Pedoman Penulisan Naskah

1.Naskah yang ditulis untuk JTIIK meliputi hasil-hasil penelitian di bidang Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. Naskah diketik pada kertas berukuran standar A4 (21 cm x 29,7 cm) dalam format dua kolom dan satu spasi. Gunakan margin 3-3-2-2 cm (left-top-right-bottom), lebar tiap kolom 7,5 cm dengan jarak antar kolom 1 cm, menggunakan huruf Times New Roman 10 point dengan spasi tunggal. Naskah dalam bentuk file Microsoft Word dapat dikirimkan sewaktu-waktu melalui email ke alamat jtiik@ub.ac.id.

2.Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia. Panjang naskah diharapkan tidak melebihi 10 halaman. Template penulisan naskah bisa didapatkan di <template>.

3.Sistematika naskah adalah: judul yang harus ditulis secara ringkas dan menggambarkan isi naskah; nama penulis (tanpa gelar akademik); afiliasi penulis; alamat email; abstrak (150 – 200 kata); kata kunci (minimal tiga buah); pendahuluan yang berisi latar belakang dan tujuan atau ruang lingkup tulisan; bahasan utama (dapat dibagi ke dalam beberapa sub-bagian); penutup atau kesimpulan; daftar pustaka (hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk).

4.Tabel dan gambar harus diberi nomor dan judul lengkap serta harus diacu dalam tulisan.Contoh: Tabel 1, Tabel 2(a), Gambar 1, Gambar 2(a).

5.Persamaan matematika harus diberi nomor urut dalam kurung biasa dan harus diacu dalam tulisan.

6.Sumber pustaka/rujukan sedapat mungkin merupakan pustaka-pustaka terbitan 10 tahun terakhir. Pustaka yang diutamakan adalah sumber-sumber primer berupa laporan penelitian (termasuk Skripsi/Tugas Akhir, Tesis, Disertasi) atau naskah-naskah penelitian dalam jurnal dan/atau majalah ilmiah.

7.Pengacuan sumber pustaka dalam naskah menggunakan nama dan tahun. Sumber pustaka dalam Daftar Pustaka dituliskan terurut alfabetis dan kronologis.. Berikut adalah contoh penulisan daftar pustaka:

Makalah Jurnal

RIDOK, A. 2014. Peringkasan dokumen Bahasa Indonesia berbasis non-negative matrix factorization. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), 1(1), 39-44.

PHANDEN, R. K., JAIN, A. & VERMA, R. 2013. An approach for integration of process planning and scheduling. International Journal of Computer Integrated Manufacturing, 26(4), 284-302.

Makalah Konferensi

DAO, S. D. & MARIAN, R. 2011. Optimisation of precedence-constrained production sequencing and scheduling using genetic algorithms.Proceedings of the International Multi Conference of Engineers and Computer Scientists, 16-18 March, Hong Kong.

WIBAWA, A. P., NAFALSKI, A. & MAHMUDY, W. F. 2013. Javanese `speech levels machine translation: improved parallel text alignment based on impossible pair limitation.IEEE International Conference on Computational Intelligence and Cybernetics, 3-4 December, Yogyakarta, Indonesia. 16-20.

Buku

GEN, M. & CHENG, R. 2000. Genetic Algorithms and Engineering Optimization. John Wiley & Sons, Inc., New York.

WANG, L. 2007. Process planning and scheduling for distributed manufacturing. Springer, London.

Book section

MARIAN, R. M., LUONG, L. & DAO, S. D. 2012. Hybrid genetic algorithm optimisation of distribution networks—a comparative study. Dalam: AO, S. I., CASTILLO, O. & HUANG, X. (editor.) Intelligent Control and Innovative Computing. Springer, US.

Laporan penelitian

LILIANA, D. Y. & MAHMUDY, W. F. 2006. Penerapan Algoritma Genetika pada Otomatisasi Penjadwalan Kuliah. Laporan Penelitian DPP/SPP. FMIPA Universitas Brawijaya, Malang.

Thesis

TALA, F. Z. 2003. A Study of Stemming Effects on Information Retrieval in Bahasa Indonesia. Ph.D. Thesis. Universiteit van Amsterdam.

8.Semua naskah ditelaah secara blind-review oleh mitra bestari (reviewers) yang ditunjuk oleh redaksi menurut bidang kepakarannya dan naskah telah memenuhi batas toleransi besarnya persentase plagiasi dengan dokumen online < = 10%. Penulis naskah diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan (revisi) naskah atas dasar rekomendasi/saran dari mitra bestari dan redaksi pelaksana. Kepastian pemuatan atau penolakan naskah akan diberitahukan secara tertulis melalui email.

9. Naskah yang telah dinyatakan diterima dengan atau tanpa revisi oleh tim redaksi dan reviewers, penulis naskah tidak dikenai biaya registrasi apapun untuk pemuatan naskah.

10.Pemeriksaan dan penyuntingan cetak-coba dikerjakan oleh redaksi dan/atau dengan melibatkan penulis. Naskah yang sudah dalam bentuk cetak-coba dapat dibatalkan pemuatannya oleh redaksi jika diketahui bermasalah.

11.Segala sesuatu yang menyangkut perijinan pengutipan atau penggunaan software komputer untuk pembuatan naskah atau hal lain yang terkait dengan HAKI yang dilakukan oleh penulis naskah, berikut konsekuensi hukum yang mungkin timbul karenanya, menjadi tanggung jawab penuh penulis naskah tersebut.

12.Penulis dapat memesan berkas jurnal dalam versi cetak minimal 2 eksemplar dengan mengirimkan alamat tujuan yang lengkap ke email jtiik@ub.ac.id (redaksi akan mengestimasi harga total dan biaya pengirimannya) dan wajib membayar kontribusi biaya cetak sebesar Rp. 100.000 (seratus ribu rupiah) per eksemplar.