Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konstruktivistik Model Teaching with Analogies (TWA) pada Mata Kuliah Database Management System (DBMS) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiwa
DOI:
https://doi.org/10.25126/jtiik.2020752388Abstrak
Tujuan penelitian ini yaitu pengembangan perangkat pembelajaran kontruktivis model Teaching With Analogies (TWA)untuk melatihkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa pada mata kuliah Database Management System (DBMS). Pengembangan mengacu pada model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Sasaran penelitian ini yaitu dihasilkannya perangkat pembelajaran yang kemudian diimplementasikan pada 15 orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi STKIP Yapis Dompu. Data diujicobakan dengan desain penelitian One-Group Pre test-Posttest Design. Data dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan hasil: Validitas perangkat berkategori valid (3,3); Kepraktisan perangkat yang meliputi: keterlaksanaan pembelajaran yang baik (3,3); respon mahasiswa terhadap pembelajaran model Teaching With Analogies (TWA) positif (79%); Keefektifanperangkat pembelajaran dibuktikan dari hasil tes kemampuan berpikir kreatif mahasiswa pada kriteria kreatif (76%); Simpulan penelitian ini adalah perangkat pembelajaran kontruktivistik model Teaching With Analogies (TWA) layak untuk melatihkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa.
Abstract
The purpose of this research was to develop constructivistic learning tool of the Teaching With Analogies (TWA) model to upgrade students' creative thinking skill in the Database Management System (DBMS) subject. The development refers to the 4D model (Four D) encompasses Define, Design, Develop, and Disseminate. The target of this research was the production of learning tool which implemented in 15 students of the Information Technology Education Study Program of STKIP Yapis Dompu. The data was tested by using a one-group pretest and posttest research design. The data was tested using a One-Group Pre-Test-Post Test Design research design. The data in this research was analyzed by using descriptive qualitative. The result of the device validity was valid (3,3); the practicality of the device included: the implementation of the best learning (3,3); student university responses on learning the TWA model was positive (79%); The effectiveness of learning tools was evidenced by the results tested of students' university creative thinking ability was on creative criteria (76%); The conclusion of this research was the constructivist learning tool TWA model was appropriate for upgrade students' creative thinking skill.
Downloads
Referensi
Harrison, A. G. & K. Coll, R. (2008). Using Analogies in Middle and Secondary Science Classrooms the FAR Guide – An Interesting Way to Teach With Analogies. Thousands Oaks, CA: Corwin Press.
Henry, Samuel. (2011). Cara Praktik Menjadi Kreatif. Yogyakarta: Teks Book Tidak Terpublikasi.
Ibrahim, M. (2005). Assesmen Berkelanjutan. Surabaya: Unesa University Press.
Mardapi, Djemari. (2012). Pengukuran Penilaian & Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika Litera.
Munandar, Utami. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Nur, M. (2014). Berpikir Kreatif. Surabaya: Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi UNESA.
Nur, M., & Wikandari. (2008). Pengajaran Berpusat Kepada Siswa dan Pendekatan Kontruktivis dalam Pengajaran Edisi 5. Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi UNESA.
Putra, Sitiatava. (2013). Desain Belajar Mengajar Kreatifi Berbasis Sains. Jogjakarta: Diva Press.
Riduwan. (2010). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian cetakan ke VII. Bandung: Alfabeta.
Slavin, Robert E. (2011). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik Edisi Kesembilan Jilid 1 : Teori dan Praktik. Jakarta : PT Indeks.
Spezzini, Susan. (2010). “Effects of Visual Analogies on Learner Outcomes: Bridging from the Known to the Unknown”. International Journal for the Scholarship of Teaching and Learning. 4 (2): 1-30.
Sugyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tilar. (2012). Pengembangan Kreativitas dan Entrepreneurship. Jakarta: PT. Kompas Media Nusantara.
Treagust, David. (2014). “Analogies, Uses in Teaching”. Encyclopedia of Science Education. Vol (2) 1-4.
Woemeli, Rick. (2009). Metaphors & Analogies: Power Tools for Teaching Any Subject. New York: Stenhouse Publishers.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensi Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)
Penulis yang menerbitkan di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).