Evaluasi Usability dan Perbaikan Antarmuka untuk Meningkatkan User Experience Menggunakan Metode Usability Testing (Studi Kasus: Aplikasi Warga Bali)

Penulis

  • I Made Sukarsa Universitas Udayana, Kabupaten Badung
  • I Putu Wira Buana Universitas Udayana, Kabupaten Badung
  • I Putu Juliarta Arya Utama Universitas Udayana, Kabupaten Badung
  • Ni Wayan Wisswani Politeknik Negeri Bali, Kabupaten Badung

DOI:

https://doi.org/10.25126/jtiik.2022955408

Abstrak

Warga Bali adalah aplikasi lokal yang digunakan untuk mempermudah masyarakat untuk mencari informasi tentang kalender bali. Aplikasi Warga Bali juga merupakan aplikasi yang masih dalam proses pengembangan sehingga harus memperhatikan pengalaman pengguna khususnya aspek usability. Evaluasi usability pada penelitian ini untuk mengukur variabel efektivitas, efisiensi dan kepuasan pengguna dengan menggunakan 20 responden penelitian yang dipilih menggunakan simple random sampling dari masyarakat beragama hindu yang berdomisili di Provinsi Bali. Penelitian ini menggunakan  metode Usability Testing dengan mengkombinasikan teknik Performance Measurement untuk menghitung variabel efektifitas dan efesiensi serta teknik Think Aloud untuk mengevaluasi antarmuka Aplikasi Warga Bali berdasarkan hasil verbalisasi masukan dan masalah yang responden hadapi saat menjalankan skenario tugas. Data dikumpulkan menggunakan skenario tugas yang diberikan dan dari saran perbaikan yang diberikan oleh responden. Responden selanjutnya akan melakukan pengisian kusisioner SUS (System Usability Scale) yang akan digunakan untuk mengukur variabel kepuasan pengguna. Hasil pengujian responden kategori remaja dan dewasa menunjukan bahwa tingkat usability dari variabel efektivitas yang diperoleh sebesar 96% dan 93% yang berarti cukup tinggi, variabel efesiensi memiliki rata – rata 30 detik dan 38 detik, variabel kepuasan pengguna dari kuisioner SUS sebesar 46 dan 51 yang berarti masih dibawah standar nilai SUS yaitu 68 poin. Analisis dengan teknik Think Aloud menghasilkan 49 rekomendasi perbaikan dari Aplikasi Warga Bali. Penelitian selanjutnya dapat melakukan evaluasi lanjutan terhadap desain perbaikan yang telah dibuat. Hasil yang diperoleh oleh peneliti dapat digunakan sebagai acuan oleh pengembang aplikasi Warga Bali dalam melakukan perbaikan dari aspek usability.

 

Abstract

Warga Bali is a local application that is used to make it easier for people to find information about the Balinese calendar. Warga Bali application is also an application that is still in the development process so it must pay attention to the user experience, especially the usability aspect. The usability evaluation in this study was to measure the variables of effectiveness, efficiency and user satisfaction by using 20 research respondents who were selected using simple random sampling from Hindu religious communities domiciled in Bali Province. This study uses the Usability Testing method by combining the Performance Measurement technique to calculate the effectiveness and efficiency variables as well as the Think Aloud technique to evaluate Warga Bali Application interface based on the results of verbalizing input and problems that respondents face when carrying out task scenarios. Data were collected using the given task scenarios and from the suggestions for improvement given by the respondents. Respondents will then fill out the SUS (System Usability Scale) questionnaire which will be used to measure user satisfaction variables. The test results of respondents in the adolescent and adult categories show that the usability level of the effectiveness variable obtained is 96% and 93% which means it is quite high, the efficiency variable has an average of 30 seconds and 38 seconds, the user satisfaction variable from the SUS questionnaire is 46 and 51 which meaning that it is still below the standard SUS score of 68 points. The analysis using the Think Aloud technique resulted in 49 recommendations for improvement from the Warga Bali Application. Further research can carry out further evaluation of the improvement designs that have been made. The results obtained by the researchers can be used as a reference by the Balinese citizen application developers in making improvements from the usability aspect.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

ALFI ROCHMAH PRIMASARI, HERMAN TOLLE, H.M.A.-Z., 2019. Evaluasi Dan Perbaikan User Experience Pada Aplikasi Mobile Muslimnesia Menggunakan Metode Usability Testing Dan User Experience Questionnaire (UEQ): Studi Kasus Pada PT. DOT INDONESIA. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3, hal.6997–7005.

