Daftar Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

Semua pertanyaan yang berkaitan dengan JTIIK wajib dikirimkan melalu email jtiik@ub.ac.id. Pertanyaan yang berkaitan dengan JTIIK tidak diperbolehkan menghubungi personal melalui SMS/WA/Telp secara langsung kepada Ketua redaksi, Editor bagian (section), dan reviewer. Apabila berkaitan dengan artikel pada proses review komunikasi dengan editor dapat dilakukan melalui sistem web (OJS) JTIIK.

Pertanyaan yang sudah ada di daftar berikut, mohon untuk tidak dipertanyakan kembali melalui email. Berikut adalah daftar pertanyaan yang sering ditanyakan di JTIIK: 

 

Kapan batas waktu pengiriman artikel?

Artikel dapat dikirimkan setiap waktu

 

Saya mau mengirimkan artikel, apakah bisa dipastikan artikel saya bisa terbit?

Artikel yang dinyatakan diterima dan terbit sangat tergantung dari proses review. Jadi kalau artikel belum sampai tahap proses review, belum bisa dipastikan artikel tersebut bisa terbit atau tidak.

 

Kalau artikel dikirimkan saat ini, apakah artikel bisa terbit diperiode berikutnya?

Terbitnya artikel tergantung pada lamanya proses review (lihat pertanyaan tentang lama proses review) dan antrian artikel yang sudah dinyatakan diterima pada JTIIK

 

Berapa lama proses review sampai dinyatakan diterima pada JTIIK?

Ada beberapa tahapan yang harus dilalui dalam proses review artikel sampai dinyatakan diterima dan waktu dari setiap tahapan bisa tidak sama dari setiap artikel:

  1. Tahap review awal: Review awal akan dilakukan oleh editor utama dimana pada tahap ini artikel akan dilihat kelengkapannya, format penulisan dan plagiasinya. Jika artikel dinyatakan layak untuk direview maka artikel akan dikirimkan ke editor bagian (section) oleh editor utama. Tahap ini biasanya memakan waktu dari 3 – 7 hari kerja.
  2. Tahap pada editor bagian (Section): Editor bagian (section) akan memeriksa kelayakan (kualitas) dari setiap artikel untuk dikirimkan ke reviewer (mitra bestari). Jika artikel dinyatakan layak untuk direview secara kualitas maka editor bagian (section) akan meneruskan ke reviewer (mitra bestari). Tahap ini biasanya memakan waktu maksimal sampai dengan 14 hari kerja setelah tahap 1 selesai dilakukan.
  3. Tahap pada reviewer (mitra bestari): Tahap ini adalah artikel akan direview  oleh reviewer (mitra bestari). Minimal harus terdapat 2 review dari setiap artikel. Editor dapat menambah jumlah reviewer sesuai dengan kebutuhan. Waktu yang diperlukan pada tahap ini akan berbeda-beda dari setiap artikel karena kondisi dari setiap artikel tidak sama. Minimal waktu yang diperlukan pada tahap ini adalah 14 hari kerja setelah tahap 2 selesai dilakukan.
  4. Tahap keputusan: Tahap ini adalah editor memberikan keputusan terhadap artikel berdasar pada pertimbangan hasil review yang dilakukan oleh para reviewer. Terdapat beberapa jenis keputusan yang bisa dilakukan oleh editor, yaitu: Diterima, Revisi, Ditolak, Dikirimkan ke tempat lain, dan Dikirim ulang. Waktu yang diperlukan pada tahap ini adalah minimal 7 hari kerja setelah tahap 3 selesai dilakukan.
  5. Tahap perbaikan oleh penulis: Jika keputusan dari editor adalah Revisi atau Dikirim ulang, maka penulis wajib memperbaiki berdasarkan komentar yang diberikan pada artikel. Waktu yang diperlukan pada tahap ini adalah tergantung dari penulis, tetapi editor menganjurkan maksimal 14 hari kerja.
  6. Tahap setelah perbaikan dari penulis: Perbaikan dari penulis akan diperiksa kembali oleh editor. Jika keputusan pada tahap 5 adalah “Dikirim ulang” maka proses akan kembali ke tahap 2, namun jika keputusan sebelumnya adalah “Revisi”, editor akan memeriksa apakah perbaikan sudah dilakukan semua oleh penulis atau belum. Jika editor menganggap masih dibutuhkannya perbaikan terhadap artikel tersebut, maka editor akan mengembalikan kembali ke penulis untuk dilakukan perbaikan kembali. Namun jika perbaikan sudah dianggap dilakukan oleh penulis maka editor dapat memberikan keputusan terhadap artikel tersebut. Waktu yang diperlukan pada tahap ini adalah sangat tergantung pada perbaikan yang dilakukan oleh penulis.
  7. Tahap proses editing: Tahap ini merupakan proses dimana artikel sudah dinyatakan diterima. Penulis dan editor bersama-sama untuk memperbaiki format penulisan sesuai dengan template dan penulis memeriksa terakhir kalinya sebelumnya artikel diterbitkan.
  8. Tahap proses penerbitan: Jika format penulisan sudah dinyatakan sesuai dengan JTIIK, artikel akan siap diterbitkan. Penerbitan akan sangat tergantung jumlah antrian pada JTIIK. Untuk mendapatkan kepastian kapan artikel akan diterbitkan, silahkan meminta surat tanda diterimanya artikel dengan mengirimkan email ke jtiik@ub.ac.id.

 

Kenapa ketika kirim email ke jtiik@ub.ac.id, namun tidak mendapatkan balasan?

Ketika mengirimkan email mohon untuk diberikan subjek yang jelas. Ketika berkaitan dengan artikel yang sudah dikirimkan mohon untuk mencantumkan ID artikel, judul artikel, dan nama penulis.

 

Bagaimana cara melakukan pembelian versi cetak dari JTIIK?

Kirim email ke jtiik@ub.ac.id dengan subjek “Pembelian JTIIK versi cetak”, isi email harap menjelaskan volume dan nomor berapa saja yang mau dibeli beserta jumlah pembeliannya. Selain itu lengkapi pula dengan alamat kirimnya secara detil.

 

Apakah JTIIK menerima artikel berbahasa Inggris?

JTIIK merupakan jurnal nasional berbahasa Indonesia, tidak menerima artikel berbahasa Inggris. Untuk artikel berbahasa Inggris silahkan dikirimkan ke http://jitecs.ub.ac.id.