Implementasi Marketing Automation Menggunakan Metode Search Engine Optimization (SEO) On Page dan Off Page pada Website Berbasis Content Management System (CMS) pada PT. Eltama Prima Indo

Penulis

  • Reyhan Ivandi Universitas Brawijaya, Malang
  • Yusi Tyroni Mursityo Universitas Brawijaya, Malang
  • Widhy Hayuhardhika Nugraha Putra Universitas Brawijaya, Malang

DOI:

https://doi.org/10.25126/jtiik.20231015120

Abstrak

PT Eltama Prima Indo adalah perusahaan yang bergerak pada sektor chemicals yang menyediakan layanan berupa produk cat epoxy, jasa epoxy, coating, dan sandblasting. Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, PT Eltama Prima Indo hendak memaksimalkan teknologi sebagai media pemasaran terutama search engine Google. Hanya saja, PT Eltama Prima Indo belum memiliki halaman atau website yang ditujukan untuk optimalisasi pada search engine. Oleh karena itu, pada penelitian ini dimulai dengan pengembangan website dengan alamat https://www.epoxynesia.com menggunakan Content Management System (CMS) Wordpress. Kemudian dilanjutkan dengan optimalisasi website pada search engine Google menggunakan metode Search Engine Optimization (SEO) on page dan off page. Penelitian ini menggunakan metode research & development untuk pengujian efektivitas implementasi SEO on page dan off page terhadap peringkat kata kunci, performance, dan jumlah visitors epoxynesia.com pada search engine Google. Berdasarkan analisis SEO dan kompetitor, epoxynesia.com diketahui membutuhkan implementasi SEO on page maupun SEO off page untuk menyesuaikan website dengan kaidah dari algoritme Google. Setelah dilakukan analisis, penulis melanjutkan dengan implementasi SEO on page dan off page. Kemudian dilakukan pengujian hasil implementasi menggunakan beberapa tools untuk mengetahui perubahan pada peringkat kata kunci, performance, dan visitors. Berdasarkan hasil pengujian tersebut, terdapat peningkatan pada peringkat kata kunci, performance, dan visitors. Selain itu, peningkatan pada skor authority SEO versi domain authority Moz naik 14 poin. Sedangkan, domain rating versi Ahrefs naik 31 poin.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

ASTONO, RIANTO., 2017. The Book of SEO. Palembang: Gaptex Indo Media.

Brightedge Research, 2019. Channel Report 2019. [online] Tersedia di: <https://videos.brightedge.com/research-report/BrightEdge_ChannelReport2019_FINAL.pdf> [Diakses 2 September 2020]

BUTTLE, FRANCIS., 2009. Customer Relationship Management Concepts and Technologies. USA: Elsevier.

DATAREPORTAL, 2020. Digital 2020: Indonesia. [online] Tersedia di: <https://datareportal.com/reports/digital-2020-indonesia> [Diakses 2 September 2020]

Google, 2010. Google Search Engine Optimization Starter Guide. [online] Tersedia di: <https://static.googleusercontent.com/media/www.google.dk/en/dk/webmasters/docs/search-engine-optimization-starter-guide.pdf> [Diakses 18 April 2021]

LEWANDOWSKI, D, SEBASTIAN S, & NURCE Y., 2021. The influence of search engine optimization on Google's results: A multi-dimensional approach for detecting SEO. In: Association for Computing Machinery, WebSci '21: 13th ACM Web Science Conference 2021. Virtual Event United Kingdom, 21 – 25 Juni 2021. New York, NY, United States: Association for Computing Machinery.

NAGPAL, M., & PETERSEN, J. A., 2020. Keyword Selection Strategies in Search Engine Optimization: How Relevant is Relevance?. Journal of Retailing, [e-journal]. Tersedia melalui: ScienceDirect <https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0022435920300944> [Diakses 3 September 2021]

NASIRUDIN, WIDARDJO., MUNIN., 2012. Blueprint Bisnis Online Ekspansi ke Bisnis Online dengan Mudah dan Aman. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

OLSON, E. M., OLSON, K. M., CZAPLEWSKI, A. J., & KEY, T. M., 2021. Business strategy and the management of digital marketing. Business Horizons, [e-journal] (64/2), 285-293. Tersedia melalui: ScienceDirect <https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0007681320301567> [Diakses 2 September 2021]

SCHWARTZ, ELI., 2021. Product-Led SEO: The Why Behind Building Your Organic Growth Strategy. USA: Houndstooth Press.

SETIAWAN, AGUS., et al., 2020. The Optimization of Website Visibility and Traffic by Implementing Search Engine Optimization (SEO) in Palembang Polytechnic of Tourism. CommIT (Communication & Information Technology) Journal, 14(1), p31-44.

TONKIN, S., WHITMORE, C., & CUTRONI, J., 2011. Performance Marketing with Google Analytics: Strategies And Techniques For Maximizing Online ROI. [e-book] Indianapolis: John Wiley and Sons. Tersedia di: Google Books <https://books.google.co.id/books?id=9Kb2MNcTKTMC> [Diakses 24 September 2020]

TSUEI, H. J., TSAI, W. H., PAN, F. T., & TZENG, G. H., 2020. Improving search engine optimization (SEO) by using hybrid modified MCDM models. Artificial Intelligence Review, [e-journal] (53/1), 1-16. Tersedia melalui: Springer Link <https://link.springer.com/article/10.1007%2Fs10462-018-9644-0> [Diakses 3 September 2021]

Diterbitkan

28-02-2023

Terbitan

Bagian

Ilmu Komputer

Cara Mengutip

Implementasi Marketing Automation Menggunakan Metode Search Engine Optimization (SEO) On Page dan Off Page pada Website Berbasis Content Management System (CMS) pada PT. Eltama Prima Indo. (2023). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 10(1), 77-88. https://doi.org/10.25126/jtiik.20231015120