Perancangan User Experience Pada Aplikasi Mobile HomeCare Rumah Sakit Semen Gresik Menggunakan Metode Design Thinking
DOI:
https://doi.org/10.25126/jtiik.2021844550Abstrak
Rumah Sakit Semen Gresik merupakan fasilitas kesehatan yang ada di Kabupaten Gresik dengan akreditasi tingkat paripurna. Rumah Sakit Semen Gresik di kondisi pandemi saat ini mengalami penurunan jumlah pasien dan pendapatan, sehingga Rumah Sakit Semen Gresik berencana untuk menghadirkan layanan kesehatan yang dapat dilakukan di rumah menggunakan aplikasi untuk memudahkan pasien dalam mendapatkan layanan Kesehatan tanpa datang ke rumah sakit. Aplikasi yang dibangun harus memberikan kenyamanan saat digunakan oleh pengguna, maka dari itu perlu adanya rancangan user experience. Design thinking merupakan metode yang digunakan untuk merancang user experience pada aplikasi HomeCare dengan mendefinisikan permasalahan serta memberikan solusi desain yang dapat menyelesaikan permasalahan tersebut. Solusi desain selanjutnya diuji menggunakan user experience questionnaire (UEQ) untuk mengetahui apakah solusi desain yang dirancang sudah menyelesaikan permasalahan yang dialami oleh calon pengguna. Hasil dari pengujian menggunakan UEQ yaitu, untuk aplikasi HomeCare dengan pengguna pasien memiliki nilai mean tiap skala UEQ yang berada pada kategori positif dengan semua skala UEQ berada pada kategori baik kecuali skala dependability yang berada pada kategori sangat baik, sedangkan untuk aplikasi HomeCare Giver dengan pengguna tenaga kesehatan memiliki nilai mean tiap skala UEQ yang juga berada pada kategori positif dengan semua skala UEQ berada pada kategori baik kecuali skala attractiveness dan novelty yang berada pada kategori sangat baik. Sehingga aplikasi HomeCare dan HomeCare Giver memiliki rancangan user experience yang baik.
Abstract
Semen Gresik Hospital is a health facility in Gresik Regency with a paripurna level of accreditation. Semen Gresik Hospital in a pandemic condition is currently experiencing a decrease in the number of patients, so that Semen Gresik Hospital plans to provide health services that can be done at home using an application to make it easier for patients to get health services without coming to the hospital. Applications that are built must provide comfort when used by users, therefore there is a need for a user experience design. Design thinking is a method used to design user experiences on the HomeCare application by defining problems and providing design solutions that can solve these problems. The design solution is then tested using a user experience questionnaire (UEQ) to find out whether the design solution designed has resolved the problems experienced by potential users. The results of the test using UEQ are, for the HomeCare application whose users are patient, the mean value of each UEQ scale is in the positive category with all UEQ scales in the good category except for the dependability scale which is in the very good category, while for the HomeCare Giver application whose the users are health workers, has a mean value of each UEQ scale which is also in the positive category with all UEQ scales in the good category except the attractiveness and novelty scales which are in the very good category. This can be concluded that HomeCare and HomeCare Giver applications have a good user experience design.
Downloads
Referensi
GARRET, J. J., 2003. The Elements of User Experience. 2nd Edition ed. Berkeley: New Riders.
HANDLEY, A., 2018. User flow is the new wireframe. [Online]
Available at: https://uxdesign.cc/when-to-use-user-flows-guide-8b26ca9aa36a
[Accessed 24 November 2020].
INTERACTION DESIGN FOUNDATION, 2019. Stage 2 in the Design Thinking Process: Define the Problem and Interpret the Results. [Online]
[Accessed 14 Oktober 2020].
INTERACTION DESIGN FOUNDATION, 2019. Stage 3 in the Design Thinking Process: Ideate. [Online]
Available at: https://www.interaction-design.org/literature/article/stage-3-in-the-design-thinking-process-ideate
[Accessed 14 Oktober 2020].
INTERACTION DESIGN FOUNDATION, 2020. Stage 1 in the Design Thinking Process: Empathise with Your Users. [Online]
Available at: https://www.interaction-design.org/literature/article/stage-1-in-the-design-thinking-process-empathise-with-your-users
[Accessed 14 Oktober 2020].
INTERACTION DESIGN FOUNDATION, 2020. Stage 4 in the Design Thinking Process: Prototype. [Online]
Available at: https://www.interaction-design.org/literature/article/stage-4-in-the-design-thinking-process-prototype
[Accessed 14 Oktober 2020].
INTERACTION DESIGN FOUNDATION, 2020. Stage 5 in the Design Thinking Process: Test. [Online]
Available at: https://www.interaction-design.org/literature/article/stage-5-in-the-design-thinking-process-test
[Accessed 15 Oktober 2020].
KUSUMAWARDANI, N. et al., 2015. Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan. 1st Edition ed. Sleman: PT Kanisius.
NIELSEN NORMAN GROUP, 2015. Personas Make Users Memorable for Product Team Members. [Online]
Available at: https://www.nngroup.com/articles/persona/
[Accessed 5 Oktober 2020].
NIELSEN NORMAN GROUP, 2018. Empathy Mapping: The First Step in Design Thinking. [Online]
Available at: https://www.nngroup.com/articles/empathy-mapping/
[Accessed 5 Oktober 2020].
PLATTNER, H., MEINEL, C. & LEIFER, L., 2011. Design Thinking Understand - Improve - Apply. Berlin: Springer.
SCHREPP, M., HINDERKS, A. & THOMASCHEWSKI, J., 2017. Construction of a Benchmark for the User Experience Questionnaire (UEQ). International Journal of Interactive Multimedia and Artificial Intelligence, IV(4), pp. 40-44.
SUCAHYO, Y., 2020. Penggalian Informasi Terkait Rumah Sakit Semen Gresik [Interview] (11 Agustus 2020).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensi Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)
Penulis yang menerbitkan di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).