Pengembangan Sistem Informasi Layanan Dokumen Alumni Politeknik Statistika STIS

Penulis

  • Ni Ketut Ananta Kusuma Dewi Politeknik Statistika STIS, Jakarta Timur
  • Nori Wilantika Politeknik Statistika STIS, Jakarta Timur

DOI:

https://doi.org/10.25126/jtiik.2021864776

Abstrak

Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) Politeknik Statistika STIS bertugas untuk melakukan pelayanan administratif terhadap dosen, pegawai, mahasiswa, dan alumni seperti yang diamanatkan pada Peraturan Kepala Badan Pusat Statistik Nomor 87 Tahun 2017. Pada penelitian ini akan dibahas mengenai pelayanan administratif terhadap alumni berupa pengelolaan permohonan ijazah, transkrip, dan surat-surat kealumnian lainnya. Dalam pengelolaannya, terdapat beberapa masalah yang terjadi baik dari sisi alumni maupun petugas yang melayani. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun sistem informasi yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan agar sesuai dengan standar pelayanan administratif. Sistem informasi dibangun dengan menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC) Waterfall. Hasil penelitian ini yaitu sistem layanan alumni berbasis web yang terdiri dari dua subsistem. Sub sistem alumni atau pemohon menyediakan fitur dashboard, monitoring, pengajuan legalisir/transkrip, pengambilan ijazah/transkrip asli, dan permohonan surat lainnya sedangkan sub sistem petugas fitur pengumuman, daftar permohonan, dan arsip. Semua fitur pada sistem ini telah valid berdasarkan hasil Black-box Testing dan memperoleh skor 73,25 yang berarti sistem masuk dalam kategori baik dan juga dapat diterima bagi pengguna.

 

Abstract

 Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) Politeknik Statistika STIS is tasked with providing administrative services to lecturers, staff, students, and alumni in accordance to Peraturan Kepala Badan Pusat Statistik Nomor 87 Tahun 2017. This research will discuss administrative services for alumni in the form of application management diplomas, transcripts, and other departmental letters. In its management, there are a number of problems that occur both in terms of alumni and serving officers. This research aims to build an information system that can improve service quality to conform to administrative service standards. The information system was built using the System Development Life Cycle (SDLC) Waterfall. The result of this research is a web-based alumni service system consisting of two sub-systems. The alumni sub-system or the applicant provides the dashboard feature, monitoring, legalization/transcript submission, original diploma/transcript, and other letter requests. The officer sub-system features announcements, application lists, and archives. All features in this system are valid based on the Black-box Testing results and get a score of 73,25 which means the system are accepted by users and the category is good.

 


Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

BADAN PUSAT STATISTIK. 2017. Peraturan Kepala Badan Pusat Statistik Nomor 87 Tahun 2017 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Statistika STIS.

BANGOR, A,, KORTUM, P., & MILLER, J., 2009. Determining What Individual SUS Scores Mean: Adding an Adjective Rating Scale. Journal of Usability Use, 4(3), pp.114-123.

BASSIL, Y., 2012. A Simulation Model for the Waterfall Software Development Life Cycle. International Journal of Engineering & Technology (iJET), 2(5).

CHANANI, AL UBAIDILLAH, & THAMRIN H. 2018. Pengembangan Sistem Monitoring Layanan Tata Usaha dan Analisis Kemanfaatannya: Studi Kasus di Fakultas Komunikasi dan Informatika. The 7th University Research Colloqium 2018 STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta, 114-121.

KAMUS BESAR BAHASA INDONESIA DARING 2000. 20 Januari 2020. Diambil dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/

KEMENTERIAN PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI. 2003. Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No. 63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

MOLEONG, L. J., 2012. Metodologi Penelitian Kuanlitatif. Bandung: PT. Remaja.

PRESSMAN, R. S., 2010. Software Engineering: A Practitioner’s Approach (7th ed.). New York: McGraw-Hill.

PRIMASARI, C. H., 2018. Pengembangan Sistem Informasi Portal Alumni dengan Tracer Study dan Survey Pengguna Alumni Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Jurnal Buana Informatika, 9(1), 21-30.

PUJIHASTUTI, I., 2010. Prinsip Penulisan Kuesioner Penelitian. CEFARS: Jurnal Agribisnis dan Pengembangan Wilayah, 2(1), 43-56.

SUTABRI, T., 2012. Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

REPUBLIK INDONESIA, 2009a. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

REPUBLIK INDONESIA, 2009a. Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan. (2009, 23 Oktober).

SUHERMAN, YANNI. 2017. Sistem Informasi Kearsipan Tata Kelola Surat pada Kantor Inspeksi BRI Kota Padang. Jurnal Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi, 1(1), pp.26-33.

WHITTEN, J. L., & BENTLEY, L. D., 2007. Systems Analysis and Design Methods (7th ed.). New York: McGraw-Hill/Irwin.

Diterbitkan

24-02-2022

Terbitan

Bagian

Ilmu Komputer

Cara Mengutip

Pengembangan Sistem Informasi Layanan Dokumen Alumni Politeknik Statistika STIS. (2022). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 9(2), 255-362. https://doi.org/10.25126/jtiik.2021864776