Pengembangan Tes Bentuk Soal Pilihan Ganda dan Uraian Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Ranah Kognitif Mata Pelajaran Pemrograman Dasar (Studi pada SMK Negeri 12 Malang)

Penulis

  • Meilita Dwi Aryati Universitas Brawijaya, Malang
  • Satrio Hadi Wijoyo Universitas Brawijaya, Malang
  • Admaja Dwi Herlambang Universitas Brawijaya, Malang

DOI:

https://doi.org/10.25126/jtiik.2022934955

Abstrak

Hasil belajar siswa dapat diketahui dengan tes. Dilihat dari survei internasional pada tahun 2018 (PISA), negara Indonesia menempati nilai terendah di Dunia karena soal yang digunakan masih belum mengukur Higher Order Thinking Skillls (HOTS). Pada penelitian ini dilakukan pengembangan tes dengan bentuk soal pilihan ganda dan uraian yang menggunakan indikator HOTS pada ranah kognitif seperti menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6). Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode research and development (R&D) dengan model formative research dari Tessmer, yang terdiri dari 4 tahap pengembangan yaitu preliminary¸ self evaluation, protoyping, dan field test. Hasil tahap preliminary yaitu telah menentukan subjek dan tempat penelitian yang berada di SMK Negeri 12 Malang, namun pelaksanaan pengujian dilakukan secara daring karena adanya Pandemi COVID-19. Tahap self evaluation menghasilkan desain soal yang disebut dengan prototype I. Tahap Prototyping menghasilkan soal yang telah diperbaiki pada uji ahli dan uji one-to-one yang disebut dengan prototype II, pada Uji small group tidak terdapat perbaikan karena mendapatkan respon positif dari peserta didik. Hasil pengujian field test yaitu terkumpul data sebanyak 29 orang, lalu dilakukan penskoran dan analisis kualitas soal. Hasil analisis kognitif peserta didik memiliki rata-rata cukup baik, sedangkan hasil analisis HOTS pada indikator menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta adalah sangat kurang. Hal tersebut disebabkan karena peserta didik tidak mampu menjawab soal dengan baik dan banyak menjawab secara asal-asalan. Oleh karena itu perlu adanya pembiasaan menjawab soal dengan kriteria HOTS agar dapat melatih kognitif dan kemampuan berpikir tingkat tinggi.

 

Abstract

The result of student learning can be known by the test. From the international survey in 2018 (PISA), Indonesia has lowest score in the world, because the questions used still not measured Higher Order Thinking Skills (HOTS). In this study, the development of test was carried out with the type of multiple choice questions and descriptions, using HOTS indicators in the cognitive domain such as analyzing (C4), evaluating (C5), and creating (C6). The method used in this study is research and development (R&D) method with the formative research model from Tessmer, which consist of 4 development stages namely preliminary¸ self evaluation, protoyping, and field test. The result of the preliminary stage has been determined the subject and place of research at SMK Negeri 12 Malang, but the testing was carried out online because of the COVID-19 pandemic. The self-evaluation stage produces questions design called prototype I. The prototyping stage produces questions that have been corrected in the expert test process and one-to-one test was called prototype II, in the small group test there’s no improvement because it gets a positive response from students. The results of the field test were 29 people data was collected then scored and analyzed the quality of the questions. The results of the cognitive analysis of students have a fairly good average, while the results of HOTS analysis on indicators of analyzing, evaluating, and creating are very lacking. This is because students are not able to answer questions well and many answer carelessly. Therefore it is necessary to get used to answering questions with HOTS criteria in order to train cognitive and higher-order thinking skills.


Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

ANDERSON, L.W., KRATHWOHL, D.R. AND BLOOM, B.S., 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. [online] 41(4), p.352. Tersedia di: <http://books.google.com/books?id=JPkXAQAAMAAJ&pgis=1>.

ANGRIANI, A.D., NURSALAM, N., FUADAH, N. AND BAHARUDDIN, B., 2018. Pengembangan Instrumen Tes Untuk Mengukur Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(2), p.211.

APGANENDARIA, H. AND SUJATMIKO, B., 2019. Pengembangan Instrumen Tes Online Menggunakan High Order Thinking Skill (HOTS) Berbasis Moodle Pada Mata Pelajaran Rancang Bangun Jaringan Di SMK Negeri 1 Surabaya. 04, pp.150–155.

ARIFIN, Z., 2009. Evaluasi Pembelajaran. 1st ed. Bandung: PT. REMAJA ROSDAKARYA.

BROOKHART, S.M., 1918. Assess Higher-Order Thingking Skills In Your Classroom. Journal of Education.

FATIMAH, L.U. AND ALFATH, K., 2019. Analisis Kesukaran Soal, Daya Pembeda, Dan Fungsi Distraktor. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 8, pp.37–64.

JANNAH, K. AND PAHLEVI, T., 2020. Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Higher Order Thinking Skills Berbantuan Aplikasi “ Kahoot !” Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Penanganan Surat Masuk dan Surat Keluar Jurusan OTKP di SMK Negeri 2 Buduran. 8(1), pp.108–121.

KEPENDIDIKAN, D. JENDERAL GURU DAN TENAGA, 2018. Buku Pegangan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Berbasi Zonasi. Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan.

Diterbitkan

28-02-2023

Terbitan

Bagian

Ilmu Komputer

Cara Mengutip

Pengembangan Tes Bentuk Soal Pilihan Ganda dan Uraian Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Ranah Kognitif Mata Pelajaran Pemrograman Dasar (Studi pada SMK Negeri 12 Malang). (2023). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 10(1), 1-10. https://doi.org/10.25126/jtiik.2022934955