Analisis Dan Perancangan Arsitektur Community Cloud Computing Untuk Menunjang Pelayanan Kesehatan Ibu Dan Anak (Studi Kasus: Puskesmas Se-Kota Mataram)

Penulis

  • Andy Hidayat Jatmika Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik - Universitas Mataram
  • Royana Afwani

Kata Kunci:

Community Cloud Computing, Puskesmas, Kesehatan Ibu dan Anak, Rekam Medis

Abstrak

Banyaknya kunjungan dan informasi kesehatan selama kehamilan sampai dengan setelah melahirkan membuat Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak (PKIA) menjadi pelayanan yang paling sibuk di sebuah puskesmas. Pasien yang melakukan pemeriksaan kesehatan biasanya memilih Puskesmas yang paling dekat dengan tempat tinggalnya sehingga data pasien seperti rekam medis akan tercatat pada Puskesmas dimana pasien mendaftar. Apabila pasien pindah tempat tinggal dan memilih Puskesmas yang baru maka pasien akan didata ulang sehingga kurang efektif. Pasien juga diberikan buku KIA yang berisi informasi penting mengenai kesehatan ibu dan anak sehingga tidak boleh hilang ataupun rusak, namun resiko kehilangan atau kerusakan mungkin saja terjadi. Tujuan penelitian ini adalah membuat desain arsitektur community cloud computing dimana seluruh Puskesmas di Kota Mataram tergabung dalam komunitas cloud. Data rekam medis pasien tersimpan di data center sehingga dapat diakses dari Puskesmas mana saja dan dapat pula digunakan untuk mengakses aplikasi-aplikasi yang dimiliki Puskesmas baik itu aplikasi berbasis web ataupun aplikasi berbasis mobile. Terdapat dua metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu (1) analisis proses bisnis dan (2) desain arsitektur sistem. Hasil akhir penelitian ini berupa analisis kebutuhan model bisnis PKIA yang digambarkan dalam bentuk use case diagram sebagai bagian dari layanan Software as a Service (SaaS) dan prototype arsitektur community cloud Puskesmas di Kota Mataram.

Downloads

Download data is not yet available.

Biografi Penulis

  • Andy Hidayat Jatmika, Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik - Universitas Mataram
    Lahir dan besar di Mataram, Lombok-NTB. Bekerja sebagai PNS Dosen di Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik UNiversitas Mataram sejak tahun 2013. Menyelesaikan pendidikan S1 dan S2 di Kota Surabaya. Bidang ilmu yang ditekuni saat ini adalah Jaringan Komputer dan Mobile Ad hoc Network.

Referensi

AFWANI, R., 2012. Perancangan Mobile Cloud Reminder System Pengobatan Tuberkulosis Di Indonesia. Tesis Magister STEI Institut Teknologi Bandung.

AFWANI, R., 2017. Rancang Bangun Arsitektur Berorientasi Layanan untuk Sistem Informasi Bergerak Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak di Provinsi NTB. Laporan Penelitian Terapan. Universitas Mataram.

ARMBRUST, M., FOX, A., GRIFFITH, R., JOSEPH, D, A., KATZ, R., KONWINSKI, A., LEE, G., PATTERSON, D., RABKIN, A., STOICA, I., dan ZAHARIA, M., 2010. A View of Cloud Computing . Journal Communication of The Acm. Vol. 53. no 4.

BALBONI, P., 2009. Cloud computing for ehealth data protection issues. ENISA Working Group on Cloud Computing.

Departemen Kesehatan RI, 1996. Pedoman Pemantauan Wilayah Setempat Kesehatan Ibu dan Anak (PWS-KIA), Jakarta.

ROSA, A.S., dan SHALAHUDDIN, M., 2015. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Informatika, Bandung.

SAREEN, P., 2013. Cloud Computing: Types, Architecture, Applications, Concerns, Virtualization and Role of IT Governance in Cloud. International Journal of Advanced Research in Computer Science and Software Engineering, 3(3), 533-538.

YUAN, X., 2010. Master theses : Cloud Services Provider. University of Gotenburg Departement of Applied Information Technology, Sweden.

Unduhan

Diterbitkan

01-03-2018

Terbitan

Bagian

Ilmu Komputer

Cara Mengutip

Analisis Dan Perancangan Arsitektur Community Cloud Computing Untuk Menunjang Pelayanan Kesehatan Ibu Dan Anak (Studi Kasus: Puskesmas Se-Kota Mataram). (2018). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(1), 51-56. https://jtiik.ub.ac.id/index.php/jtiik/article/view/538