 3(1), 51–57. https://doi.org/10.35580/variansiunm23810

WAHYUNI, K. S., SAPUTRA, M. C., & HERLAMBANG, A. D. 2019. Evaluasi Pemanfaatan Aplikasi Pelaporan Orang Asing ( APOA ) Menggunakan Model Kesuksesan DeLone and McLean dan Importance Performance Analysis ( IPA ) ( Studi Kasus : Kantor Imigrasi Kelas I Kota Malang ). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya, 3(1), 1137–1144.

WICAYANI, M. D. 2017. Evaluasi Kualitas Sistem Informasi Pelayanan Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember Menggunakan Metode Webqual 4.0 Dan Importance Performance Analysis (IPA).

WULANDARI, D. 2022. Jurnal Ilmiah Ekonomi Terpadu ( Jimetera ) Pengaruh Fasilitas dan Motivasi Terhadap Hasil Pencapaian Kinerja Pegawai Sekretariat Daerah Kabupaten Aceh Singkil. 2(1), 46–50.

ZAGITA, N. A., ARYADITA, H., & AKURANDA, I. 2019. Evaluasi Kualitas Layanan Sistem Informasi Penduduk Menggunakan Metode E-Govqual Dan IPA ( Studi Kasus Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Pasuruan ). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya, 3(1), 186–195.

Diterbitkan

31-10-2022

Terbitan

Bagian

Ilmu Komputer

Cara Mengutip

Analisis Keberterimaan Pengguna Taring Dukcapil Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM), Delone & Mclean dan Importance Performance Analysis (IPA). (2022). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 9(5), 1091-1100. https://doi.org/10.25126/jtiik.2022956255