Klusterisasi Customer Lifetime Value dengan Model LRFM menggunakan Algoritma K-Means

Penulis

  • Siti monalisa UIN Suska Riau

DOI:

https://doi.org/10.25126/jtiik.201852690

Kata Kunci:

CLV, Dunn Index, K-Means dan Silhoutte

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menghasilkan nilai Customer Lifetime Value (CLV) pada setiap segmen pelanggan dengan menggunakan algoritma K-means dalam melakukan klusterisasi pelanggan. Pembentukan kluster menggunakan metode validasi Dunn Index dan Silhoutte Coefficient dengan nilai 0.84 dan 0.54. Kluster yang dihasilkan berjumlah 3 dengan nilai yang tertinggi pada masing-masing metode validasi. Untuk menghasilkan nilai CLV dengan kluster yang terbaik maka nilai normalisasi LRFM setiap kluster akan dikalikan dengan nilai bobot LRFM dan dijumlahkan. Rangking CLV tertinggi akan dihasilkan dari nilai CLV yang terbesar diantara 3 kluster tersebut. Rangking CLV tertinggi pada penelitian ini berada pada kluster ke 2 dengan simbol LRFM L↑R↓F↑M↑ yang berisi segmen pelanggan yang memiliki nilai loyalitas yang tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

Biografi Penulis

  • Siti monalisa, UIN Suska Riau
    Sistem Informasi

Referensi

BERRY, M. J. A. dan LINOFF, G. S., 2008. Data Mining Techniques : For Marketing, Sales, And Customer Relationship Management. second edition.

BUTTLE, F. dan STAN, M., 2015. Customer Relationship Management. Third edit. Butterworth-Heinemann.

DUNN, J. C., 1974. Well-separated clusters and optimal fuzzy partitions, Journal of Cybernetics, 4(1), pp. 95–104. doi: 10.1080/01969727408546059.

HAN, J., KAMBER, M. dan PEI, J., 2012. Data Mining: Concepts and Techniques, San Francisco, CA, itd: Morgan Kaufmann. doi: 10.1016/B978-0-12-381479-1.00001-0.

HE, X. dan LI, C., 2016. The Research and Application of Customer Segmentation on E-commerce Websites. doi: 10.1109/ICDH.2016.47.

HOSSEINI, S. M. S., MALEKI, A. dan GHOLAMIAN, M. R., 2010. Cluster analysis using data mining approach to develop CRM methodology to assess the customer loyalty, Expert Systems with Applications. Elsevier Ltd, 37(7), pp. 5259–5264. doi: 10.1016/j.eswa.2009.12.070.

KANDEIL, D. A., SAAD, A. A. dan YOUSSEF, S. M., 2014. A two-phase clustering analysis for B2B customer segmentation, Proceedings - 2014 International Conference on Intelligent Networking and Collaborative

Systems, IEEE INCoS 2014, pp. 221–228. doi: 10.1109/INCoS.2014.49.

KHAJVAND, M., ZOLFAGHAR, K., ASHOORI, S. dan ALIZADEH, S., 2011. Estimating customer lifetime value based on RFM analysis of customer purchase behavior: Case study, Procedia Computer Science. Elsevier, 3, pp. 57–63. doi: 10.1016/j.procs.2010.12.011.

PARVANEH, A., ABBASIMEHR, H. dan TAROKH, M. J., 2012. Integrating AHP and data mining for effective retailer segmentation based on retailer lifetime value, Journal of Optimization in Industrial Engineering, 5(11), pp. 25–31.

RETNO, D., 2013. Perbandingan Metode Cluster Validity Pada, Skripsi Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Pertanian Bogor.

VENDRAMIN, L. AND HRUSCHKA, E. R., 2009. On the Comparison of Relative Clustering Validity Criteria. pp. 733–744.

Diterbitkan

28-05-2018

Terbitan

Bagian

Ilmu Komputer

Cara Mengutip

Klusterisasi Customer Lifetime Value dengan Model LRFM menggunakan Algoritma K-Means. (2018). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(2), 247-252. https://doi.org/10.25126/jtiik.201852690