Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis Menggunakan Model Pengembangan Four-D (Studi pada SMK Negeri 1 Rembang)
DOI:
https://doi.org/10.25126/jtiik.2022945299Abstrak
Pandemi Covid-19 menuntut pembelajaran berjalan secara daring. Dalam penelitian ini, peserta didik tidak memiliki sumber belajar khusus sebagai acuan untuk melaksanakan pembelajaran secara daring melalui Whatsapp, Zoom dan Google Classroom. Berdasarkan observasi pada total 3 kelas: 1 kelas memanfaatkan media pembelajaran, sementara 2 kelas lainnya tidak. Dua kelas tanpa media mendapatkan rata-rata lebih rendah dibandingkan dengan kelas dengan media. Pembelajaran dengan media dilaksanakan dengan slide materi dan video yang mengharuskan peserta didik melakukan pengunduhan. Oleh karena itu peneliti mengembangkan media pembelajaran berbasis website yang dapat mengakomodasi pembelajaran secara daring. Peneliti mengembangkan media pembelajaran berbasis website dengan model pengembangan Four-D (define, design, develop, dan disseminate). Berdasarkan hasil validasi kelayakan media dari ahli media, materi, dan instruksional menunjukkan kriteria sangat layak dengan persentase masing-masing 88,7%, 100%, dan 90,77%. Uji coba luas melibatkan 34 peserta didik. Uji coba luas terdiri dari uji efektivitas dan efisiensi media pembelajaran. Hasil uji efektifitas melalui uji wilcoxon membandingkan hasil pretest dan posttest mencapai skor signifikansi 0,001 (<0,05). Uji efisiensi dari skor kuesioner respon media yang meliputi tampilan, bahasa, dan kegunaan dari media mencapai 92,28% (sangat layak). Pada tahap disseminate, peneliti mendapatkan hasil skor respon sebesar 92,03% (sangat layak). Dengan demikian, penggunaan media pembelajaran layak untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran dasar desain grafis kelas X SMK N 1 Rembang.
Abstract
Covid-19 pandemic demands school to implement online learning. In this study, students do not have specific learning resources as reference for their online lessons. Learning outcomes in 2 classes without media get lower score then the class that uses it. Teacher used slides and videos which require students to download. Therefore, in this study the researcher develop a web-based learning media which accommodate online learning. The researcher developed a web-based learning media with Four-D development method (define, design, develop, and disseminate). The validation result from media, material, and instructional experts show very feasible criteria with 88.7%, 100%, and 90.77% score respectively. In order to test the effectiveness and efficiency of learning media, the researcher involved 34 students in general trial. General trial consist of effectivity and efficiency test. Effectivity is measured by comparing pretest and posttest score. Learning media is effective in learning with significance score of 0.001 (<0,05) through wilcoxon test. The efficiency test of the student responses by measuring web view, language use, and usability of media scores reached 92.03% (very feasible). On dissemination stage, the researcher involved 30 students reach score of 92.03% (very feasible). Thus, learning media is feasible for student’s learning process in subject basic graphic design grade X at SMK N 1 Rembang.
Downloads
Referensi
ARIKUNTO, S., 2019. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
DEWI, I. G. A. C., SUJANA, I. W. dan SUNIASIH, N. W., 2019. Korelasi Antara Sikap Tanggung Jawab dalam Menyelesaikan Tugas-Tugas dengan Kompetensi Pengetahuan IPS. International Journal of Elementary Education, Volume 3, pp. 62-69.
LUTFI, A. F. dan USAMAH, A., 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash untuk Mata Pelajaran Fikih dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Islam, Volume 8, pp. 219-232.
MULYATININGSIH, E., 2019. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
MUSTOFA, Z., 2019. Pengaruh Discovery Learning Berbantuan E-Learning dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Tentang Konsentrasi Larutan dan Aplikasinya. Jurnal Teknologi Pendidikan, Volume 07, pp. 14-29.
PUTRA, D. F. dan GIATMAN, 2020. The Development of Interactive Learning Media in Computer and Basic Networks Subject on Computer and Networks Engineering of SMKN 2 Lubuk Basung. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, Volume 3, pp. 50-54.
RUDIANTO, D. dkk., 2020. Pengaruh Hubungan E-learning Dalam Mata Kuliah MAFIKI di Institut Teknologi Sumatera Menggunakan Metode Wilcoxon. Indonesian Journal of Applied Mathematics, Volume 1, pp. 1-5.
RUSMAN, 2018. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: Penerbit Alfabeta.
SADIMAN, A. S., RAHARDJO, R., HARYONO, A. dan H., 2018. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
SAID, H. dan HASANUDDIN, M. I., 2019. Media Pembelajaran Berbasis ICT: Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis ICT Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Parepare: IAIN Parepare Nusantara Press.
SIMARMATA, J., SIBARANI, C. G. G. T. dan SILALAHI, T., 2019.
Pengembangan Media Animasi Berbasis Hybrid Learning. 1 penyunt. Medan: Yayasan Kita Menulis.
SUGIYONO, 2019. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
SUKARDI, dkk., 2019. Effectivity of Online Learning Teaching Materials Model on Innovation Course of Vocational and Technology Eduction. Padang, International Conference on Education, Science and Technology 2019.
WIBAWANTO, H., 2019. Model Integrasi TIK dalam Pembelajaran. Kendari, Universitas Halu Oleo Press.
WULANDARI, D. A., MURNOMO, A., WIBAWANTO, H. dan SURYANTO, A., 2019. Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android pada Mata Pelajaran Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Sultan Trenggono Kota Semarang. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), Volume 6, pp. 577-584.
YUNIATI, E., NURLAELA, L. dan WAHINI, M., 2019. Interactive Web Learning Media Development Improving Basic Pattern Learning Outcomes. Surabaya, 3rd International Conference on Education Innovation (ICEI 2019).
YUSUF, N., SETIYANINGSIH, D. dan LESTARI, N. G., 2020. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Audiovisual Powtoon dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas 1 di SDN Bambu Apus 02. Jakarta, Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, pp. 177-182.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensi Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)
Penulis yang menerbitkan di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).