Aplikasi Sistem Manajemen Konten Bahasa Mandarin untuk Mendukung Ujian Hanyu Shuiping Kaoshi

Penulis

Darmanto Darmanto, Yulius Hari, Budi Hermawan, Endang Setyawati

Abstrak

Persyaratan mahasiswa yang berminat menempuh studi atau mendapatkan beasiswa pendidikan ke Perguruan Tinggi Luar Negeri dengan pengantar bahasa mandarin, adalah memiliki Sertifikat Hànyǔ Shuǐpíng Kǎoshì (HSK). Nilai lulus ujian HSK untuk mendapatkan sertifikat HSK, sering menjadi kendala calon mahasiswa meraih kesempatan studi tersebut. Saat ini, penerapan Teknologi Informasi (TI) pada bidang pendidikan dan pengajaran semakin berkembang. Melalui pemanfaatan TI yang tersedia, dengan aplikasi berbasis Content Management System (CMS), penelitian ini dilakukan untuk membantu mengatasi kendala ujian HSK. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan Aplikasi Sistem Manajemen Konten bahasa Mandarin yang menunjang kebutuhan ujian HSK. Aplikasinya dibuat dengan menggunakan yii framework dan berbasis web. Tahapan pembuatan aplikasi mengikuti pola Systems Development Life Cycle (SDLC) dengan metode Waterfall yang mencakup kegiatan analisa kebutuhan, perancangan, implementasi dan uji coba modul serta perawatannya. Berdasarkan hasil pengujian, secara fungsional aplikasi berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Sementara pada analisa data kuesioner responden, dihasilkan nilai rata-rata 3,67 skala Likert. Dengan demikian aplikasi yang digunakan pengguna memberikan nilai cukup baik.

Abstract

One of the requirements to obtain a scholarship for educational abroad into overseas university which is using Mandarin as an academic language is the prospective applicants must have a Hànyǔ Shuǐpíng Kǎoshì (HSK) Certificate. However, the result of their HSK exam is often becoming a constraint for the prospective students in grabbing the opportunity to get the scholarship. Meanwhile, nowadays, the application of Information Technology (IT) in the field of education is constantly widespread and developed well. So, this study was conducted to overcome the obstacles in the HSK exam, by utilizing the developement of Information Technology which is based on Content Management System (CMS). The purpose of this study is to provide a Mandarin Content Management System Application that supports the HSK exam. The application is made using the yii framework and is web-based. The stages of making the applications follow the pattern of the Systems Development Life Cycle (SDLC) with the Waterfall method which includes the analysis, design, implementation and trial of modules and its maintenance. Based on the test results, the application runs as expected. Meanwhile, the analysis of respondents' questionnaire data produced an average value of 3.67 Likert scale. Thus, the users who use this application give quite good results.


Kata Kunci


Content Management System, HSK Mandarin, Web

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


AHMAD, F. , 2014. Perbedaan antara Frontend dan Backend. http://afahrurroji.net/, [Diakses : 30 September 2017].

BAMBANG, S.,2016. Study Abroad, China Ranking Three Foreign Student Goals (Studi Luar Negeri, China Peringkat Tiga Tujuan Mahasiswa Asing [Online], http://kabar24.bisnis.com/read/20160417/255/538754/, [Diakses : 20 April 2016].

DARMANTO, HARI, Y, dan HERMAWAN, B., Mobile Learning Application to Support Mandarin Language Learning for High School student. Imperial Journal of Interdiciplinary Research., Vo. 2, No. 4,. ISSN: 2454-1362 [Online], Tersedia: http://www.onlinejournal.in, [Diakses: 20 Maret 2016].

DARMANTO, YULIUS H., DAN BUDI H., “Model Rancang Bangun Sistem Manajemen Konten Bahasa Mandarin untuk Mendukung Standarisasi Ujian Hanyu Shuiping Kaoshi berbasis Android” in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek, (SNPBS II) UMS, ISSN 2527-5333X, 2017.

DARMANTO, HARI, Y., & HERMAWAN, B., 2015. Rancang Bangun Media Pembelajaran Bahasa Mandarin Berbasis Mobile Learning. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 4(1), 1-6.

DEWI S., 2014. Dampak positif dan negatif tes HSK online. [Online], https://dewisulistyowati2512.wordpress.com/category/tes-hsk/ [Diakses : 16 September 2017].

LUTHFI, S., 2018. Perancangan Sistem Berorientasi Objek Dengan UML, https://www.academia.edu/19262530/Perancangan_Sistem_Berorientasi_Objek_Dengan_UML, [Diakses Januari 2018].

OLSON, P., 2007. PHP Manual. PHP Documentation Group. America

PAUW B. DAN NOVIANA L., Keterkaitan new HSK dan kurikulum bahasa Mandarin di perguruan tinggi. Jurnal LINGUA CULTURA Vol.8 No.1,hal. 16-21, May 2014.

PRESSMAN, R.S. & MAXIM, B.R., 2015.Software Engineering: A Practitioner’s Approach. Eighth Edition., Mc Graw Hill.

SU, Y. & SHIN, S., 2015. Test Review HSK. Iranian Journal of language Testing. Vol. 5 No.2. Oktober 2015. ISSN 2251-7324.

Uwika-mandarin.com [Online], 2017., Tersedia di http://www.uwika-mandarin.com/. [Diakses: 7 Oktober 2017].

XIE, F. (2017). Harian Kompas: China Tawarkan 200 Beasiswa [Online]. http://id.china-embassy.org/indo/gdxw/t1446801.htm, [Diakses : 29 September 2017].

yiiframework.com., 2017. Yii Framework website [Online], Tersedia di http://www.yiiframework.com/, [Diakses: 30 September 2017].

YUDHA, AULIA. (2016). Pengenalan sistem manajemen konten. https://developers.kudo.co.id/2016/09/15/,

[Diakses : Sept. 28, 2017].

YULIAN, F, SUPRIANTO, WIWIK, S., Game simulasi wirausaha berbasis model pembelajaran eksperiensial sebagai alternatif media pembelajaran di smk kelas XI. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK) Vol. 2, No. 1, hal. 59-66, April 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.25126/jtiik.201961757