Pengaruh Parsial dan Simultan Variabel Bebas terhadap Kepuasan Pelanggan Transportasi Online Kota Palembang

Penulis

  • Kurniati Kurniati Universitas BIna Darma

DOI:

https://doi.org/10.25126/jtiik.2019651175

Abstrak

Bisnis jasa berbasis online semakin berkembang dalam memenuhi kebutuhan hidup masyarakat. Hal terpenting dari penerapan bisnis ini adalah menciptakan kepuasan terhadap konsumen. Transportasi online merupakan salah satu bisnis yang berkembang pesat di kalangan masyarakat kota Palembang dalam dua tahun terakhir ini. Dimana dalam penerapannya, pengguna harus terlebih dahulu melakukan download dan install aplikasi melalui aplikasi play store menggunakan smart phone android. Masyarakat kota Palembang untuk saat ini telah banyak menggunakan aplikasi GO-JEK dan aplikasi GRAB. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur pengaruh kualitas layanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan transportasi online masyarakat kota Palembang. Dengan demikian penulis dapat mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan terhadap kepuasan pelanggan jasa transportasi online pada konsumen aplikasi GO-JEK  terhadap prosfek jasa transportasi online di kota Palembang. Teknik nonprobability sampling dengan menggunakan pendekatan accidental sampling menggunakan metode survei melalui angket yang diisi oleh responden untuk melihat pengaruh parsial dan simultan pada dua variabel terhadap keputusan penggunaan layanan.

 

Abstract

Online-based business services are growing in meeting the needs of people's lives. The most important goal of this business is to create customer satisfaction. Online transportation is one of the fastest growing business among the people of Palembang city in the last two years. Where in the application, the user must first download and install the application through the application play store using smart phone android. The people of Palembang city to date have been using many applications of GO-JEK and GRAB applications. This study was conducted to measure the effect of service quality and price on customer satisfaction of online transportation of Palembang city community. Thus the authors can know the effect of partial and simultaneous on customer satisfaction of online transportation services on consumer applications GO-JEK against prosfek online transportation services in the city of Palembang. Nonprobability sampling technique using accidental sampling approach using survey method through questionnaire filled by respondent to see partial and simultaneous influence on two variables to service use decision.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

KURNIATI., 2018. Pengembangan Digital Library Universitas Bina Darma Menggunakan Pendekatan Human Computer Interaction. Jurnal Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi (RESTI), 2(2), pp. 542 - 553.

P. SANTIARI & I. RAHAYUDA., 2018. Analisis Kualitas Website Alumni Stikom Bali Menggunakan Metode Webqual. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), 5(2), pp. 231-238

WAJIYONO & MEI.C.H., 2018. Pengukuran Kualitas Website Pemerintah Desa Jagalempeni Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), 5(2), pp. 139-146.

SUGIYONO., 2014. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

A. H. SAEPUL, 2014 Metode Penelitian Kuantitatif aplikasi dan Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

E. W. PUTRO, 2013. Teknik penyusunan Instrumen Penelitian.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

I. GHOZALI, 2013 Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS Cetakan VII. Semarang: Badan penerbit Universitas Diponegoro.

A. ATMADJATI, 2018. Layanan Primadalam Praktik Saat Ini. Yogyakarta: Deepublish.

E. S. MAMANG, 2013. Prilaku Konsumen, Yogyakarta: Andi.

F. TJIPTONO dkk, 2008. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi Offset.

Y. PRATAMA, 2015. “pengaruh harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Po. rosalia indah Di Palur Karanganyar dengan Fasilitas sebagai Variabel Moderasi,” Jurnal ekonomi dan Kewirausahaan, vol. 15, no. Pengaruh signifikan kualitas layanan dan harga pada kepuasan konsumen Po. Rosalia, pp. 181-188.

KAIHATU dkk, 2015. Manjemen Komplain. Yogyakarta: Andi.

T. H. HANDAYANI, 2013. “pengaruh harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Penerbangan Garuda Indonesia di Kota Solo,” Universitas Muhammadiyah, Surakarta.

REINHARD, AGUS HERMANI DAN ANDI WIJAYANTO, 2013. “pengaruh harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan ( Studi pada Penumpang Kereta Api kelas Argo jurusan Semarang-Jakarta PT KAI DAOP IV Semarang,” Administrasi Bisnis, vol. 2, no. Pengaruh Kualitas Layanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan PT KAI Jurusan Semarang-Jakarta, pp. 127-135.

KOTLER, PHILIP, KELLER DAN KEVIN LANE. 2009. Manajemenpemasaran, 13 penyunt., Jakarta: Erlangga.

Diterbitkan

08-10-2019

Terbitan

Bagian

Ilmu Komputer

Cara Mengutip

Pengaruh Parsial dan Simultan Variabel Bebas terhadap Kepuasan Pelanggan Transportasi Online Kota Palembang. (2019). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(5), 549-558. https://doi.org/10.25126/jtiik.2019651175