IOT ARCHITECTURE FOR GOURAMY CULTIVATION

Penulis

  • Yupit Sudianto Sistem Informasi - Institut Teknologi Telkom Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.25126/jtiik.0813529

Abstrak

Sektor perikanan di Indonesia memiliki potensi bagus untuk dikembangkan. Dengan pengelolaan yang baik, sektor ini dapat memberikan kontribusi bagi ketahanan pangan nasional dan meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat Indonesia. Salah satu sektor perikanan yang menarik untuk dibudidayakan adalah ikan gurami. Gurami banyak diminati oleh masyarakat dan memiliki harga jual yang stabil. Namun, kendala dalam budidaya gurami adalah pertumbuhan yang lambat, biaya pakan yang tinggi, dan tingkat kelangsungan hidup yang rendah. Seiring dengan perkembangan teknologi internet of things (IoT) dewasa ini, tentunya teknologi ini dapat memberikan solusi bagi pembudidaya gurami untuk mengatasi kendala tersebut. Oleh karena itu, pada penelitian ini diusulkan arsitektur IoT untuk budidaya gurami. Arsitektur IoT yang diusulkan dalam penelitian ini memiliki enam desain yang terdiri dari domain model, business process hierarchy, IoT layer, deployment, information, dan interoperability endpoint. Dengan adanya arsitektur IoT ini diharapkan sistem IoT yang dibangun sesuai dengan kebutuhan pembudidaya gurami serta memudahkan developers untuk membangun dan mengembangkan sistem tersebut.

 

Abstract

The fisheries sector in Indonesia has great potential to be developed. With good management, this sector can contribute to national food security and improve welfare for the people of Indonesia. One of the interesting fisheries sector to be cultivated is gurami. Gurami is much in demand by the public and has a stable selling price. However, growth in gouramy cultivation is slow growth, high food costs, and low survival rates. The development of internet of things (IoT) technology today, this technology can provide solutions for gouramy farmers to overcome these obstacles. Therefore, this research proposes IoT architecture for gouramy cultivation. The IoT architecture proposed in this study has six designs consisting of the domain model, business process hierarchy, IoT layer, deployment, information, and interoperability endpoints. The IoT architecture is expected to build the IoT system in accordance with the needs of gouramy farmers and make it easier for developers to build and develop the system.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

HARDININGSIH, I., 2018. Budidaya Gurami untuk Ketahanan Pangan dan Eradikasi Kemiskinan di Pedesaan: Peluang dan Tantangan. Seminar Nasional Tahunan XV Hasil Penelitian Perikanan dan Kelautan.

JUMAIDI, A., YULIANTO, H. dan EFENDI, E., 2017. Pengaruh Debit Air Terhadap Perbaikan Kualitas Air Pada Sistem Resirkulasi dan Hubungannya dengan Sintasan dan Pertumbuhan Benih Ikan Gurame (Oshpronemus gouramy). e-Jurnal Rekayasa dan Teknologi Budidaya Perairan, 5(2), pp.587–596.

KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN, 2019. Kinerja Pembangunan Kelautan dan Perikanan. (Agustus).

KHUMAIDI, A. dan HIDAYAT, A., 2018. Identifikasi Penyebab Kematian Massal Ikan Gurami (Osphronemus gouramy) Di Sentra Budidaya Ikan Gurami, Desa Beji, Kecamatan Kedung Banteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Journal of Aquaculture Science, 3(2), pp.145–153.

NOOR, S.Y. dan PAKAYA, R., 2018. Pengaruh Penambahan Probiotik EM-4 (Evective Mikroorganism-4) Dalam Pakan Terhadap Pertumbuhan Dan Kelangsungan Hidup Ikan Gurame (Osprhronemus gouramy). Gorontalo Fisheries Journal, 1(1), p.51.

ROHADI, E., ADHITAMA, D.W., ASMARA, R.A., ARIYANTO, R., SIRADJUDDIN, I., RONILAYA, F. dan SETIAWAN, A., 2018. Sistem Monitoring Budidaya Ikan Lele Berbasis Internet of Internet of Things Based Water Monitoring System for Catfish. JTIIK, 5(6), pp.745–750.

TARNADI, A., Gemi, G.S., CAHYANTI, E.D. dan Badriyah, Y.E., 2015. Alat Pencegahan Dini Kematian Ikan dan Udang TERHADAP PERUBAHAN SUHU DAN pH. Pelita - Jurnal Penelitian Mahasiswa UNY, 0(2), pp.1–12.

VERDOUW, C., SUNDMAEKER, H., TEKINERDOGAN, B., CONZON, D. dan MONTANARO, T., 2019. Architecture framework of IoT-based food and farm systems: A multiple case study. Computers and Electronics in Agriculture, [online] 165(April), p.104939.

WIJAYANTI, R., MUARIF, M. dan LESMANA, D., 2019. Tingkat Kelangsungan HIDUP DAN Rasio Konversi Pakan Pada Budidaya Ikan Gurami (Osphronemus goramy LAC.) dengan Sistem Bioflok dan Pemberian Pakan Kadar Protein yang Berbeda. Jurnal Mina Sains, 5(1), pp.42–49.

Diterbitkan

04-02-2021

Terbitan

Bagian

Ilmu Komputer

Cara Mengutip

IOT ARCHITECTURE FOR GOURAMY CULTIVATION. (2021). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(1), 111-118. https://doi.org/10.25126/jtiik.0813529