Pengukuran Kualitas Website Pemerintah Desa Jagalempeni Menggunakan Metode Webqual 4.0

Penulis

  • Warjiyono Warjiyono AMIK BSI TEGAL
  • Corie Mei Hellyana AMIK BSI TEGAL

DOI:

https://doi.org/10.25126/jtiik.201852666

Kata Kunci:

Kualitas Website, Usability Quality, Information Quality, Service Interaction Quality, Visual Quality, User Satisfactio, Webqual

Abstrak

Undang-Undang RI no. 6/2016 tentang desa menyatakan bahwa Pemerintah Daerah berkewajiban mengembangkan sistem informasi desa dalam menjalankan e-government menuju good governance.  Website Desa Jagalempeni yang telah dikembangkan pada tanggal 22 Februari 2017 akan menjadi wajah desa di dunia maya dengan menyediakan informasi untuk publik, promosi potensi desa dan terciptanya interaksi layanan masyarakat dengan perangkat desa tanpa sekat tempat dan waktu baik untuk masyarakat di dalam maupun luar lingkungan Desa Jagalempeni. E-government di Indonesia hingga saat ini jumlahnya terus meningkat, tetapi secara kualitas masih banyak yang belum memenuhi standar kualitas yang baik. Padahal faktor layanan mempunyai pengaruh yang sangat besar dari keberhasilan sebuah e-goverment. Begitu pula dengan website Desa Jagalempeni di alamat www.jagalempeni.desa.id untuk mencapai cita-cita pemerintah desa menuju good governance tentu harus memenuhi standar kualitas yang baik dari kualitas kegunaan, kualitas informasi, kualitas layanan dan kualitas visual, oleh karenanya pengukuran kualitas website desa perlu dilakukan. Penelitian ini mengukur kualitas website Pemerintah Desa Jagalempeni dengan menggunakan metode Webqual 4.0 dan menggunakan 4 (empat) instrumen yaitu Usability Quality, Information Quality, Service Interaction Quality dan Visual Quality. Data penelitian ini menggunakan 122 data dan diolah dengan software SPSS melalui uji validitas, reliabilitas, analisis deskriptif, korelasi dan regresi linier. Hasil pengukuran memberikan kesimpulan bahwa website Desa Jagalempeni saat ini dari sisi Usability Quality, Information Quality, dan Visual Quality sudah mempunyai kualitas yang baik, sedangkan dari sisi Service Interaction Quality belum mempunyai kualitas yang baik, karena kepuasan pengguna (user satisfaction) belum terpenuhi. Dengan demikian maka website Desa Jagalempeni perlu adanya pengembangan khususnya di kualitas layanan interaksi, agar website Desa Jagalempeni menjadi lebih baik, berkualitas, mempunyai daya saing dan kebanggaan Desa Jagalempeni sesuai dengan cita-cita menuju good governance.

 

Kata kunci: Kualitas Website, Usability Quality, Information Quality, Service Interaction Quality, Visual Quality, User Satisfaction,  Webqual

 

Abstract

Laws of the Republic Indonesia 6/2016 about the village said that the local government is obliged to develop village information system in running e-government towards good governance. The Jagalempeni Village site built on February 22, 2017 will be the face of the village in cyberspace by providing information for the community, promoting village potential and creating interaction services with village apparatus with no space and time for people inside and outside Jagalempeni Village. E-government in Indonesia to date is still increasing in number, but still very many who do not meet the standards of good quality. The service factor has a major influence on the success of an e-Government. Similarly, the Jagalempeni Village website at www.jagalempeni.desa.id address to achieve the ideals of village governance of good governance must meet good standards of  quality of use, quality of information, service quality and visual quality, so the quality of website measurement should be do. This study measures the quality of the Jagalempeni Village Government website using the Webqual 4.0 method and uses 4 (four) instruments of Quality, Quality of Information, Quality of Service Interaction and Visual Quality. This research data uses 122 data and processed with SPSS software through test of validity, reliability, descriptive analysis, and linear regression. The result of the measurement gives conclusion that the website of Jagalempeni Village now from the side of Quality, Information Quality, and Visual Quality have good quality, while the Quality of Service Interaction does not have good quality, because the user satisfaction (user satisfaction) has not been fulfilled. Thus, the website of Jagalempeni Village needs to be developed especially in the quality of service interaction, so that the website of Jagalempeni Village become better, qualified, have the competitiveness and pride of Jagalempeni Village in accordance with the ideals towards good governance.

 

Keywords: Website Quality, Usability Quality, Information Quality, Service Interaction Quality, Visual Quality, User Satisfaction,  Webqual

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

ALAARAJ, H. & IBRAHIM, F.W., 2014. The Influence of E-government Practices on good governance from the perspective of Public in Lebanon. Journal of Public Administation an Governance, 4(3), pp.171–185.

ARIFIN, S.R., NUGROHO, E. & HANTONO, B.S., 2015. Analisis Kualitas Layanan Website Universitas Hasanuddin Dengan Metode Webqual 4.0 Modifikasi. Teknomatika, 8(1), pp.81–92.