ANTONY, D.A., SINGH, G. DAN LEAVLINE, E.J., 2017. Mobile Application for Student Attendance and Mark Management System. International Journal of Computational Intelligence Research, 13(3), hal.425–432.

ARIESKA, P.K. DAN N.H., 2018. Pemilihan Teknik Sampling Berdasarkan Perhitungan Efisiensi Relatif. Jurnal Statistika, 6(2), hal.166–171.

BALI, W., 2021. Wargabali - Tentang Kami. [daring] Tersedia pada: <http://www.wargabali.com/about-us> [Diakses 27 Jun 2021].

FATAH, D.A., 2020. Evaluasi Usability dan Perbaikan Desain Aplikasi Mobile Menggunakan Usability Testing dengan Pendekatan Human-Centered Design (HCD). Journal of Science and Technology Trunojoyo University, hal.130–143.

FAULKNER, L., 2003. Beyond the five-user assumption: Benefits of increased sample sizes in usability testing. Behavior Research Methods, Instruments, & Computers, hal.379–383.

GUPTA, S., 2015. A Comparative study of Usability Evaluation Methods. International Journal of Computer Trends and Technology (IJCTT), (April 2015).

IKRIMA NUHA ARIFIN, RETNO INDAH ROKHMAWATI, H.T., 2019. Evaluasi dan Perancangan User Interface untuk Meningkatkan User Experience menggunakan Metode Human-Centered Design dan Heuristic Evaluation pada Aplikasi Ezyschool. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Universitas Brawijaya, hal.1725–1732.

JEFF SAURO, P., 2011. MEASURING USABILITY WITH THE SYSTEM USABILITY SCALE (SUS). [daring] Tersedia pada: <https://measuringu.com/sus/> [Diakses 27 Jun 2021].

LUH PUTRI ARI WEDAYANTI, N., KADEK AYU WIRDIANI, N. DAN KETUT ADI PURNAWAN, I., 2019. Evaluasi Aspek Usability pada Aplikasi Simalu Menggunakan Metode Usability Testing. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), 7, hal.113.

MIFSUD, J., 2021. Usability Metrics – A Guide To Quantify The Usability Of Any System. [daring] Tersedia pada: <https://usabilitygeek.com/usability-metrics-a-guide-to-quantify-system-usability/> [Diakses 27 Jun 2021].

PRATAMA, M.I.F., AZ-ZAHRA, H.M. DAN SETIAWAN, N.Y., 2019. Evaluasi Usability Menggunakan Metode Think Aloud dan Heuristic Evaluation pada Aplikasi Mobile Padiciti. Jurnal Ekonomi Dan Teknik Informatika, 2(2), hal.8–9.

SITUMORANG, T.K., 2019. Evaluasi Usability Pada Aplikasi m-KantorPos dengan Menggunakan Metode Usability Testing. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 5, hal.4349–4356.

TANTRI FAJARINI, P., AYU WIRDIANI, N.K. DAN ARYA DHARMAADI, I.P., 2020. Evaluasi Portal Berita Online pada Aspek Usability Menggunakan Heurtistic Evaluation dan Think Aloud. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 7(5), hal.905.

UMAM, F.K., RAMDANI, F. DAN WIJOYO, S.H., 2021. Analisis Perbandingan Tiga Metode Evaluasi Usability Dalam Mencari Permasalahan Usability (Studi Kasus: Aplikasi Situbondo Tera’). 5(2), hal.514–522.

USABILITY.GOV, 2021. Usability Evaluation Methods. [daring] Tersedia pada: <https://www.usability.gov/how-to-and-tools/methods/usability-evaluation/index.html> [Diakses 29 Jun 2021].

WARDHANA ROSETYA SEPTYAWAN, PUSPITASARI DIANA, R.S., 2016. Analisis Sentimen Pada Review Pengguna Aplikasi Mobile Untuk Evaluasi Faktor Usability. Jurnal Sistem dan Informatika, 11, hal.128–136.

YULIYANA, T., ARTHANA, I.K.R. DAN AGUSTINI, K., 2019. Usability Testing pada Aplikasi POTWIS. JST (Jurnal Sains dan Teknologi), 8(1), hal.12.

Diterbitkan

31-10-2022

Terbitan

Bagian

Ilmu Komputer

Cara Mengutip

Evaluasi Usability dan Perbaikan Antarmuka untuk Meningkatkan User Experience Menggunakan Metode Usability Testing (Studi Kasus: Aplikasi Warga Bali). (2022). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 9(5), 1003-1010. https://doi.org/10.25126/jtiik.2022955408