Preservasi Naskah Kuno Sasak Lombok Berbasis Digital dan Website

Penulis

  • Muhammad Tajuddin Anwar Teknik Informatika STMIK Bumi Gora Mataram
  • Husain Husain Teknik Informatika STMIK Bumi Gora
  • Nenet Natasudian Jaya

DOI:

https://doi.org/10.25126/jtiik.201854787

Kata Kunci:

Digitalisasi, Naskah, Kuno, Sasak

Abstrak

Salah satu warisan budaya nenek moyang bangsa Indonesia yang sangat bernilai adalah naskah kuno (manuskrip) yang ditulis dalam berbagai aksara dan bahasa. Dan satu diantaranya adalah Naskah Kuno Sasak, yang merupakan dokumen peninggalan nenek moyang Suku Sasak di Nusa Tenggara Barat, yang ditulis dengan tangan atau dalam bentuk asli sebelum dicetak. Digitalisasi adalah proses alih media dari bentuk tercetak, audio, maupun video, dilakukan untuk membuat arsip dokumen digital. Digitalisasi memerlukan peralatan seperti komputer, scanner, operator, media, sumber, dan software. Metode interpretatif dan perspektif, dipengaruhi oleh desain perspektif, seperti desain partisipatif dan desain sistem, melibatkan teori sistem yang layak. Digitalisasi Naskah Kuno Sasak merupakan perancangan interface menggunakan Framework Jquery Mobile dan penyimpanan data menggunakan basis data MySQL, sedangkan bahasa pemrograman menggunakan PHP. Digitalisasi sistem informasi ini menggunakan sistem operasi phonegap. Hasil dari perancangan ini adalah sebuah aplikasi Digitalisasi Naskah Kuno Sasak yang akan memudahkan dalam mendapatkan segala informasi mengenai Naskah Kuno Sasak. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi ini dapat memberikan informasi sesuai dengan kebutuhan pengguna, seperti informasi Naskah Tulisan dalam bentuk; Lontar, tulisan Arab Melayu dan lain sebagainya.

 

Abstract

One of the most valuable ancestral heritages of the Indonesian nation is the ancient manuscripts written in various letters and languages. And one of them is the Sasak Ancient Manuscripts, which is a relic of the ancestor of the Sasak tribe in West Nusa Tenggara, written by hand or in original form before printing. Digitalization is the process of media transfer from printed form, audio, or video, to create digital document archives. Digitalization requires equipment such as computers, scanner, operator, media, sources, and software. Interpretive and perspective methods are influenced by perspective design, such as participatory design and system design, inwhich involving proper systems theory. Digitalization of Ancient Sasak Manuscripts is an interface design using Jquery Mobile Framework and data storage using MySQL database, while programming language using PHP. Information System Digitalization uses an operating system made using phonegap. The result of this design is an application of Ancient Sasak Manuscripts Digitalization which is useful to facilitate especially the younger generation in getting information about Ancient Sasak Manuscripts.The results of testing obtained that the application can provide information in accordance with user needs, such as informations of writing Manuscripts in the form of Lontar, Malay Arabic and so forth.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Biografi Penulis

  • Muhammad Tajuddin Anwar, Teknik Informatika STMIK Bumi Gora Mataram
    Professor Jurusan Teknik Informatika
  • Husain Husain, Teknik Informatika STMIK Bumi Gora
    Professor Jurusan Teknik Informatika
  • Nenet Natasudian Jaya
    Jurusan Teknik Informatika STMIK Bumi Gora Mataram

Referensi

AMALUDDIN, M. (2008). Sebuah Naskah Sasak Bernuansa Keagamaan Islam. Jurnal Nalisd, XV(2), 43–56.

ARMINI, I. G. A. (2014). Identifikasi Permasalahan Pencatatan Warisan Budaya Takbenda Indoensia. WALASUJI, 5(2), 197–208.

DAY, et al. (2014). Identifying Digital Preservation Requirements: Digital Preservation Strategy and Collection Profiling at the British Library. In Conference: iPRES 2014: 11th.

EVGENY KUZMIN. (2012). Information Preservation : Past , Present and Future. In Preservation of Digital Information in the Information Society (pp. 24–40).

FITRIANI, R., & TAJUDDIN, M. (2016). Desain Sistem Informasi Sekolah Berbasis Android. Matrik, 16(1), 12–21.

GEDE, I. D., PANDAWANA, A., & PUTU, DEWA ARDIANA, Y. (2017). Aplikasi Game Cerita Rakyat Bali Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Berbasis Mobile. Lontar Komputer, 8(3), 208–218.

GUNAWAN, A. (2015). Naskah-Naskah Nusantara di EFEO Paris: Catatan Pendahuluan. JURNAL MANASSA, 5(1), 187–196.

HUG, T. (2013). On the Medialization of Knowledge in the Digital Age. International Journal of Humanities and Social Science, 3(11), 22–35.