BARNES, S. & VIDGEN, R., 2000. WebQual : An Exploration of Web-site Quality. Communications, [online] 1, pp.298–305. Available at: <http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.107.5463&rep=rep1&type=pdf>.

BARNES, S.J. & VIDGEN, R.T., 2002. An Integrative Approach to the Assessment of E-Commerce Quality. Journal of Electronic Commerce Research, 3(3), pp.114–127.

Brebes, K., 2017. Profil Kabupaten Brebes. [online] Available at: <http://www.jatengprov.go.id/id/profil/kabupaten-brebes> [Accessed 8 Feb. 2017].

HAPSARI, K. & PRIYADI, Y., 2017. Perancangan Model Data Flow Diagram Untuk Mengukur Kualitas Website Menggunakan Webqual 4 . 0. Jurnal Sistem Informasi Bisnis, 1, pp.66–72.

HASAN, L., 2014. Evaluating the Usability of Educational Websites Based on Students’ Preferences of Design Characteristics. International Arab Journal of e-Technology, 3(3), pp.179–193.

IRAWAN, C., 2012. Evaluasi Kualitas Website Pemerintah Daerah Dengan Menggunakan Webqual (Studi Kasus Pada Kabupaten Ogan Ilir). Jurnal Sistem Informasi (JSI), 4(2), pp.488–502.

MADZOVA, V., SAJNOSKI, K. & DAVCEV, L., 2013. E-Government as an Efficient Tool towards Good Governance ( Trends and Comparative Analysis throughout Worldwide Regions and within West Balkan Countries ). Balkan Social Science Review, 1, pp.157–174.

MUFLIHAH, Y. & SUSANTO, T.D., 2017. Faktor Yang Mempengaruhi Warga Dan Pemerintah Dalam Adopsi E-Government : Sebuah Ulasan Sistematis. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, [online] 4(4), pp.304–310. Available at: <http://jtiik.ub.ac.id/index.php/jtiik/article/view/366>.{Diakses 12 April 2018].

MUFTIKHALI, Q.E. & SUSANTO, T.D., 2017. Kumpulan Model Maturity E-Government:Sebuah Ulasan Sistematis. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, [online] 4(4), pp.311–317. Available at: <http://jtiik.ub.ac.id/index.php/jtiik/article/view/367>. [Diakses 12 April 2018].

MULYAWATY, S., 2016. Efektivitas Website Desa sebagai Media Penyebaran Informasi Pembangunan Di Desa Malasari Kabupaten Bogor. Institut Pertanian Bogor.

NASUTION, M. & MUDJAHIDIN, 2013. Analisis Kualitas Layanan Website Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Surabaya I Dengan Metode Webqual. In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh November, pp.2–4.

PUSPITASARI, A.N., KUMADJI, S. & SUNARTI, 2013. Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Pada Online Shop Studi pada Pelanggan Toko Sepatu Wanita www.iwearup.com. Jurnal Administrasi Bisnis, 5(2), pp.1–9.

RAHARJO, S., 2017. Panduan Lengkap Uji Regresi Linear Sederhana Dengan SPSS. [online] Available at: <https://www.spssindonesia.com/2017/03/uji-analisis-regresi-linear-sederhana.html> [Diakses 26 Feb. 2018].

ROHMAN, F. & KURNIAWAN, D., 2017. Pengukuran Kualitas Website Badan Nasional Penanggulangan Bencana Menggunakan Metode WebQual 4.0. Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer, 3(1), pp.31–38.

SANTOSO, B.S. & ANWAR, M.F., 2015. Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual dan Importance-Performance Analysis (IPA) Pada Situs Kaskus. In: National Conference on Information Technology and Technical Engineering (CITEE). Yogyakart: ReseachGate, pp.1–8.

SARI, K.D.A. & WINARNO, W.A., 2012. Implementasi E-Government System Dalam Upaya Peningkatan Clean and Good Governance di Indonesia. Jurnal Ekonomi Akuntansi dan Manajemen (JEAM), XI(1), pp.42–54.

SARWONO, J., 2011. Buku Pintar IBM SPSS Statistics 19. Pertams ed. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

SUGIYONO, 2014. Metode Penelitian Manajemen. Dua ed. Alfabeta.

SYAIFULLAH & SOEMANTRI, D.O., 2016. Pengukuran kualitas website menggunakan metode webqual 4.0. Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, 2(1), pp.19–25.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 6 Tahun 2014 Tentang Desa. Jakarta: Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia.

Worldbank, 2018. E-Government. [online] Available at: <http://www.worldbank.org/en/topic/ict/brief/e-gov-resources#egov> [Diakses 31 Jan. 2018].

Diterbitkan

02-05-2018

Terbitan

Bagian

Ilmu Komputer

Cara Mengutip

Pengukuran Kualitas Website Pemerintah Desa Jagalempeni Menggunakan Metode Webqual 4.0. (2018). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(2), 139-146. https://doi.org/10.25126/jtiik.201852666