Klasifikasi Sepeda Motor Berdasarkan Karakteristik Konsumen Dengan Metode K-Nearest Neighbour Pada Big Data Menggunakan Hadoop Single Node Cluster
DOI:
https://doi.org/10.25126/jtiik.201742242Abstrak
Abstrak
Penelitian ini mengusulkan sebuah klasifikasi terhadap sepeda motor berdasarkan karakteristik konsumen. Sepeda motor memiliki beberapa jenis dan merk yang berbeda sehingga menyebabkan banyaknya pilihan yang dimiliki konsumen. Konsumen akan memilih sepeda motor yang diinginkannya berdasarkan latar belakang yang berbeda. Pada penelitian ini, Konsumen akan dikelompokkan berdasarkan sepeda motor yang dibeli sehingga penjual dapat mengetahui karakteristik konsumen yang membeli suatu jenis atau merk tertentu. Karakterisitik konsumen dapat ditentukan dengan usia, jenis kelamin, pendapatan, status pernikahan dan jumlah anak. Berdasarkan karakteristik tersebut perlu dilakukan pengelompokan untuk menentukan merk sepeda motor. Dalam penelitian ini metode yang digunakan yakni K-Nearest Neighbour (K-NN). K-NN merupakan algoritma yang umum digunakan untuk klasifikasi dan mencari kelas dari data uji dengan mayoritas kelompok yang memiliki jarak terdekat. Dataset yang digunakan dalam penelitian ini yaitu karakteristik konsumen. Uji coba dengan dataset tersebut menghasilkan merk sepeda motor dari data uji yang sudah ditentukan.
Kata kunci: k-nearest neighbor, klasifikasi, k-nearest neighbor classification, sepeda motor.
Abstract
This research proposed a classification of motorcycle based on customer’s characteristics. Motorcycles have different type and brand so that customers have many choices. Customer will choose motorcycle which they want to be based on different background. In this study, the customer will be grouped by motorcycle were purchased so that the seller can know characteristics of customers who buy certain type or brand. Characteristics of customers can be determined by age, gender, income, status and number of children. Based on these characteristic, we have to group for specifying motorcycle’s type. In this research, the method used K-Nearest Neighbor (K-NN). K-NN algorithm is commonly used for classifying and searching for a group of test data with the majority of the group that has the shortest distance. The dataset used in this project is the final consumer characteristics. Trials with the dataset produce motorcycle brand of test data that has been determined.
Keywords: k-nearest neighbor, classification, k-nearest neighbor classification, motorcycle.
Downloads
Referensi
BRAMMER., 2007. Principles of Data Mining. UK: University of Portsmouth.
COSSALTER, V., 2016. Motorcycle Dynamics.
DEAN, J., & GHEMAWAT, S., 2004. MapReduce: Simplified Data Processing on Large Clusters. Google Corp.
NOUVEL, AHMAD, 2015. Klasifikasi Kendaraan Roda Empat Berbasis KNN. Jurnal Bianglala Informatika Vol 3 No 2.
PAWITRA, P. M., 2016. Paper Basis Data. Surakarta.
S., RUSSEL, & P, NORVIG., 2010. Artificial Intelligence A Modern Approach. New Jersey: Pearson Education, Inc.
X., WU, & V., KUMAR., 2009. The Top Ten Algorithm in Data Mining. Chapman and Hall.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensi Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)
Penulis yang menerbitkan di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).