JAMALUDDIN. (2005). Sejarah Tradisi Tulis dalam Masyarakat Sasak Lombok. Ulumuna, IX(2), 369–384.

JAMALUDDIN. (2012). Kerajaan dan Perkembangan Peradaban Islam: Telaah terhadap Peran Istana dalam Tradisi Pernaskahan di Lombok. JURNAL MANASSA, 2 NO 1, 181–200.

KARNO, SETYANINGSIH, TRI BUDI PRISWANTOTO, A. (2016). Rancang Bangun Sistem Informasi Dokumentasi Kegiatan Science Techno Park Berbasis Web pada Pusat Inovasi LIPI. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (JTIIK), 3(3), 1–6.

MALY, K., NELSON, M. L., & ZUBAIR, M. (1999). Smart Objects , Dumb Archives : A User-Centric , Layered Digital Library Framework. D-Lib Magazine March, 5(3), 1–14.

MUHAMMAD, et al. (2017). Design and Implementation of An Android and Web-Based University Time Table Customazion System. Bayero Journal of Pure and Applied Science, 10(1), 320–325.

MUSTOPA. (2017). Mushap Kuno Lombok Telaah Aspek Penulisan dan Teks. Suhuf, 10(No 1), 1–24.

NAMA, G. F., & ARNOLD, F. (2016). Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Pembelajaran Aksara Lampung “Ajo dan Atu - Belajar Aksara Lampung ”, berbasis Android dengan Sistem Multi-Ending Menggunakan Engine Ren’Py. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(4), 238–247.

PRIMADESI, Y. (2010). Peran Masyarakat Lokal dalam Usaha Pelestarian Naskah-Naskah Kuno Paseban. Jurnal Bahasa Dan Seni, 11(2), 120–127.

SAHARDIN. (2013). Bekayat: Sastra Lisan Islamisasi Sasak Dalam Bayangan Kepunahan. In Annual Internatioan Conference on Islamik Studies (AICIS XIII) (pp. 1416–1428).

SCHROEDER, C. T. (2016). The Digital Humanities as Cultural Capital: Implication for Biblical and Religius Studies. Juornal of Religion, Media and Digital Culture (JRMD), 5(1), 21–49.

SITOKDANA, M. N. . (2015). Digitalisasi Kebudayaan Di Indoensia. In Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi 2015 (pp. 99–108).

SUKAESIH, et al. (2016). Preservasi Naskah Kuno sebagai Upaya Pembangunan Knowledge Management: (Studi Kegiatan Preservasi Naskah Kuno oleh Masyarakat sebagai Upaya Pembagunan Knowledge Management). RECORD AND LIBRARY JOURNAL, 2 (December), 176–187.

TAJUDDIN, MUHAMMAD, et al. (2012). Influence of Transformational Leadership and Success of Information System on Good University Governance. Journal of Basic and Applied Scientific Research, 2(12), 12492–12501.

TAJUDDIN, MUHAMMAD, et al. (2013). Wireless-Based Integrated Information System between Private Higher Education Institutions and Local Government. International Journal of Science and Engineering Investigations (IJSEI), 2(15), 58–63.

TAJUDDIN, M. (2015a). Modification of DeLon and Mclean Model in the Success of Information System for Good University Governance. The Turkish Online Journal of Educational Technology (TOJET), 14(4), 113–123.

TAJUDDIN, M. (2015b). Sistem Informasi Perguruan Tinggi Untuk Mencapai Good University Governance (Sebuah Pendekatan Teoritis dan Penerapan). Depublish Yogyakarta.

TAJUDDIN, M., & ABDUL MANAN, A. A. (2011). Studi Kasus Model Strategi Pemasaran Terintegrasi BerbasisTeknologi Informasi di Nusa Tenggara Barat. Jurnal Ilmiah KURSOR, 6(2), 65–76.

TAJUDDIN MUHAMMAD, BERMANSYAH, A. (2016). Rancang Bangun Digitalisasi Naskah Kuno Sasak Lombok. In SEMNASTIKOM 2016 (pp. 589–594).

TUNA, G., ZOGO, R., & DEMIRELLI, B. (2013). An Introduction to Digitization Projects Conducted by Public Libraries : Digitization and Optimization Techniques. Journal of Balkan Libraries Union, 1(1), 28–30.

Undang Undang Republik Indoensia Nomor 5 Tahun 1992 Tentang Benda Cagar Budaya, Menteri/Sekretaris Negara Republik Indonesia. (1992).

ZAHIDAH, Z., NOORHIDAWATI, A., & ZAINAB, A. N. (2011). Exploring the needs of Malay manuscript studies community for an e-learning platform. Malaysian Journal of Library & Information Science, 16(3), 31–47.

Diterbitkan

01-10-2018

Terbitan

Bagian

Ilmu Komputer

Cara Mengutip

Preservasi Naskah Kuno Sasak Lombok Berbasis Digital dan Website. (2018). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(4), 445-454. https://doi.org/10.25126/jtiik.201854787