Penerapan Extreme Programming dalam Membangun Aplikasi Pengaduan Layanan Pelanggan (PaLaPa) pada Perguruan Tinggi

Penulis

  • Rezania Agramanisti Azdy STMIK PalComTech
  • Arsia Rini Politeknik PalComTech

DOI:

https://doi.org/10.25126/jtiik.201852658

Kata Kunci:

Layanan Pengaduan, Tindakan, Rekayasa Perangkat Lunak

Abstrak

Layanan pengaduan yang dimiliki oleh Perguruan Tinggi umumnya hanya menjadikan mahasiswa sebagai fokus utama dalam peningkatan layanan, hal ini dikarenakan mahasiswa adalah pengguna langsung jasa yang ditawarkan oleh Perguruan Tinggi. Layanan pengaduan tidak memfasilitasi pengaduan yang mungkin dapat diberikan oleh pengguna jasa lainnya, seperti pengguna lulusan atau masyarakat sasaran kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen Perguruan Tinggi tersebut. Penelitian ini bertujuan membangun sebuah aplikasi berbasis web yang dapat digunakan seluruh pengguna jasa Perguruan Tinggi untuk melakukan pengaduan. Pembangunan aplikasi menerapkan metodologi rekayasa perangkat lunak agar dapat menghasilkan perangkat lunak tepat waktu. Metodologi yang digunakan adalah Extreme Programming. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan Extreme Programming pada pengembangan aplikasi mengakibatkan pengembangan dapat dilakukan secara cepat dengan jumlah anggota tim yang minimal. Pengembangan dapat dilakukan dengan cepat karena pengembangan aplikasi dimulai dengan membangun komponen yang paling sederhana terlebih dahulu, yaitu komponen verifikasi akun, yang dilanjutkan dengan komponen lainnya. Hasil pengujian menggunakan metode black box aplikasi dapat dijalankan sebagaimana mestinya dan memenuhi acceptance criteria pada user story.

 

Abstract

The complaint service system owned by College generally only focuses on the students in the improvement of services, this is because students are the direct users of the services offered by the College. Complaints service did not facilitate the complaints which may be given by other service users, such as graduates' user or community targeted in the society devotion activities undertaken by the College lecturer. This research aims to build a web-based application that can be used throughout the service users of the College to conduct complaints. Application development applying software engineering methodologies in order to provide the software on time. The methodology used is Extreme Programming. The result of the research shows that the application of the Extreme Programming in the development of applications resulted in development can be done quickly with a minimal number of the team member. The development can be done quickly because the application development started by building the simplest component in advance, i.e. account verification component, followed by other components. The results of the testing using black box method was the application can be run properly and meets the acceptance criteria on a user story.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

ADELIN dan EFFENDI, H., 2017. Aplikasi Audit Mutu Akademik Internal dengan Pendekatan Extreme Programming. Jurnal TI Atma Luhur, [e-journal] 4(1), p.13-24. Tersedia di: <http://jurnal.atmaluhur.ac.id/index.php/TI_atma_luhur/article/view/264/215> [Diakses pada 4 Agustus 2017]

AITKEN A. dan ILANGO, V., 2013. A Comparative Analysis od Traditional Software Engineering and Agile Software Development. Hawaii International Conference on System Sciences, [Online]. Tersedia di: <https://pdfs.semanticscholar.org/6fb5/bf372782860a799cd8e9a94e77b371a9c2d2.pdf> [Diakses pada 4 Agustus 2017]

BAKRI, T., 2016. Aplikasi Pengaduan Pelayanan Prima Resmi Diluncurkan. Website Universitas Tadulako, [Online]. Tersedia di: <http://untad.ac.id/aplikasi-pengaduan-pelayanan-prima-resmi-diluncurkan/> [Diakses pada 27 Juli 2017]

CHOUDHARI, J. dan SUMAN, U., 2012. Designing RC Story for Software Maintenance and Evolution. Journal of Software, [e-journal] 7(5), p.1103-1108. Tersedia di: <http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.850.3722&rep=rep1&type=pdf> [Diakses pada 10 Oktober 2017]

DULLEMOND, K. dan GAMEREN, B.v., 2009. Technological Support for Distributed Agile Development, [M.S. Thesis]. Tersedia di: <https://repository.tudelft.nl/islandora/object/uuid:cb213f3a-f6f5-41e0-b56f-07f13f37af22/datastream/OBJ> [Diakses pada 2 September 2017]

FERDIANSYAH, M.S., JASRI, M., dan WIDJIANTO, 2016. Aplikasi Quick Response dalam Melayani Pengaduan Kerusakan Sarana STT Nurul Jadid Berbasis Android dan Web. Prosiding SENTIA 2016, [e-Proceeding] p.A-152-A-157. Tersedia di: <http://sentia.polinema.ac.id/index.php/SENTIA2016/article/viewFile/32/27> [Diakses pada 29 Juli 2017]

GUNAWAN, H. dan AGUSTIAN, I., 2014. Aplikasi Pelayanan Gangguan Listrik Berbasis Web di PLN Rayon Banjaran. Jurnal Informasi, [e-journal] 6(2), p.1-15. Tersedia di: <http://informasi.stmik-im.ac.id/wp-content/uploads/2016/05/hendra62-1.pdf> [Diakses pada 29 Juli 2017]

HANNAY, J.E., ARISHOLM, E., ENGVIK, H. dan SJOBERG, D.I., 2010. Effects of Personality on Pair Programming. [Online]. Tersedia di: <https://pdfs.semanticscholar.org/c59c/0740c5258b47ac95466c4ca4a4b9627699c1.pdf> [Diakses pada 12 November 2017]

MASYA, F., ELVINA dan SIMANJUNTAK, F.M., 2012. Sistem Pelayanan Pengaduan Masyarakat pada Divisi Humas Polri Berbasis Web. Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2012, Yogyakarta, [e-Proceeding]. Tersedia di: <http://journal.uii.ac.id/index.php/Snati/article/view/2897/2656> [Diakses pada 29 Juli 2017]

PRABOWO, S.A., SHOLIQ dan MUQTADIROH, F.A., 2013. Rancang Bangun Aplikasi Web Inforasi Eksekutif pada Pemerintahan Kabupaten XYZ. Jurnal Teknik POMITS, [e-journal] 2(3), p.A-476-A480. Tersedia di: <http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik/article/view/5192/1544> [Diakses pada 4 Agustus 2017]

RAMADHANI, A.N., ADAM P., Y. dan ADI. T.N., 2015. Pembangunan Aplikasi Web Distribusi Kelompok Tani Katata dengan Menggunakan Metode Extreme Programming. e-Proceeding of Engineering, [e-proceeding] 2(2), p.5445-5452. Tersedia di: <https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/files/101996/jurnal_eproc/pembangunan-aplikasi-web-distribusi-kelompok-tani-katata-dengan-menggunakan-metode-extreme-programming.pdf> [Diakses pada 27 Juli 2017]

Diterbitkan

22-05-2018

Terbitan

Bagian

Ilmu Komputer

Cara Mengutip

Penerapan Extreme Programming dalam Membangun Aplikasi Pengaduan Layanan Pelanggan (PaLaPa) pada Perguruan Tinggi. (2018). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(2), 197-206. https://doi.org/10.25126/jtiik.201852658