Aplikasi Penentuan Rute dan Waktu Tempuh ke Halte Transjakarta Terdekat dengan Algoritma Djikstra Berbasis Location Base System

Penulis

  • Ra'idah Naufaliana Dewi Institut Perbanas
  • Dwi Atmodjo WP Institut Perbanas
  • Mardiana Purwaningsih Institut Perbanas

DOI:

https://doi.org/10.25126/jtiik.2020741680

Abstrak

Saat ini sudah ada aplikasi yang dapat diinstal di ponsel pintar untuk membantu mencari posisi halte terdekat, akan tetapi pengguna harus benar-benar tahu titik keberadaannya saat itu. Hal ini dapat menyulitkan apabila penumpang tersebut adalah pendatang yang tidak mengetahui dengan benar posisinya. Penelitian dengan tujuan menentukan rute dan waktu tempuh ke halte Transjakarta terdekat ini dibuat dengan pendekatan algoritme Dijkstra pada aplikasi mobile di atas platform Android. Aplikasi ini akan dibantu oleh GPS untuk mencari halte terdekat dari posisi pengguna. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan deskripsi perjalanan, estimasi waktu tempuh, dan rute alternatif menuju halte Transjakarta. Kelebihan aplikasi ini adalah apabila Wi-Fi atau data seluler tidak berfungsi tetap dapat digunakan karena metode ini akan tetap menunjukkan rute yang perlu ditempuh dengan deskripsi perjalanan yang dimilikinya. Penentuan rute terdekat dalam aplikasi ini tidak perlu menentukan titik akhir seperti halnya aplikasi yang menggunakan algoritme Djikstra lainnya, bahkan dapat memberikan beberapa alternatif halte terdekat. Hal ini dimungkinkan karena aplikasi ini juga menggunakan algoritme Bubblesort untuk mengurutkan halte. Karena tiap halte Transjakarta sudah terintegrasi sehingga kemana pun tujuan dapat diakses dari halte terdekat dan di halte tersebut sudah ada informasi halte transit sesuai dengan tujuan.

 

Abstract

Currently there are applications that can be installed on a smart phone to help find the position of the nearest bus stop, but the user must really know the point of existence at that time. This can be difficult if the passenger is a migrant who does not know his position correctly. The approach used to determine the route and travel time to the nearest Transjakarta bus stop in this study is to use Dijkstra's algorithm on a mobile application on the Android platform. This application will be assisted by GPS to find the nearest stop from the user's position. This application is also equipped with a description of the trip, estimated travel time, and alternative routes to the Transjakarta bus stop. The advantage of this application is that if Wi-Fi or cellular data does not work it can still be used because this method will still show the route that needs to be taken with the description of the trip it has. Determining the closest route in this application does not need to determine the end point as well as applications that use other Djikstra algorithms, can even provide several alternative stops nearby. This is possible because this application also uses the Bubblesort algorithm to sort stops. Because each Transjakarta bus stop has been integrated so that wherever the destination can be accessed from the nearest bus stop and at the stop there is already a transit stop information in accordance with the destination.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

BUDIHARTANTI, C., & PANDIANGAN, R..2016. Rancang Bangun Aplikasi AndroidPencarian Rumah Sakit Di JakartaMenggunakan Algoritma Dijkstra. Jurnal PROSISKO, 3(2), 1–8.

CHEN, Z., SHEN, H. T., ZHOU, X., & YU, J. X.2009. Monitoring path nearest neighbor inroad networks. Proceedings of the 35th SIGMOD International Conference on Management of Data - SIGMOD ’09, 591. http://doi.org/10.1145/1559845.1559907

CHOPDE, N. R., & NICHAT, M. K. 2013. Landmark based shortest path detection by using Dijkestra Algorithm and Haversine Formula. International Journal of Innovative Research in Computer Engineering, 1(2), 298– 302. http://doi.org/10.1.1.300.5943

DWI, SAPUTRA, R., & ARDANA. 2016. Penerapan Algoritma Dijkstra pada Aplikasi Pencarian Rute Bus Trans Semarang. Seminar Nasional Ilmu Komputer, 299–306.

GALÁN-GARCÍA, J. L., AGUILERA-VENEGAS, G., GALÁN-GARCÍA, M., & RODRÍGUEZCIELOS, P. 2015. A new Probabilistic Extension of Dijkstra’s Algorithm to simulate more realistic traffic flow in a smart city.

Applied Mathematics and Computation, 267, 780–789.

http://doi.org/10.1016/j.amc.2014.11.076

GUNAWAN, K. 2015. Implementation of Location Base Service on Tourism Places in West Nusa Tenggara by using Smartphone. International

Journal of Advanced Computer Science and Applications, 6(8), 160–166. Retrieved from http://bep.ejurnal.net/index.php/int/article/view/14

GUSMÃO, A., PRAMONO, S. H., & SUNARYO. 2013. Sistem Informasi Geografis Pariwisata Berbasis Web Dan Pencarian Jalur Terpendek

Dengan Algoritma Dijkstra. Jurnal Electrics, Electronics, Communications, Controls, Informatics, Systems, 7(2), 125–130.

KUMALASARI, D. 2017. Analisis Perbandingan Kompleksitas Algoritma Bubble Sort, Cocktail Sort dan Comb Sort Dengan Bahasa Pemrograman C ++. Journal Speed, 9(2), 1–7.

MASHURI, I. M. 2011. Studi Karakteristik Pejalan Kaki dan Pemilihan Jenis Fasilitas Penyeberangan Pejalan Kaki di Kota Palu (Studi Kasus: Jl. Emmi Saelan Depan Mal Tatura Kota Palu). Journal of Transportation Management and Engineering, 1(2), 67–79.

PRASETYO, D., & HASTUTI, K. 2015. Penerapan Haversine Formula pada Aplikasi Pencarian Lokasi dan Informasi Gereja Kristen di Semarang Berbasis Mobile. Skripsi Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro.

RAHAYUNINGSIH, P. A. 2016. Analisis Perbandingan Kompleksitas Algoritma Pengurutan Nilai (Sorting). Jurnal Evolusi, 4, 2016.

ROSYIDI, L., PRADITYO, H. P., GUNAWAN, D., & SARI, R. F. 2014. Timebase dynamic weight for Dijkstra Algorithm implementation in route planning software. Proceedings of 2014 International Conference on Intelligent

Green Building and Smart Grid, IGBSG 2014, (July 2017).

http://doi.org/10.1109/IGBSG.2014.6835261

SINGAL DCSA, P., & CHHILLAR, R. R. S. 2014. Dijkstra Shortest Path Algorithm using Global Positioning System. International Journal of

Computer Applications, 101(6), 975–8887. http://doi.org/10.15270/50-4-387

SONITA, A., & NURTANEO, F. 2015. Analisis Perbandingan Algoritma Bubble Sort, Merge Sort, dan Quick Sort dalam Proses Pengurutan

Kombinasi Angka dan Huruf. Jurnal Pseudocode, II(September), 75–80.

SURYO SAPUTRO, S. 2013. Perancangan Aplikasi GIS Pencarian Rute Terpendek Peta Wisata Di Kota Manado Berbasis Mobile Web Dengan

Algoritma Dijkstra. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. http://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Diterbitkan

07-08-2020

Terbitan

Bagian

Ilmu Komputer

Cara Mengutip

Aplikasi Penentuan Rute dan Waktu Tempuh ke Halte Transjakarta Terdekat dengan Algoritma Djikstra Berbasis Location Base System. (2020). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(4), 653-660. https://doi.org/10.25126/jtiik.2020741680